√ Dua Laut tak bercampur - Biaya Pendidikan

Dua Laut tak bercampur

Dua laut tak bercampur

Terdapat gelombang akbar, arus kuat, dan gelombang pasang di Laut Tengah & Samudra Atlantik. Air Laut Tengah memasuki Samudra Atlantik melalui selat Gibraltar. Tetapi suhu, kadar garam, dan kerapatan air laut di kedua tempat ini tidak berubah lantaran adanya penghalang yg memisahkan keduanya.

Salah satu pada antara sekian sifat lautan yang yang terbaru ditemukan merupakan berkaitan menggunakan ayat Al Qur?An menjadi berikut:

"Dia membiarkan 2 lautan mengalir yang keduanya lalu bertemu, antara keduanya terdapat batas yg tidak bisa dilampaui sang masing-masing." (Al Qur'an, 55:19-20)

Sifat lautan yang saling bertemu, akan tetapi tidak bercampur satu sama lain ini telah ditemukan oleh para ahli kelautan baru-baru ini. Dikarenakan gaya fisika yang dinamakan "tegangan permukaan", air dari laut-laut yang saling bersebelahan tidak menyatu. Akibat adanya perbedaan masa jenis, tegangan permukaan mencegah lautan dari bercampur satu sama lain, seolah terdapat dinding tipis yang memisahkan mereka. (Davis, Richard A., Jr. 1972, Principles of Oceanography, Don Mills, Ontario, Addison-Wesley Publishing, s. 92-93.)

Sisi menarik menurut hal ini merupakan bahwa dalam masa waktu insan nir mempunyai pengetahuan apapun mengenai fisika, tegangan bagian atas, ataupun ilmu kelautan, hal ini dinyatakan dalam Al Qur?An.

Subscribe to receive free email updates:

Get notifications from this blog