Tidak ada yang bisa melakukan satu hal lagi dalam satu waktu. Di dunia kita yang super sibuk, multitasking benar-benar diperlukan. Hal yang sama berlaku untuk iPhone kamu. Untuk membantu kamu mendapatkan experience terbaik, iPhone mendukung multitasking.

Multitasking "tradisionaldanquot;, dalam arti bahwa kita sudah terbiasa dalam komputer desktop, berarti dapat menjalankan lebih dari satu acara pada waktu yang bersamaan. Multitasking di iPhone tidak cukup berfungsi misalnya itu. Sebaliknya, iPhone memungkinkan beberapa jenis aplikasi untuk berjalan pada latar belakang sementara pelaksanaan lain bekerja di latar depan. Untuk sebagian besar , pelaksanaan iPhone dijeda ketika engkau tidak menggunakannya & kemudian menggunakan cepat hayati kembali ketika engkau menentukan mereka.

Multitasking, Ala iPhone

Alih-alih menawarkan multitasking "tradisional", iPhone menggunakan sesuatu yang Apple sebut dengan nama Fast App Switching. Ketika kamu mengklik tombol home untuk meninggalkan aplikasi dan kembali ke homescreen , aplikasi yang baru saja kamu tinggalkan pada dasarnya membeku di tempat terakhir kamu berada. Saat kamu kembali ke aplikasi itu, kamu melanjutkan di tempat yang tadi kamu tinggalkan, bukan memulainya lagi dari awal. Ini bukan multitasking yang sebenarnya, tetapi iniexperience pengguna yang bagus.

Apakah Aplikasi yang Dihentikan Menggunakan Baterai, Memori, atau Sumber Daya Sistem Lainnya?

Banyak pengguna iPhone yang percaya bahwa aplikasi yang dibekukan dapat menghabiskan baterai ponsel atau menggunakan Bandwidth. Meskipun itu bisa dibenarkan pada waktu tertentu, itu tidak benar sekarang. Aplikasi yang dibekukan di latar belakang tidak menggunakan masa pakai baterai, memori, atau menggunakan sumber daya sistem lainnya.

Ada satu pengecualian pada aturan bahwa aplikasi yang ditangguhkan tidak menggunakan sumber daya: aplikasi yang mendukungBackground App Refresh.

Di iOS 7 dan versi yang lebih tinggi, aplikasi yang dapat berjalan di latar belakang bahkan lebih canggih. Pasalnya, iOS dapat mempelajari cara kamu menggunakan aplikasi menggunakanBackground App Refresh. Kalau kamu biasanya memeriksa media sosial di pagi hari, iOS dapat mempelajari perilaku itu dan memperbarui aplikasi media sosial kamu beberapa menit sebelum kamu memeriksa mereka untuk memastikan bahwa semua informasi terbaru menunggu kamu.

Aplikasi yang mengaktifkan fitur ini berjalan di latar belakang dan mengunduh data saat berada di latar belakang. Untuk mengontrol pengaturan Background App Refresh, buka Settings > General > Background App Refresh.

Beberapa Aplikasi yg Berjalan di Latar Belakang

Meskipun sebagian besar aplikasi menjadi beku saat kamu tidak menggunakannya, beberapa kategori aplikasi mendukung multitasking "tradisional" dan dapat berjalan di latar belakang (berbarengan dengan aplikasi lain juga). Jenis-jenis aplikasi yang dapat berjalan di latar belakang adalah:

  • Music. Dengarkan aplikasi Music, Pandora, streaming radio, dan aplikasi musik lainnya sambil melakukan hal-hal lain.
  • Location. Baik Apple dan Google Maps memungkinkan kamu mendapatkan petunjuk arah dan menggunakan aplikasi lain secara bersamaan.
  • AirPlay. Teknologi Apple untuk streaming audio dan video dari iPhone ke TV, stereo, dan perangkat lain yang kompatibel berjalan di latar belakang.
  • VoIP (Voice over IP). Aplikasi seperti Skype yang memungkinkan kamu melakukan panggilan telepon melalui internet alih-alih melalui jaringan seluler berfungsi juga dengan aplikasi lain.
  • Push Notification. Notifikasi ini memungkinkan kamu mengetahui sesuatu terjadi di aplikasi lain yang mungkin ingin kamu periksa.
  • Newsstand. Konten dalam unduhan aplikasi Newsstand di latar belakang untuk memastikan kamu mendapatkan berita terbaru yang menunggu untuk kamu.
  • Bluetooth Accessories. Saat aksesori Bluetooth dipasangkan ke iPhone kamu, data dapat dikirim bolak-balik.
  • Background. Seperti yang disebutkan di atas, Background App Refresh dapat memperbarui aplikasi tertentu saat aplikasi tidak berjalan.

