IPhone pertama mempunyai kamera yg sangat sederhana. Bisa merogoh foto, tapi nir mempunyai fitur misalnya penekanan, zoom, atau flash yg diarahkan sang pengguna. IPhone 3GS menambahkan fokus satu sentuhan, namun butuh saat hingga iPhone 4 untuk kamera iPhone menambahkan fitur penting seperti flash dan zoom.

IPhone 4S menambahkan beberapa fitur bagus misalnya foto HDR, sementara iPhone 5 membawa dukungan untuk gambar panorama. Apapun fitur yg engkau minati, inilah cara menggunakannya:

Beralih Kamera

IPhone 4, iPod touch generasi ke 4, dan iPad 2, dan semua model yang lebih baru, memiliki dua kamera, satu menghadap ke pengguna, yang lainnya ada di bagian belakang perangkat. Ini digunakan baik untuk memotret dan menggunakan FaceTime.

Memilih kamera yang ingin kamu gunakan itu mudah. Secara default, kamera resolusi tinggi di bagian belakang dipilih, namun untuk memilih yang menghadap pengguna (jika kamu ingin mengambil selfi, misalnya), cukup ketuk tombol di sudut kanan atas aplikasi Camera yang Terlihat seperti kamera dengan panah berputar disekitarnya. Gambar di layar akan berubah menjadi kamera yang menghadap pengguna. Untuk kembali, tekan lagi tombolnya.

Bekerja dalam: iPhone 4 & lebih tinggi

Zoom

Kamera iPhone tidak hanya fokus pada elemen gambar saat kamu mengetuknya (lebih banyak lagi dalam sekejap), kamu juga dapat memperbesar atau memperkecil tampilan.

Untuk melakukan ini, buka aplikasi Kamera. Bila kamu ingin memperbesar aspek gambar, cukup cubit dan seret untuk memperbesar seperti yang kamu lakukan di aplikasi lain (mis., Jempol ibu jari dan telunjuk secara bersamaan di layar dan seret ke ujung ujung layar). Ini akan memperbesar gambar dan menampilkan slider bar dengan minus pada satu ujung dan satu plus di sisi lainnya akan muncul di bagian bawah gambar.

Ini adalah zoom. kamu dapat terus mencubit dan menyeret, atau menggeser bilah kiri atau kanan, untuk memperbesar dan memperkecil tampilan. Gambar akan otomatis disesuaikan saat kamu melakukan ini. Bila kamu hanya memiliki foto yang kamu inginkan, ketuk ikon kamera di bagian tengah bawah layar.

Bekerja dalam: iPhone 3GS & lebih tinggi

Flash

Kamera iPhone biasanya cukup bagus untuk mengambil rincian gambar dalam cahaya rendah (terutama pada iPhone 5, yang memiliki perangkat tambahan yang dirancang khusus untuk kondisi tersebut), namun berkat penambahan flash, kamu bisa mendapatkan foto low-light. Setelah berada di aplikasi Camera, kamu akan menemukan ikon lampu kilat di bagian kiri atas layar, dengan baut kilat di atasnya. Ada beberapa pilihan untuk menggunakan lampu kilat:

  • Off – Ini saya pikir, cukup jelas. Dan adalah setting default untuk kamera.
  • Auto – Ketuk ikon lampu kilat untuk menampilkan pilihannya. Pilih Auto jika kamu ingin lampu kilat hanya digunakan saat dibutuhkan, seperti yang ditentukan oleh iPhone.
  • On - Bila kamu memilih ini, lampu kilat akan digunakan pada setiap gambar yang kamu ambil.

Bekerja dalam: iPhone 4 & lebih tinggi

Foto HDR

HDR, atau High Dynamic Range, foto yang mengambil banyak eksposur dari pemandangan yang sama dan kemudian menggabungkannya untuk menciptakan citra yang lebih baik dan lebih detil.

Fotografi HDR dibubuhi ke iPhone dengan iOS 4.1.

