Pertama coba ini: Restart iPhone

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini ialah dengan restart iPhone. Jujur saja, itu tidak akan memperbaiki masalah khusus ini dalam banyak kasus, tapi pendekatannya paling sederhana dan tidak akan merugikan kamu selain beberapa detik lagi menunggu telepon dinyalakan kembali.

Jika itu tidak berhasil, langkah selanjutnya adalahhard reset. Ini merupakan jenis restart yang lebih lengkap yang terkadang bisa memecahkan masalah. Berikutcara restart dan hard reset iPhone.

Potensi Perbaikan Berikutnya: Recovery Mode

Jika kedua jenis restart tidak menyelesaikan masalah kamu, cobalah memasukkan iPhone kamu ke dalam Recovery Mode. Recovery Mode memungkinkan iPhone kamu terhubung dengan iTunes dan mengembalikan instalasi baru dariiOS atau data cadangan kamu ke ponsel. Ini merupakan proses yang relatif sederhana dan sering memecahkan masalah dalam beberapa kasus. Inilah cara menggunakan Recovery Mode.

Recovery Mode lebih tak jarang berhasil daripada restart, tapi terkadang cara ini juga nir selalu merampungkan kasus. Jika itu yang kamu alami, kamu perlu DFU Mode.

Apabila Itu Tidak Bekerja: DFU Mode

Jika kamu masih melihat logo Apple dan tidak ada yang berhasil, bisa dipastikan itu ada masalah saat mem-boot iPhone kamu. DFU, atau Device Firmware Update, Mode menghentikan iPhone kamu untuk boot up sehingga kamu dapat menghubungkannya ke iTunes dan mengembalikan iPhone dan mulai kembali dari awal.

Untuk masuk ke DFU Mode, ikuti petunjuk berikut:

  1. Jalankan iTunes di komputer kamu.
  2. Sambungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel USB yang disertakan dengan telepon.
  3. Matikan iPhone kamu. Jika telepon tidak mau dimatikan dengan menggunakan panel geser pada layar, terus memegang tombol on/off sampai layar menjadi gelap.
  4. Setelah telepon dimatikan, tahan tombol on/off selama 3 detik.
  5. Saat 3 detik telah berlalu, tetap memegang tombol on/off dan mulai menekan tombol home di bagian depan telepon (jika kamu memiliki ponsel seri iPhone 7, gunakan tombol volume down bukan dengan tombol home).
  6. Tahan kedua tombol selama 10 detik.
  7. Lepaskan tombol on/off tapi tetap memegang tombol home (atau volume down pada iPhone 7) selama 5 detik lagi.
  8. Jika ada sesuatu yang ditampilkan di layar - logo Apple, tombol Connect to iTunes prompt, dll - kamu tidak berada dalam DFU Mode dan perlu memulai prosesnya lagi dari langkah 1.
  9. Jika layar iPhone kamu tetap hitam dan tidak menampilkan apapun, kamu berada dalam DFU Mode. Ini sulit dilihat, tapi layar iPhone yang dimatikan terlihat sedikit berbeda dari layar yang ada tapi tidak menampilkan apapun.
  10. Begitu kamu berada di DFU Mode, jendela pop-up akan muncul di iTunes di komputer kamu dan meminta kamu untuk mengembalikan iPhone kamu. Kamu dapat mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik atau memuat kembali cadangandata kamu ke telepon.

Apa Penyebab iPhone Stuck pada Logo Apple

IPhone stuck di logo Apple disebabkan karena ada masalah dengan sistem operasi yang mencegah ponsel melakukan booting seperti biasanya. Sangat sulit bagi pengguna untuk menentukan dengan tepat penyebab masalahnya, tetapi ada beberapa penyebab umum:

  • Masalah saat upgrade ke versi baru iOS
  • Masalah dengan jailbreak ponsel
  • Menjalankan versi beta dari iOS yang telah kedaluwarsa.

Post a Comment

Previous Post Next Post