Karena beberapa alasan eksklusif, anda mungkin ingin format data iPhone anda. Entah lantaran anda ingin menginstal ulang iPhone anda sebagai yang baru atau anda ingin menjual atau memberikannya sepenuhnya pada orang lain, pertama-tama anda wajib memastikan bahwa anda sudah memformatnya dan menghapus semua data langsung anda, termasuk foto, kontak, dan arsip anda. Hanya perlu beberapa langkah, dan beberapa mnt, & itu memastikan data anda terlindungi.

Cara Backup iPhone Anda Sebelum Memformatnya

Sebelum anda melakukan hal lain, pastikan anda memiliki backup iPhone terbaru. iCloud secara otomatis membuat backup dalam semalam, selama anda terhubung dan berada di Wi-Fi, namun backup manual akan memastikan anda benar-benar memiliki back up terbaru.

Langkah 1. Sambungkan iPhone anda ke Wi-Fi.

Langkah 2. Buka aplikasi "Settings".

Langkah 3. Ketuk "banner Apple ID" di bagian atas.

Langkah 4. Ketuk "iCloud".

Langkah 5. Ketuk "iCloud Backup". Anda harus scroll ke bawah untuk menemukannya.

Langkah 6. Geser slider ke "ON/hijau" untuk menyalakannya.

Langkah 7. Ketuk "OK" di prompt. IPhone anda tidak lagi secara otomatis back up ke komputer anda saat anda mencolokkannya.

Kalau anda lebih suka menggunakan iTunes, anda jua wajib melakukan update manual buat memastikan anda mempunyai semua data terkini yang didukung.

Langkah 1. Hubungkan iPhone anda ke Mac atau PC Windows anda.

Langkah 2. Luncurkan "iTunes".

Langkah 3. Klik "ikon iPhone" di bilah menu saat muncul.

Langkah 4. Klik "Backup Now". (Klik pada "Encrypt Backup" dan tambahkan kata sandi — kalau anda ingin mengamankan.)

Langkah 5. "Back up Apps", jika diminta.

Cara Menghapus Semua Data menurut iPhone Anda

Perhatian! Pastikan buat backup iPhone sebelum penghapusan data.

Langkah 1. Pergi ke "Settings" → "General" → "Reset".

Langkah 2. Ketuk pada opsi "Erase All Content and Settings".

Langkah 3. Ketuk "Erase iPhone".

Langkah 4. Konfirmasikan dengan mengetuk tombol "Erase iPhone".

Langkah 5. Masukkan "passcode" locksceen, jika anda mengaktifkannya.

Langkah 6. Agar prosesnya dilanjutkan, masukkan "password" Apple ID untuk mematikan Activate Lock dan mengeluarkan perangkat dari Find my iPhone.

Setelah proses penghapusan selesai, anda bisa aktivasi sebagai perangkat baru, restore berdasarkan backup yang tidak selaras, atau menaruh atau menjual perangkat anda ke orang lain tanpa khawatir.

Opsi Lainnya yg Ada pada Layar "Reset"

Pada layar "Reset" di aplikasi Settings, anda akan menemukan sejumlah opsi lain selain "Erase All Content and Setting," termasuk:

  • Reset All Settings: Gunakan opsi ini jika anda ingin mengatur ulang semua pengaturan yang telah anda buat ke default, tanpa menghapus data maupun aplikasi.
  • Reset Network Settings: Gunakan opsi ini jika anda ingin mengembalikan pengaturan jaringan nirkabel anda ke status default pabrik. Kata sandi Wi-Fi apa pun yang anda masukkan akan dihapus, sehingga hotspot atau router yang terhubung dengan ponsel anda secara otomatis tidak lagi mengenali ponsel anda.
  • Reset Keyboard Dictionary: Gunakan opsi ini jika anda mau menghapus semua kata dan ejaan khusus yang telah anda tambahkan ke kamus ponsel/pemeriksa ejaan.
  • Reset Home Screen Layout: Gunakan opsi ini jika anda ingin membatalkan semua pengaturan folder dan pengelompokan aplikasi yang telah anda buat dan mengembalikan tata letak iPhone ke status standarnya.
  • Reset Location & Privacy: Setiap aplikasi yang menggunakan GPS iPhone untuk kesadaran lokasi, atau mengakses fitur lain dari iPhone seperti mikrofon atau kontak, meminta izin anda untuk menggunakan data pribadi anda. Untuk mengatur ulang semua aplikasi tersebut ke status defaultnya (tidak aktif, atau memblokir akses), gunakan opsi ini.

P.S. Informasi dalam artikel ini mencakup iPhone yang menjalankan iOS 12.

Post a Comment

Previous Post Next Post