Sync tidak hanya berguna untuk mentransfer data saja. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk membuat backup atau cadangan iPhone kamu. Meskipun Apple mendorong pengguna untuk menggunakan iCloud untuk membuat backup data pribadi mereka, mungkin kamu juga ingin backup iPhone kamu dengan sync ke komputer kamu.

Penting: Meskipun iTunes mendukungan untuk sync aplikasi dan ringtone, fitur-fitur tersebut telah dihapus dalam versi terbaru dan sekarang sepenuhnya ditangani di iPhone.

Layar Ringkasan atau Summary Screen

Langkah pertama untuk sync iPhone ke komputer kamu sangatlah sederhana. Colokkan kabel yang disertakan dengan iPhone ke port USB di komputer kamu dan masukkan ke dock konektor di bagian bawah iPhone. (Kamu juga dapat melakukan sync melalui Wi-Fi, jika kamu mau.)

Jalankan iTunes. Lihatlah bagian atas panel kiri jendela iTunes. Klik ikon iPhone di bagian atas panel untuk membuka layar Ringkasan iPhone. Layar ini menawarkan ikhtisar dasar dan informasi pilihan tentang iPhone kamu. Informasi tersebut disajikan dalam tiga bagian: iPhone, Backup dan Options.

Bagian iPhone

Di bagian pertama layar Ringkasan, kamu akan melihat kapasitas yang tersedia untuk iPhone, nomor telepon, nomor seri dan versi iOS yang sedang dijalankan telepon. Bagian Ringkasan pertama berisi dua tombol:

  • Check for Update digunakan untuk memastikan kamu memiliki versi terbaru dari iOS. Jika tidak, kamu bisa memperbaruinya disini.
  • Restore iPhone digunakan untuk Mengembalikan iPhone ke Pengaturan Pabrik. Ini akan menghapus semua data pribadi kamu dari iPhone dan sangat disarankan sebelum kamu menjual atau memberikan telepon kamu. Mengembalikan iPhone juga merupakan pilihan pemecahan masalah lanjutan saat kamu bermasalah dengan telepon kamu.

Ukuran dan status baterai iPhone, yang dulunya muncul di bagian ini, terletak di bagian atas panel di sisi kiri layar Ringkasan.

Bagian backup

Gunakan bagian ini untuk menunjukkan preferensi backup kamu, untuk memaksa backup dan mengembalikan backup.

Di area berjudul Automatically Back Up pilih dimana iPhone kamu akan backup isinya: iCloud atau komputer kamu. Kamu bisa kembali ke keduanya, tapi tidak pada saat bersamaan.

  • Klik tombol di samping iCloud jika kamu menggunakan iCloud untuk membackup data terpenting kamu ke iCloud setiap hari.
  • Klik tombol di sebelah This Computer untuk membuat backup lengkap data kamu di komputer kamu.
  • Pilih Encrypt iPhone backup ke password untuk melindungi backup di komputer kamu. Ini opsional tapi disarankan jika kamu berbagi komputer kamu.

Bagian ini berisi dua tombol:

  • Back Up Now untuk membuat cadangan iPhone langsung ke lokasi yang kamu pilih.
  • Restore Backup untuk mengembalikan backup yang ada ke iPhone kamu.

Bagian Options

Bagian options berisi daftar kemungkinan yang tersedia. Tiga yang pertama penting bagi sebagian besar pengguna. Yang lain tergantung pada preferensi spesifik kamu untuk sinkronisasi dan jarang digunakan.