Hanya karena aplikasi dalam kategori ini dapat berjalan di latar belakang tidak berarti mereka akan melakukannya. Aplikasi harus dibuat untuk memanfaatkan multitasking — tetapi kemampuannya ada di dalam OS dan banyak, bahkan mungkin sebagian besar, aplikasi dalam kategori ini dapat berjalan di latar belakang.

Cara Akses Fast App Switcher

Fast App Switcher memungkinkan kamu beralih di antara aplikasi yang baru-baru ini digunakan. Untuk mengaksesnya, klik dua kali tombol home iPhone dengan cepat.

  • Di iOS 9 dan lebih tinggi, layar mundur sedikit untuk menampilkan korsel tangkapan layar dan ikon aplikasi untuk semua aplikasi kamu saat ini. Geser ke kiri dan kanan untuk menjelajahi aplikasi lalu ketuk aplikasi yang ingin kamu gunakan.
  • Di iOS 7 dan 8, pengalaman ini sangat mirip dengan iOS 9, kecuali bahwa alih-alih korsel, kamu memiliki deretan aplikasi yang datar. Kamu juga akan melihat pintasan ke kontak yang sering muncul di bagian atas layar ini. Kalau tidak, cara kerjanya sama seperti di iOS 9.
  • Di iOS 4–6, sebagian besar layar berwarna abu-abu dan menampilkan serangkaian ikon di bagian bawah. Geser ikon ke kiri dan kanan untuk melihat aplikasi terbaru, lalu ketuk ikon untuk meluncurkan aplikasi itu.

Kalau kamu memiliki ponsel dengan layar 3D Touch (iPhone 6S, 7 dan 8 series, pada tulisan ini), ada pintasan untuk mengakses Fast App Switcher. Tekan keras di tepi kiri layar dan kamu memiliki dua opsi:

  • Gesek dari kiri ke kanan untuk beralih ke aplikasi terakhir yang kamu gunakan.
  • Tekan lagi untuk masuk ke Fast App Switcher.

Keluar dari Aplikasi di Fast App Switcher

Fast App Switcher juga memungkinkan kamu menutup aplikasi, yang sangat berguna jika aplikasi tidak berfungsi dengan benar. Keluar dari aplikasi pihak ketiga yang ditangguhkan di latar belakang akan menghentikannya berfungsi sampai kamu meluncurkannya kembali. Killing aplikasi Apple memungkinkan mereka untuk melanjutkan tugas latar belakang seperti memeriksa email, tetapi memaksa mereka untuk memulai ulang.

Untuk menutup aplikasi, buka Fast App Switcher, lalu:

  • Di iOS 7–9, geser aplikasi yang ingin kamu keluarkan dari tepi atas layar. Aplikasi menghilang dan berhenti. Kamu dapat menghentikan hingga tiga aplikasi sekaligus dengan menggeseknya pada saat yang bersamaan.
  • Di iOS 4–6, ketuk dan tahan ikon aplikasi sampai ikon mulai bergetar dan lencana merah dengan tanda minus muncul di aplikasi. Ketuk lencana merah untuk keluar dari aplikasi itu. kamu hanya dapat berhenti satu aplikasi pada satu waktu pada versi iOS ini.

Bagaimana Aplikasi Disortir

Aplikasi di Fast App Switcher diurutkan berdasarkan apa yang paling sering kamu gunakan. Ini dilakukan untuk mengelompokkan aplikasi yang paling sering digunakan bersama-sama sehingga kamu tidak perlu terlalu banyak menggesek untuk menemukan favorit kamu.

Post a Comment

Previous Post Next Post