Para orangtua kini gak perlu risau lagi mengenai apa yang dilihat atau dilakukan anak-anak mereka saat menggunakan iPhone atau iPod touch. Pasalnya, para orang tua dapat menggunakan alat pre-installed iOS untuk mengontrol konten, aplikasi, dan fitur lainnya yang dapat diakses oleh anak-anak.

Alat-alat ini — di sebut pembatasan iPhone — mencakup serangkaian layanan dan aplikasi Apple. Lewat alat ini para orangtua bisa mengatur parental controls yang dapat mereka modifikasi ketika anak tumbuh.

Cara Mengaktifkan Pembatasan iPhone

Untuk mengaktifkan dan mengkonfigurasi kontrol, ikuti langkah berikut:

  1. Ketuk aplikasi Settings pada iPhone yang ingin kamu ganti batasannya.

  2. Ketuk General.

  3. Ketuk Restrictions.

  4. Ketuk Enable Restrictions.

  5. Kamu akan diminta untuk membuat passcode empat digit yang memberi kamu — bukan anak kamu — akses ke pengaturan pembatasan pada iPhone. Setiap kali kamu perlu mengakses atau mengubah layar pembatasan, kamu harus memasukkan kode ini, jadi pilih nomor yang mudah kamu ingat. Jangan menggunakan passcode yang sama dengan yang digunakan untuk unlock iPhone, karena si anak akan dapat mengubah pengaturan pembatasan konten apa pun jika ia dapat membuka kunci ponsel.

  6. Masukkan passcode untuk kedua kalinya dan pembatasan akan diaktifkan.

Catatan: Kalau kamu menjalankan iOS 12, pengaturan restriksi kontrol orangtua mampu di akses lewat fitur Screen Time.

Menjelajahi Layar Pengaturan Pembatasan

Setelah kamu mengaktifkan Pembatasan, layar pengaturan akan menampilkan daftar panjang aplikasi dan fitur yang dapat kamu blokir di telepon. Telusuri melalui setiap bagian dan membuat keputusan berdasarkan usia si anak dan preferensi kamu.

Di samping setiap item adalah slider. Gerakkan slider ke posisi on untuk memungkinkan si anak mengakses aplikasi atau fitur. Gerakkan slider ke posisi off untuk memblokir akses. Di iOS 7 dan ke atas, posisi "On" ditunjukkan oleh sebuah bar hijau pada slider. Posisi "Off" ditunjukkan oleh sebuah bar putih.

Inilah yg perlu kamu ketahui mengenai setiap bagian setelan:

  • Bagian pertama, yang berjudul "Allow" mencakup serangkaian aplikasi dan perangkat yang mencakup antara lain: Safari, Camera, Siri dan FaceTime. Aplikasi apa pun yang kamu matikan benar-benar tersembunyi dari si anak-tidak akan ditampilkan di home screen iPhone. Memindahkan slider kembali ke posisi "On" mengembalikan aplikasi ke iPhone.
  • Catatan: Jika kamu membiarkan Safari tersedia, Apple tidak menyediakan cara untuk mematikan Penjelajahan Pribadi di Safari. Ini berarti si anak dapat menggunakan Penjelajahan Pribadi untuk mencegah kamu melihat riwayat penjelajahan mereka.

Bagian selanjutnya memberi engkau kontrol atas akses ke konten online toko Apple.

  • Dalam bagian ini termasuk iTunes Store, iBooks Store, Apple Music, perpustakaan Podcast, dan akses ke App Store. Jika kamu menonaktifkannya, si anak tidak akan dapat membeli atau mendownload konten dari Apple.
    • Untuk pendekatan yang lebih fleksibel dalam mengendalikan pembelian, pertimbangkan untuk menyiapkan Family Sharing dan meminta persetujuan kamu untuk mendownload dari toko ini
  • Ada dua kontrol lain yang berguna di sini: Menghapus Aplikasi dan Pembelian dalam Aplikasi. Kamu mungkin menonaktifkan Menghapus Aplikasi jika kamu ingin memastikan aplikasi tertentu tetap terinstal di perangkat. Nonaktifkan Pembelian dalam Aplikasi untuk mencegah si anak mengeluarkan tagihan besar dari iTunes tanpa izin kamu atau karena kesalahan. Jika kamu hanya membuat satu pilihan di pengaturan Pembatasan, buat yang ini untuk mencegah kejutan finansial yang tidak menyenangkan.