  • Sync secara otomatis saat iPhone ini terhubung: Pastikan iTunes meluncurkan dan menyinkronkan telepon kapan pun kamu menghubungkannya ke komputer. Pertimbangkan untuk tidak mencentang ini jika kamu menghubungkan iPhone ke beberapa komputer atau memutar musik melalui komputer lain.
  • Sync dengan iPhone ini melalui Wi-Fi: Saat ini diaktifkan dan iPhone kamu berada pada jaringan Wi-Fi yang sama seperti komputer kamu, komputer akan disync secara otomatis-tidak ada lagi kabel!
  • Sync hanya memeriksa lagu dan video: Berguna jika perpustakaan iTunes kamu lebih besar dari kapasitas iPhone kamu.
  • Lebih menyukai video definisi standar: Dirancang untuk menghemat ruang disk. Opsi ini memastikan bahwa, jika kamu memiliki versi video definisi HD dan standar, versi definisi standar yang lebih kecil disingkronkan.
  • Mengkonversi lagu dengan tingkat bit yang lebih tinggi ke 128 kbps AAC: Mengubah lagu ke format AAC selama sinkronisasi. Ini membantu melestarikan ruang jika lagu kamu dikodekan dalam format lain atau dengan kecepatan bit yang lebih tinggi, yang menghasilkan file yang lebih besar.
  • Kelola musik dan video secara manual: Nonaktifkan sinkronisasi otomatis. Sebagai gantinya, memungkinkan kamu secara manual menambahkan dan menghapus semua konten di iPhone kamu. Tidak disarankan kecuali kamu punya alasan tertentu.
  • Reset Warnings: Jika sebelumnya kamu telah menolak peringatan atau peringatan apapun pada iPhone kamu, kamu dapat melihatnya lagi dengan mengklik tombol ini.
  • Mengkonfigurasi Aksesibilitas: Mengaktifkan pilihan aksesibilitas untuk orang-orang dengan gangguan pendengaran atau penglihatan.

Di bagian bawah layar Ringkasan adalah bar yang menampilkan kapasitas telepon kamu dan menunjukkan banyak ruang yang dibutuhkan setiap jenis data pada iPhone kamu. Arahkan kursor ke bagian bilah untuk melihat informasi tambahan tentang setiap jenis data.

Jika kamu membuat perubahan pada layar Ringkasan, klik Apply di bagian bawah layar. Klik Sync untuk menerapkan perubahan pada iPhone.

Sync Lagu ke iPhone

Pilih tab Music di panel kiri iTunes. Klik Sync Music di bagian atas layar iTunes untuk menyelaraskan lagu ke iPhone kamu (Jika kamu menggunakan iCloud Music Library dengan Apple Music, ini tidak akan tersedia).

  • Klik tombol di sebelah Entire Music Library untuk menyelaraskan semua musik iTunes kamu ke iPhone kamu. Ini hanya akan berjalan jika penyimpanan ponsel kamu lebih besar dari pada perpustakaan kamu. Jika tidak, kamu akan mendapatkan beberapa musik kamu tapi tidak semuanya.
  • Klik tombol di samping playlist, artis, album, dan genre yang dipilih untuk menentukan musik mana yang akan didownload ke iPhone kamu. Sync-kan playlist dengan mencentang kotak di bagian Daftar Putar atau semua musik oleh artis tertentu dengan mencentang kotak di bagian Artists. Selaraskan semua musik dalam genre tertentu atau dari album tertentu dengan mengeklik kotak di bagian Genre and Albums.

Pilihan tambahan meliputi:

  • Sertakan musik video menyinkronkannya ke iPhone jika kamu memilikinya.
  • Sertakan memo suara menyinkronkan rekaman suara ke / dari iPhone kamu.
  • Secara otomatis mengisi ruang kosong dengan lagu mengisi penyimpanan yang tidak terpakai di iPhone kamu dengan musik yang belum kamu sampaikan kepada iTunes untuk disinkronkan.

Sync Film ke iPhone

Di tab Movie, kamu bisa mengontrol sync film dan video yang bukan acara TV.

Klik kotak di samping Sync Film jika kamu ingin sync film atau video lain dari komputer ke iPhone. Saat kamu memeriksa ini, kamu dapat memilih film individual di kotak yang muncul di bawah ini. Untuk sync film tertentu, klik kotak centangnya.

  • Automatically Include - Klik ini jika kamu ingin iTunes secara otomatis sync film secara default. Menu di sampingnya akan memungkinkan kamu memilih preferensi kamu untuk mengetahui berapa banyak film yang akan diselaraskan.