Jika kamu menjalankan iOS 4.1 atau yang lebih tinggi, saat kamu membuka aplikasi Camera, kamu akan menemukan tombol yang bertuliskan HDR On di bagian tengah atas layar. Jika kamu menjalankan iOS 5-6, kamu akan melihat tombol Options di bagian atas layar. Ketuk untuk memunculkan slider untuk mengaktifkan foto HDR. Di iOS 7, tombol On/Off HDR telah kembali ke bagian atas layar.

Untuk mematikannya (kamu pasti ingin melakukan ini jika kamu mencoba untuk menghemat ruang penyimpanan), tekan tombol/gerakkan slider sehingga menjadi HDR Offf.

Bekerja dalam: iPhone 4 & lebih tinggi

AutoFocus

Untuk secara otomatis membawa fokus foto ke area tertentu, sentuh area layar.

Kotak akan muncul di layar untuk menunjukkan bagian gambar yang dipusatkan kamera. AutoFocus juga secara otomatis mengatur exposure dan white balance untuk mencoba menghadirkan foto yang terbaik.

Bekerja dalam: iPhone 4 & lebih tinggi

Foto Panorama

Ingin menangkap vista yang lebih lebar atau lebih tinggi dari ukuran gambar standar yang ditawarkan oleh foto iPhone? Jika kamu menjalankan iOS 6 pada model tertentu, kamu dapat menggunakan fitur panorama untuk mengambil foto yang sangat besar. IPhone tidak termasuk lensa panorama; Sebagai gantinya, ia menggunakan perangkat lunak untuk menjahit beberapa foto menjadi satu gambar besar.

Untuk mengambil foto panorama, langkah-langkah yang perlu kamu ambil bergantung pada versi iOS yang kamu gunakan. Di iOS 7 atau lebih tinggi, gesek teks di bawah jendela bidik sampai Pano disorot. Di iOS 6 atau sebelumnya, saat kamu berada di aplikasi Camera, ketuk Options, lalu ketuk Panorama.

Ketuk tombol yang digunakan untuk mengambil foto. Ini akan berubah menjadi tombol yang mengatakan Done. Gerakkan iPhone dengan perlahan dan mantap melintasi subjek yang ingin kamu potret dalam panorama. Bila kamu telah memiliki gambar lengkap, ketuk tombol Done dan foto panorama akan disimpan ke aplikasi Photos kamu. Foto akan terlihat bergerigi pada iPhone kamu (yang tidak dapat menampilkan gambar panorama karena batas ukuran layarnya). Mengirim melalui Email atau mencetaknya, dan kamu akan melihat foto ukuran penuh. Bekerja pada: iPhone 4S dan lebih tinggi menjalankan iOS 6 dan yang lebih tinggi

Format Foto Square (iOS 7)

Jika kamu menjalankan iOS 7 atau lebih tinggi, kamu dapat menggunakan foto square atau persegi Instagram dan bukan foto persegi yang biasanya ditangkap kamera. Untuk beralih ke mode Square, gesek kata-kata di bawah jendela bidik sampai kotak dipilih. Kemudian gunakan kamera seperti biasa.

Bekerja pada: iPhone 4S & lebih tinggi menjalankan iOS 7 dan yang lebih tinggi

Burst Mode (iOS 7)

Kombinasi iOS 7 dan iPhone 5S menghadirkan beberapa pilihan baru yang ampuh untuk fotografer iPhone. Salah satu pilihan ini adalah burst mode. Jika kamu ingin menangkap banyak foto dengan cepat--terutama jika kamu memotret tindakan--kamu akan menyukai burst mode. Alih-alih hanya menjentikkan gambar setiap kali kamu menekan tombol rana, dengan itu kamu bisa memakan waktu hingga 10 foto per detik. Untuk menggunakan burst mode, gunakan aplikasi Camera seperti biasa kecuali jika kamu ingin memotret, cukup ketuk dan tahan tombolnya. Kamu akan melihat jumlah layar meningkat dengan cepat. Ini jumlah foto yang kamu ambil. Kamu kemudian dapat membuka aplikasi Photos untuk meninjau foto burst-mode kamu dan menghapus yang tidak kamu inginkan.