Bagian ketiga dari Pembatasan Layar diberi label "Allowed Content". Ini mengontrol jenis dan tingkat kematangan konten yang dapat dilihat si anak di iPhone.

  • Ratings For: Pilih negara yang sistem ratingnya ingin kamu terapkan pada konten. Masuk akal untuk memilih negara tempat kamu tinggal.
  • Music & Podcast & News: Gunakan ini untuk menentukan apakah konten eksplisit dapat diputar atau dilihat di iPhone. Dalam kasus musik, setting ini hanya bekerja dengan konten dari iTunes Store. Jika iPhone berisi musik yang didownload dari lokasi lain atau dicabik dari CD, telepon tidak akan tahu apakah isinya eksplisit, dan akan memainkannya. Hal ini juga berlaku untuk film dan episode TV yang didapat dari sumber lain selain iTunes.
  • Movies: Pilih tingkat rating tertinggi yang ingin kamu izinkan dengan mengetuknya, dari G ke NC-17. Acara TV Shows, Books dan Apps bekerja sama.
  • Siri: Kendalikan apakah Siri bisa berbicara atau mencari bahasa eksplisit.
  • Website: Batasi si anak untuk mengunjungi situs web dewasa (seperti yang ditentukan oleh Apple) atau untuk kontrol yang lebih besar lagi buat daftar situs web yang dapat mereka kunjungi dan blokir dari yang lainnya.

Bagian berlabel Privacy memberi kamu banyak kontrol atas pengaturan privasi dan keamanan pada iPhone si anak. Pengaturan ini terlalu luas untuk dibahas secara rinci disini. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang mereka, baca Menggunakan Setelan Privasi iPhone. Bagian ini berisi pengaturan privasi untuk Layanan Lokasi, Contact, Calenders, Pengingat, Foto dan aplikasi dan fitur lainnya.

Bagian selanjutnya, berlabel Allow Changes, mencegah si anak membuat perubahan pada fitur tertentu pada iPhone, termasuk:

  • Accounts: Jika kamu menonaktifkan fitur ini, si anak tidak dapat menambahkan atau menghapus akun di aplikasi Mail, Contact, dan Calenders bawaan.
  • Celluler Data Use: Gunakan ini untuk mengizinkan atau memblokir si anak agar tidak mengaktifkan atau menonaktifkan data seluler.
  • Background App Refresh: Fitur ini sedikit menguras daya baterai, jadi kamu mungkin memutuskan untuk mematikannya.
  • Limite Volume: Untuk mencegah kerusakan pendengaran pada si anak, kamu mungkin telah menetapkan batas volume untuk pemutaran audio. Pengaturan ini mencegah si anak mengubah batas itu.
  • TV Provider: Digunakan dengan aplikasi TV built-in untuk menentukan konten video streaming apa yang tersedia di telepon.

Bagian terakhir, yang mencakup fitur gaming Game Canter Apple, menawarkan kontrol berikut:

  • Multiplayer Games:Nonaktifkan opsi ini untuk mencegah si anak bermain game online dengan orang lain.
  • Add Friends: Game Center memungkinkan pemain untuk "saling berteman", gaya Facebook, untuk koneksi yang lebih mudah. Jika kamu merasa tidak nyaman dengan si anak memiliki opsi ini, nonaktifkan.
  • Screen Recording: Beberapa aplikasi membiarkan pemain merekam sesi permainan mereka dan membaginya secara online. Pengaturan ini menonaktifkan perekaman layar.

Cara Menonaktifkan Pembatasan iPhone

Ketika suatu saat si anak sudah tidak lagi membutuhkan Pembatasan, kamu dapat menonaktifkan semua fitur dan mengembalikan iPhone ke pengaturan pabriknya. Menghapus pembatasan jauh lebih cepat daripada mengaturnya.

Untuk menonaktifkan semua pembatasan konten, buka Settings -> Restrictions dan masukkan passcode. Kemudian ketuk Disable Restrictions di bagian atas layar.

Post a Comment

Previous Post Next Post