Sync Acara TV atau TV Shows ke iPhone

Kamu dapat menyelaraskan seluruh seasons TV, atau episode tertentu, di tab TV Shows.

Klik kotak di sebelah Sync TV Shows untuk mengaktifkan sync acara TV ke iPhone kamu. Saat kamu mengekliknya, semua opsi lainnya tersedia.

  • Untuk sync episode acara TV tertentu, klik pertunjukan di sebelah kiri dan kemudian centang kotak di sebelah episode yang ingin kamu tambahkan ke telepon kamu.
  • Automatically include: Bila dicentang, memungkinkan kamu untuk secara otomatis melakukan sync berdasarkan kriteria berikut: tidak terbungkus, terbaru, terbaru tidak terbungkus, tidak terpakai, dan dari semua pertunjukkan atau hanya tampilan yang dipilih.
  • Shows: Menampilkan semua pertunjukan di hard drive kamu, serta seasons apa yang kamu miliki dan berapa episode dari setiap pertunjukan. Jika ada episode baru atau tidak, titik biru muncul di samping jumlah pertunjukan yang tidak disentuh. Klik pada pertunjukan individu untuk melihat daftar semua episodenya.
  • Episode: Setelah kamu mengklik sebuah pertunjukan, episode dari acara itu muncul di sebelah kanan.
  • Sertakan Episode dari Daftar Putar: Acara TV dapat berada dalam daftar putar termasuk Pembelian dan Sedang Diputar. Jika kamu ingin menyertakan pertunjukkan dari daftar putar tersebut (meskipun kamu tidak akan memiliki kontrol langsung dari layar ini mengenai apa yang sedang terjadi), centang kotak di samping playlist.

Sync Podcasts ke iPhone

Podcasts memiliki opsi sync yang sama seperti layar Film dan TV Shows. Kamu perlu mengklik kotak di samping Sync Podcasts untuk mengakses pilihan.

Kamu dapat memilih untuk menyinkronkan satu atau semua podcast kamu sama seperti yang kamu lakukuan dengan Acara TV, dan juga kriteria khusus yang sesuai. Jika kamu ingin menyinkronkan beberapa podcasts, namun tidak ada yang lain, klik podcasts dan kemudian klik episode yang ingin kamu selaraskan dengan iPhone kamu dengan mengklik kotak di samping episode tersebut.

Sync Buku ke iPhone

Sync iBooks

Di layar Buku, kamu dapat mengatur bagaimana file iBooks dan PDF diselaraskan ke iPhone kamu.

Centang kotak di samping Sync Books untuk mengaktifkan sync buku dari hard drive kamu ke iPhone kamu. Saat kamu memeriksa ini, pilihan tersedia.

Periksa Semua buku untuk secara otomatis menyelaraskan semua buku ke iPhone kamu. Periksa buku yang dipilih untuk mengontrol buku mana yang disinkronkan.

Gunakan menu drop-down di bawah judul Buku untuk menyortir file menurut jenisnya (file Buku dan PDF, Hanya Buku, Hanya file PDF) dan menurut judul, pengarang, dan tanggal.

Jika kamu memilih Buku yang dipilih, centang kotak di samping setiap buku yang ingin kamu sinkronkan.

Sync Buku Audio atau Audiobook ke iPhone

Setelah kamu memilih Audiobooks dari menu di panel kiri, klik di kotak di sebelah Sync Audiobook. Pada saat itu, kamu dapat memilih semua audiobook atau hanya yang kamu tentukan, sama halnya seperti dengan buku biasa.

Jika kamu tidak menyelaraskan semua audiobook, centang kotak di samping setiap buku yang ingin kamu sync ke iPhone kamu. Jika audiobook datang dalam beberapa bagian, pilih bagian yang ingin kamu transfer.

Kamu juga dapat memilih untuk mengelola audiobook kamu di playlist, dan menyelaraskan playlist tersebut, di bagian Include Audiobooks from Playlists.