Bekerja pada: iPhone 5S & lebih tinggi

Filter (iOS 7)

Beberapa aplikasi foto terbaru yang paling populer memungkinkan kamu menerapkan efek dan filter bergaya ke foto kamu agar terlihat lebih keren. Untuk menggunakan filter, ketuk ikon dari tiga lingkaran yang saling terkait di sudut bawah aplikasi. kamu akan memiliki 8 opsi filter, dengan masing-masing menampilkan pratinjau seperti apa yang akan diterapkan pada foto kamu. Ketuk filter yang ingin kamu gunakan dan jendela bidik akan memperbarui saat menampilkan foto kamu dengan filter yang diterapkan. Gunakan aplikasi Camera seperti yang kamu inginkan. Foto yang disimpan ke aplikasi Photos akan memiliki filter pada foto tersebut.

Bekerja pada: iPhone 4S & lebih tinggi menjalankan iOS 7 dan yang lebih tinggi

Grid

Ada pilihan lain di menu Options iOS 5 dan lebih tinggi: Grid. Di iOS 7, Grid diaktifkan secara default (kamu dapat mematikannya dari bagian Photos & Camera pada aplikasi Settings). Pindahkan slider ke On dan grid akan dilapisi di layar (hanya untuk komposisi; grid tidak akan muncul pada gambar kamu). Grid memecah gambar menjadi sembilan kotak berukuran sama dan dapat membantu kamu meng-compose foto kamu.

Bekerja dalam: iPhone 3GS & lebih tinggi

AE/AF Lock

Di iOS 5 dan yang lebih tinggi, aplikasi Kamera mencakup fitur AE/AF Lock untuk membiarkan kamu mengunci pengaturan auto-exposure atau autofocus. Untuk mengaktifkannya, ketuk layar dan tahan sampai kamu melihat AE/AF Lock muncul di bagian bawah layar. Untuk mematikan menjadi lock off, sentuh layar lagi. (Fitur ini telah dihapus di iOS 7.)

Bekerja dalam: iPhone 3GS & lebih tinggi

Merekam Video

Kamera belakang iPhone 5S, 5C, 5, dan 4S juga dapat merekam video hingga HD 1080p, sementara rekaman kamera iPhone 4 pada HD 720p (kamera 5-megapiksel yang lebih tinggi juga dapat merekam video pada HD 720p). Cara untuk mengubah dari mengambil foto ke video bergantung pada versi iOS yang kamu gunakan. Di iOS 7 dan yang lebih tinggi, geser kata-kata tepat di bawah jendela bidik agar video disorot. Di iOS 6 atau sebelumnya, cari slider di sudut kanan bawah layar. Di sana kamu akan melihat dua ikon, yang terlihat seperti kamera, yang lainnya terlihat seperti kotak dengan segitiga yang keluar darinya (dirancang agar terlihat seperti kamera film). Gerakkan slider agar tombolnya berada di bawah ikon kamera film dan kamera iPhone akan beralih ke mode video.

Untuk mulai merekam video, ketuk tombol dengan lingkaran merah di dalamnya. Saat kamu merekam, tombol merah akan berkedip dan pewaktu akan muncul di layar. Untuk berhenti merekam, sentuh kembali tombolnya.

Beberapa fitur fotografi yang masih ada pada aplikasi, seperti foto atau panorama HDR, tidak berfungsi saat merekam video, meski ada flash.

Hasil rekaman video dari kamera iPhone dapat diedit menggunakan editor video bult-in iPhone, aplikasi iMovie Apple (Pembelian di iTunes), atau aplikasi pihak ketiga lainnya.

Slow Motion Video (iOS 7)

Seiring dengan burst mode, ini adalah peningkatan besar lainnya yang disampaikan oleh kombinasi iOS 7 dan iPhone 5S. Tidak hanya mengambil video 30 frame/second, 5S dapat mengambil Slow Motion Video yang berjalan pada 120 frame/second. Pilihan ini dapat menambahkan drama dan detail ke video kamu dan terlihat sangat hebat dan keren. Untuk menggunakannya, cukup gesek deretan opsi di bawah jendela bidik ke Slo-Mo dan rekam video seperti biasa.

Bekerja dengan: iPhone 5S dan lebih tinggi.

Post a Comment

Previous Post Next Post