Di iOS, seperti pada sistem operasi mobile populer lainnya, untuk mengambil screenshot layar, kamu tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Fitur ini telah tersedia di iOS secara default dan berfungsi sama pada semua model iPhone (termasuk iPhone X dan XS), iPad, dan iPod Touch.

Cara Mengambil Screenshot pada iPhone atau iPad

Untuk capture gambar layar iPhone kamu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi/file yang ingin kamu ambil screenshot dan masuk ke layar yang tepat yang ingin kamu ambil.

  2. Temukantombol Home dibagian tengah perangkat dan tombol on/off di sisi kanan pada model iPhone 6 keatas. Pada semua model sebelumnya dari iPhone, iPod Touch dan iPad, ada di bagian kanan atas.

  3. Tekan kedua tombol pada saat bersamaan.

  • Saat kamu menekan tombol dengan benar, layar akan berkedip putih & ponsel akan mengeluarkan bunyi bunyi rana kamera. Ini tandanya kamu sudah berhasil mengambil screenshot.

  • Cara Mengambil Screenshot di iPhone X, XS, XS Max, & XR

    Pada iPhone X dan model yang lebih baru seperti XS dan XR, proses mengambil screenshot layar benar-benar berbeda. Lantaran Apple menghapus tombol Home dari iPhone ini sepenuhnya. Namun jangan khawatir: prosesnya masih mudah jika kamu mengikuti langkah-langkah berikut:

    1. Masuk ke konten layar yang ingin kamu ambil screenshot layarnya.

    2. Tekan tombol Side (sebelumnya dikenal sebagai tombol sleep/wake) dan tombol volume naik secara bersamaan.

  • Layar akan berkedip dan suara noise kamera akan berbunyi, yg menunjukkan bahwa engkau sudah mengambil screenshot.

  • Thumbnail kecil screenshot juga muncul di sudut kiri bawah jika kamu ingin mengeditnya. Jika kamu ingin melakukannya, ketuk. Jika tidak, geser ke tepi kiri layar untuk menutupnya (itu disimpan dengan baik).

  • Mengambil Screenshot dalam iPhone 7 dan Seri 8

    Mengambil screenshot pada seri iPhone 7 dan seri iPhone 8 sedikit lebih rumit daripada model sebelumnya. Itu karena tombol Home pada perangkat tersebut sedikit berbeda dan lebih sensitif. Itu membuat waktu menekan tombol agak berbeda.

    Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berdasarkan bagian pertama pada atas, tetapi pada langkah tiga cobalah menekan kedua tombol dalam ketika yg sama dan engkau niscaya akan berhasil.

    Menemukan Hasil Screenshot Kamu

    Setelah kamu mengambil screenshot layar, kamu mungkin ingin melakukan sesuatu dengannya (mungkin membagikannya), tetapi untuk melakukan itu, kamu harus tahu di mana tempatnya. Screenshot disimpan ke aplikasi Photos bawaan perangkat kamu.

    Untuk melihat output screenshot kamu:

    1. Buka aplikasi Photos.

    2. Di Photos, pastikan kamu berada di layar Albums. Jika kamu tidak ada di sana, ketuk ikon Albums di bar bawah.

    3. Screenshot kamu dapat ditemukan di dua tempat: album Camera Roll di bagian atas daftar atau, jika kamu menggulir hingga ke bawah, ketuk Screenshots untuk melihat koleksi setiap screenshot yang kamu ambil.

    Cara Berbagi Screenshot Kamu

    Sekarang setelah kamu memiliki gambar screenshot layar yang disimpan di aplikasi Photos, kamu dapat melakukan hal yang sama dengannya seperti foto lainnya. Itu artinya kamu bisa gambar tersebut via SMS, mengirim email, atau mempostingnya di media sosial. Kamu juga dapat menyinkronkannya ke komputer kamu atau menghapusnya. Untuk membagikan tangkapan layar:

    1. Buka aplikasi Photos.

    2. Temukan screenshot di album Camera Roll atau album Screenshots. Kemudian ketuk.

    3. Ketuk tombol berbagi di sudut kiri bawah (kotak dengan panah yang keluar)

    4. Pilih aplikasi yang ingin kamu gunakan untuk share screenshot.

    5. Aplikasi yang kamu pilih akan terbuka dan kamu dapat menyelesaikan berbagi ssesuai dengan cara yang berfungsi untuk aplikasi itu.

    Aplikasi Screenshot untuk iPhone

    Jika kamu suka mengambil screenshot, tetapi kamu menginginkan sesuatu yang sedikit lebih powerful dan kaya fitur, periksa aplikasi screenshot ini:

    • Awesome Screenshot for Safari: Gratis - Aplikasi ini hanya berfungsi di browser web Safari, namun memungkinkan kamu memberi anotasi dan berbagi screenshot. Unduh di App Store
    • Screenshot - Frame Maker: Gratis, dengan pembelian dalam aplikasi - Aplikasi ini membingkai screenshot kamu sehingga terlihat ditampilkan di layar iPhone atau iPad. Unduh di App Store
    • Screenshot++: Rp 59ribu - Alat canggih untuk mengatur dan menemukan screenshot. Beri tag pada screenshot dan simpan ke favorit, cari mereka dan dapatkan statistik sekilas mengenai screenshot kamu. Unduh di App Store

    Post a Comment

    Previous Post Next Post