Berkat iCloud, mengelola aplikasi kini lebih mudah dan tidak ribet. Dulu, ketika menghapus aplikasi pada perangkat iOS, baik itu sengaja atau tidak sengaja, kamu hanya bisa restore aplikasi dari cadangan iTunes atau kamu harus membeli lagi aplikasi itu jika ingin merestorenya ke perangkat iDevice milikmu.

Tapi itu dulu, sebelum layanan iCloud ada. Kini, jika kamu atau temanmu yang suka iseng menghapus aplikasi pada perangkat iOS milikmu, kamu gak perlu khawatir atau panik lagi karena kamu bisa dengan mudah mengembalikan aplikasi yang terhapus di iPhone atau iPad kapan saja dalam waktu singkat. Apa lagi, kamu tidak akan dikenakan biaya untuk men-download aplikasi berbayar yang sudah pernah dibeli. Begini cara melakukannya dari awal sampi akhir.

  1. Pertama, buka App Store. Jika kamu memiliki banyak aplikasi yang diunduh ke iPad dan tidak ingin mencari ikon App Store, kamu dapat menggunakan fitur Spotlight Search untuk menemukan dan membuka aplikasi dengan cepat.

  2. Setelah App Store dibuka, ketuk gambar profil kamu di sudut kanan atas layar. (Tombol profil tidak muncul di layar pencarian, jadi kamu perlu menekan Today pada tab di bagian bawah agar muncul.)

  3. Ketuk Purchased dari pengaturan profil. Jika kamu mengaktifkan Family Sharing, kamu perlu menekan My Purchases dari layar kedua.

  4. Di bagian atas daftar yang dibeli, sentuh "Not on This iPhone" untuk mempersempit aplikasi ke aplikasi yang tidak lagi kamu pasang di perangkat.

  5. Gulir ke bawah daftar sampai kamu menemukan aplikasi dan cukup ketuk tombol awan di samping ikon aplikasi untuk re-download kembali ke iPad.

  6. Jika kamu memiliki perangkat yang lebih lama atau belum di-upgrade ke versi terbaru sistem operasi iOS, kamu akan mendapat pesan peringatan bahwa kamu tidak menggunakan versi yang didukung oleh aplikasi. Kamu dapat memilih untuk mengunduh versi terakhir dari aplikasi yang mendukung sistem operasi kamu atau memilih untuk upgrade iOS ke versi terbaru sebelum download aplikasi.

Nah, itulah cara gampang buat mengembalikan aplikasi yg terhapus dalam perangkat iOS! Cara ini pula berlaku untuk pelaksanaan bawaan yg terhapus. Punya pertanyaan? Jangan ragu buat menulisnya pada kolom komentar pada bawah ya!

Post a Comment

Previous Post Next Post