Sync Foto ke iPhone

IPhone dapat menyelaraskan foto-fotonya dengan aplikasi Photos kamu (di Mac; di Windows, kamu dapat menggunakan Windows Photo Gallery). Centang kotak di samping Sync Foto untuk mengaktifkan opsi ini.

Pilih pustaka foto mana yang akan diselaraskan dengan iPhone salin foto dari: menu drop-down. Setelah kamu selesai melakukannya, opsi sync kamu meliputi:

  • Semua foto dan album: Pilih ini untuk sync semua foto dan album foto dengan iPhone.
  • Album yang dipilih: Ini memberi kamu kontrol atas konten yang diselaraskan. Gunakan opsi yang muncul saat ini dipilih untuk menunjukkan foto mana yang ingin kamu sync ke iPhone kamu.
  • Sertakan video: Periksalah ini untuk menyinkronkan video yang diambil oleh kamera iPhone ke komputer kamu dan sebaliknya.
  • Secara otomatis menyertakan foto dari: memberi kamu menu drop-down tempat kamu dapat memilih foto dari periode waktu tertentu-minggu lalu atau 1 bulan yang lalu, misalnya.

Sync Kontak dan Kalender ke iPhone

Tab Info merupakan tempat untuk mengelola setelan sync untuk kontak dan kalender. Tab Info terletak di panel kiri layar iTunes dalam daftar topik pengaturan iPhone. Ikon adalah huruf i dalam sebuah lingkaran. Ketuk ikon Info untuk membuka layar.

Saat kamu menyetel iPhone, jika kamu memilih untuk menautkan kontak dan kalender kamu dengan iCloud, yang disarankan, tidak ada pilihan yang tersedia di layar ini. Sebagai gantinya, ada pemberitahuan yang memberitahukan bahwa ini disinkronkan melalui udara dengan iCloud dan kamu dapat membuat perubahan pada setelan di iPhone kamu.

Jika kamu memilih untuk sync ini dari komputer kamu, kamu harus mengaktifkan bagian dengan memberi tanda cek di depan setiap item dan kemudian menunjukkan preferensi kamu dari pilihan yang muncul.

Sync Kontak

Pilih untuk sync semua kontak atau hanya grup kontak terpilih.

Sync Kalender

Memungkinkan kamu memutuskan apakah akan menyelaraskan semua kalender di komputer kamu ke iPhone atau hanya yang dipilih. Kamu juga dapat memilih untuk tidak menyelaraskan acara yang lebih lama dari 30 hari.

Sync File dari iPhone ke Komputer

Jika kamu memiliki aplikasi di iPhone kamu yang dapat menyelaraskan file dengan komputer kamu — seperti video atau presentasi — kamu memindahkannya di tab ini.

Di kolom Apps, pilih aplikasi yang file-nya ingin kamu sinkronkan

Di kolom Documents, kamu akan melihat daftar semua file yang tersedia. Untuk sync file, klik satu kali, lalu klik Save to. Pilih lokasi untuk menyimpan file ke komputer kamu.

Kamu juga dapat menambahkan file dari komputer kamu ke aplikasi dengan memilih aplikasi dan kemudian mengklik tombol Add di kolom Documents. Jelajahi hard drive kamu untuk menemukan file yang ingin kamu selaraskan dan pilih.

Resync untuk Update Konten

Setelah selesai memilih semua pengaturan kamu, klik tombol Sync di kanan bawah layar iTunes untuk sync iPhone dengan iTunes dan semua konten kamu diperbarui berdasarkan setelan baru yang baru kamu buat.

Jika kamu memilih opsi di bagian Ringkasan untuk sync secara otomatis setiap kali kamu memasukkan iPhone ke komputer kamu, sync akan terjadi kapan saja saat kamu terhubung. Jika kamu memilih opsi untuk melakukan sync secara nirkabel, sync terjadi di latar belakang setiap kali ada perubahan.

Post a Comment

Previous Post Next Post