..Inilah semua yg perlu kamu ketahui tentang DFU mode dan cara menggunakannya di iPhone atau perangkat iOS lain.

Apa Itu DFU Mode?

DFU Mode iPhone memungkinkan kamu melakukan perubahan taraf rendah dalam perangkat lunak yg menjalankan perangkat. DFU singkatan dari Device Firmware Update. Meski terkait dengan Recovery Mode, ini sifatnya lebih komprehensif dan mampu dipakai buat mengatasi perkara yg lebih sulit.

DFU Mode berfungsi pada seluruh perangkat iOS, yg mencakup iPhone, iPod touch, dan iPad.

Bila perangkat iOS ada dalam DFU Mode, perangkat akan diaktifkan, namun belum melakukan booting ke sistem operasi. Alhasil, kamu bisa melakukan perubahan pada sistem operasi itu sendiri karena belum berjalan. Dalam situasi lain, kamu tidak bisa mengubah OS saat sedang berjalan.

Kapan Menggunakan DFU Mode iPhone?

Untuk hampir semua penggunaan normal iPhone, iPod touch, atau iPad, kamu tidak memerlukan DFU Mode. Cukup dengan Recovery Mode. Jika perangkat kamu macet dalam satu lingkaran setelah update sistem operasi, atau membuat data jadi rusak sehingga tidak berjalan dengan benar, Recovery Mode merupakan langkah pertama yang harus kamu ambil. Kebanyakan orang menggunakan iPhone DFU Mode untuk:

  • Downgrade versi iOS yang berjalan di perangkat. Kamu mungkin ingin melakukan ini jika, setelah kamu meng-upgrade ke versi yang lebih baru perangkat kamu menjadi tidak stabil atau menyebabkan aplikasi kamu tidak berfungsi dengan baik.
  • Jailbreak perangkat atau un-jailbreak.
  • Hapus versi beta dari iOS yang sudah expired.

Menempatkan perangkat kamu ke dalam DFU Mode mungkin diperlukan untuk memperbaiki beberapa situasi, tetapi penting untuk diingat bahwa itu juga berpotensi berbahaya. Menggunakan DFU Mode untuk downgrade OS atau jailbreak perangkat kamu dapat merusaknya dan melanggar garansi. Jika kamu berencana untuk menggunakan DFU Mode, kamu melakukannya dengan risiko ditanggung sendiri — kamu mengasumsikan bertanggung jawab atas hasil negatif apa pun.

Cara Masuk DFU Mode

Memasuki DFU Mode mirip dengan Recovery Mode, tetapi tidak semudah itu. Jangan berkecil hati jika kamu tidak bisa langsung membuatnya bekerja. Bersabar saja melakukan setiap langkah dan semuanya harus berfungsi dengan baik. Inilah yang harus dilakukan:

  1. Mulailah dengan menghubungkan iPhone atau perangkat iOS lainnya ke komputer kamu dan jalankan iTunes.

  2. Matikan perangkat dengan menahan tombol sleep/power di sudut kanan atas perangkat (pada iPhone 6 dan yang lebih baru, tombolnya ada di sebelah kanan). Slider akan muncul di layar. Geser ke kanan untuk mematikan perangkat.

  3. Jika perangkat tidak mau dimatikan, tahan tombol Power dan tombol Home bahkan setelah slider muncul. Akhirnya perangkat akan mati. Lepaskan tombol saat perangkat menyala.

  4. Dengan perangkat mati, sekali lagi tahan tombol sleep/power dan tombol Home pada secara bersamaan. Jika kamu memiliki iPhone 7 atau yang lebih baru: Tahan tombol sleep/power dan tombol volume turun, bukan Home.

  5. Tahan tombol ini selama 10 detik. Jika kamu tahan terlalu lama, kamu akan memasuki recovery mode, bukan DFU Mode. Kamu akan tahu bahwa kamu membuat kesalahan ini jika melihat logo Apple.

  6. Setelah 10 detik berlalu, lepaskan tombol sleep/power, namun tetap memegang tombol Home (di iPhone 7 atau yang lebih baru, tetap menahan tombol volume bawah) selama 5 detik lagi. Jika logo dan pesan iTunes muncul, kamu telah menahan tombol terlalu lama dan perlu mulai lagi.

  7. Jika layar perangkat kamu berwarna hitam, kamu berada dalam DFU Mode. Mungkin terlihat bahwa perangkat dimatikan, tapi ternyata tidak. Jika iTunes mendeteksi bahwa iPhone kamu terhubung, kamu siap untuk melanjutkan.

  8. Jika kamu melihat ikon atau teks di layar perangkat kamu, berarti kamu tidak berada dalam DFU Mode dan perlu mulai lagi.

Cara Keluar

Untuk keluar dari DFU Mode iPhone, cukup matikan perangkat kamu. Lakukan ini dengan menahan power/sleep sampai slider muncul dan pindahkan slider. Atau, jika kamu menahan tombol sleep/power dan tombol Home (atau volume bawah) lebih lama, perangkat akan mati dan layar menjadi gelap.

Post a Comment

Previous Post Next Post