Upgrade ke versi terbaru iOS bisa dilakukan dengan dua cara: via iTunes atau langsung di iPhone. Untuk mempelajari cara update di iPhone, baca Cara Update iOS Secara Wireless di iPhone. Untuk mempelajari cara melakukan update menggunakan iTunes, baca artikel ini.

Persiapan buat Update iOS Menggunakan iTunes

  1. Mulailah proses memperbarui iOS dengan menyinkronkan iPhone (atau perangkat iOS lainnya) ke komputer/laptop yang biasa kamu gunakan untuk sinkronisasi perangkat kamu.
  2. Jika iTunes tidak diluncurkan secara otomatis, buka secara manual.
  3. Ketika iTunes terbuka, klik ikon perangkat di sudut kiri atas untuk masuk ke layar manajemen perangkat.
  4. Sinkronkan iPhone milikmu atau perangkat lain dengan komputer/laptop kamu. Ini merupakan langkah paling penting karena sinkronisasi membuat backup semua data di ponsel kamu. Kamu akan senang memiliki backup tersebut jika ada hal yang salah selama proses upgrade. Meski jarang terjadi error, tetapi kamu harus selalu memiliki backup.
  5. Ketika sinkronisasi selesai, lihat bagian kanan atas layar manajemen iPhone. Kamu akan melihat versi perangkat iOS yang sedang dijalankan dan, jika ada versi baru, maka akan ada pesan yang memberitahukan mengenai hal itu. Di bawah itu ada tombol berlabel Update. Klik untuk memulai update.
  6. Di jendela yang muncul, klik Download Only untuk download software tanpa update saat itu juga atauDownload and Install untuk langsung update setelah proses download software selesai (saya merekomendasikan opsi ini).

Download dan Install Update iOS

  1. Setelah kamu memutuskan untuk mengunduhnya, iTunes akan menampilkan sebuah jendela lain yang berisi informasi mengenai fitur-fitur baru, perbaikan, dan perubahan versi baru dari penawaran iOS. Bacalah (jika kamu mau) dan kemudian klik Next.
  2. Selanjutnya, kamu harus menyetujui perjanjian lisensi pengguna yang disertakan. Bacalah jika kamu mau dan lanjutkan dengan klik Agree.
  3. Setelah kamu menyetujui persyaratan lisensi, update iOS akan mulai diunduh. Klik pada tombol di sudut kanan iTunes untuk melihat kemajuan pengunduhan, dan berapa banyak waktu yang tersisa hingga unduhan selesai.
  4. Setelah update OS diunduh, maka akan diinstal secara ke iPhone atau iPod touch kamu. Kamu mungkin perlu mengklik beberapa jendela di iTunes. Jika ya, ikuti saja petunjuknya.
  5. Saat penginstalan selesai, perangkat kamu akan restart secara otomatis - dan selamat, kamu akan menjalankan software terbaru untuk ponsel kamu!

CATATAN: Jika kamu mendapat peringatan yang mengatakan bahwa kamu tidak memiliki cukup ruang untuk menginstal update. Jika kamu mendapatkan peringatan itu, periksa Cara Update Saat Penyimpanan iPhone Kamu Tidak Cukup untuk tips mengatasi masalah ini.

Menyelesaikan Upgrade dalam iPhone

Sebagian akbar langkah yg kamu ambil dalam proses ini ada di iTunes, tetapi untuk merampungkan update iOS, terdapat beberapa hal yang wajib kamu lakukan pada iPhone atau perangkat lain.

Langkah-langkah yang tepat bergantung pada versi iOS yg engkau update & apa yang diperlukannya. Secara generik, engkau wajib menerima persyaratan anugerah lisensi, melihat berita mengenai fitur baru pembaruan, &/atau mengonfigurasi pengaturan baru.

Cukup ikuti petunjuk di layar dan hanya dengan beberapa ketukan, kamu akan menggunakan perangkat yang baru saja di-upgrade.

Post a Comment

Previous Post Next Post