Penyebab iPhone White Screen

iPhone white screen atau layar menjadi putih dapat disebabkan oleh beberapa hal, tetapi dua hal yang paling umum adalah:

  • Gagal update software/Jailbreak Ketika kamu mencoba untuk update sistem operasi iPhone, dan update gagal, kadang-kadang kamu akan melihat layar menjadi blank putih. Hal ini umum dialami terutama ketika kamu men-jailbreak iPhone kamu dan jailbreak gagal.
  • Masalah hardware - White screen sering disebabkan oleh kabel yang menghubungkan motherboard dan layar iPhone, entah itu karena longgar atau gagal. Dalam beberapa kasus, ini hanyalah hasil dari kegagalan hardware. Di sisi lain, konektor bawaan menjadi longgar setelah ponsel terjatuh.

Hard Reset iPhone

Langkah pertama dalam proses pemecahan masalah iPhone adalah restart iPhone.

Tetapi dalam kasus ini, kamu perlu restart yang sedikit lebih kuat, biasa disebut "Hard Reset," ini sama seperti restart tapi tidak mengharuskan kamu untuk dapat melihat apa-apa di layar kamu. Hal ini juga dapat membersihkan cache dari memori iPhone (jangan khawatir, kamu tidak akan kehilangan data kamu).

Untuk melakukan hard reset:

  1. Tahan tombol Home dan tombol on/off secara bersamaan (pada seri iPhone 7, tahan tombol on/off dan volume down, bukan Home).
  2. Tetap tahan sampai layar berkedip dan logo Apple muncul
  3. Lepaskan tombolnya dan biarkan iPhone mulai kembali seperti biasa.

Tahan Tombol Home Volume Atas Power

Jika hard reset tidak bekerja, ada kombinasi lain dari tombol yang biasanya sangat membantu banyak orang:

  1. Tahan tombol Home, tombol volume up, dan tombol power (sleep/wake) sekaligus.
  2. Ini mungkin memakan waktu, tetapi tetap tahan sampai layar mati.
  3. Terus menahan, sampai muncul logo Apple
  4. Ketika logo Apple telah muncul, kamu dapat melepaskan tombol dan biarkan iPhone untuk memulai kembali seperti biasa.

Coba DFU Mode dan Pulihkan dari Backup

Jika tak satu pun dari dua pilihan pertama bekerja, langkah selanjutnya adalah mencoba menempatkan iPhone ke DFU Mode.

Disk Firmware Update Mode (DFU) adalah suatu kondisi di mana iPhone tidak ngeload iOS maupun bootloader tapi tetap masih bisa terdeteksi oleh iTunes. Untuk menggunakannya:

  1. Hubungkan iPhone ke komputer kamu
  2. Tekan tombol sleep/wake selama sekitar 3 detik
  3. Tekan secara bersamaan tombol on/off dan tombol Home (atau tombol volume down, pada seri iPhone 7) selama sekitar 10 detik
  4. Lepaskan tombol on/off, tapi tetap menekan tombol Home (atau volume down) selama 5 detik atau lebih
  5. Jika layar berubah dari putih menjadi hitam, kamu berada di DFU Mode. Pada titik ini, kamu dapat menggunakan iTunes untuk mengembalikan iPhone kamu dari backup.

Apabila Tidak Ada yang Bekerja

Jika kamu telah mencoba semua langkah ini dan masih memiliki masalah, kemungkinan besar kamu mengalami masalah yang tidak dapat kamu perbaiki sendiri.

Kamu wajib menghubungi Apple Store atau Services Center Apple terdekat pada kota kamu buat menerima dukungan.

Memperbaiki iPod touch White Screen

Artikel ini membahas tentang memperbaiki layar putih iPhone, namun iPod touch juga bisa memiliki masalah yang sama. Beruntung, solusi untuk layar putih iPod touch pun sama. IPod touch dan iPhone berbagi banyak komponen hardware yang sama dan menjalankan sistem operasi yang sama, sehingga semua yang disebutkan di artikel ini dapat membantu memperbaiki layar putih iPod touch.

Post a Comment

Previous Post Next Post