Jadi, apa itu Face ID?

Face ID adalah teknologiFacial recognition atau pengenalan wajah dari Apple yang memungkinkan kamu untuk membuka kunci iPhone kamu dengan aman, cukup dengan melihat sekilas pada perangkat. Selain itu, fitur Face ID juga digunakan untuk mengesahkan pembelian dari iTunes Store, App Store, iBooks Store, dan pembayaran menggunakan Apple Pay. Otentikasi identitas terjadi dengan memindai wajah dan membandingkannya dengan peta struktural pemilik wajah yang sebelumnya sudah tercatat.

Digunakan buat Apa Saja Face ID pada iPhone?

Face ID digunakan untuk banyak hal yang sama seperti Touch ID. Yang paling penting di antaranya adalah:

  • Membuka kunci iPhone tanpa perlu memasukkan passcode.
  • Otorisasi dalam aplikasi yang mendukung teknologi ini.
  • Pembelian di App Store, iTunes Store, dan iBooks Store.
  • Konfirmasi identitas saat berbelanja via Apple Pay.

Perangkat Apa yg Mendukung Face ID?

Teknologi Face ID, saat ini, support pada model iPhone X, iPhone XS dan XS Max, dan iPhone XR.

Layaknya Touch ID yg dimulai pada iPhone & telah dibubuhi ke perangkat lain seperti iPad, Face ID pada akhirnya akan ada pada perangkat Apple lainnya misalnya iPad.

Bagaimana cara kerja Face ID?

Notch atau "poni" di bagian atas layar iPhone pada perangkat yang kompatibel merupakan tempat sensor yang digunakan oleh Face ID berada. Sensor ini termasuk:

  • Dot Projector. Memproyeksikan pada wajah pengguna lebih dari 30.000 titik inframerah yang tak terlihat, yang kemudian menciptakan model matematisnya. Kamera inframerah. Ini membaca struktur titik wajah dan menciptakan gambar dalam spektrum inframerah dan menempatkan data ini dalam modul khusus dari prosesor A11 Bionic Secure Enclave.
  • Flood Illuminator. Ini memancarkan sinar infra merah yang tidak terlihat di wajah, yang memungkinkan kamu untuk melakukan pemindaian wajah yang akurat, bahkan dalam kegelapan total.
  • Infrared Camera. kamera TrueDepth memproyeksikan lebih dari 30.000 titik tak terlihat di wajah, menganalisisnya dan membuat peta struktural terperinci dan gambar wajah dalam spektrum inframerah.

Peta wajah yg ditangkap sang kamera inframerah dicocokkan dengan data yang sebelumnya telah disimpan pada iPhone kamu untuk membuka kunci atau mengesahkan transaksi Apple Pay. Ini juga digunakan buat membuat animoji, emoji animasi yg dipetakan ke paras kamu.

Saya tumbuh kumis/aku membuat make-up yang nir biasa, apakah masih bisa dikenali oleh Face ID?

Perubahan kecil pada wajah, entah itu kumis tumbuh tebal atau riasan khusus tidak akan menjadi masalah untuk Face ID. Selain itu, fungsi ini dengan mudah mengenali pengguna saat memakai kacamata, syal, topi dan lensa kontak. Setidaknya itulah yang dikatakan Apple. Apakah informasi ini benar-benar dapat diandalkan?

Agar adil, kami mencatat bahwa Apple tidak menyebut Face ID sebagai sesuatu hal yang ajaib. Apple secara tegas menyatakan bahwa dengan adanya perubahan signifikan dalam wajah, Face ID nir akan bisa mengenali pengguna. Dalam hal ini, pemilik iPhone X wajib memasukkan passcode. Setelah konfirmasi identitas sukses, sistem akan memperbarui data dalam orang tersebut.

Cara Mengaktifkan Face ID

Untuk mulai menggunakan Face ID, kamu harus melakukan pengaturan awal fitur dan memindai wajah. Untuk melakukan ini, buka aplikasi "Pengaturan""Face ID & Kode Sandi" dan klik "Tambahkan Wajah". Setelah itu, layar khusus kamera depan dengan cross-hair akan diluncurkan, di bagian paling tengah yang kamu butuhkan untuk menempatkan wajah. Ketika skala hijau di sekitar layar kamera penuh, pemindaian wajah kamu akan berakhir dan kamu dapat mulai menggunakan Face ID.

Bagaimana cara membuka kunci iPhone X melalui Face ID?

Sangat sederhana. Untuk membuka kunci iPhone X dengan Face ID, kamu hanya perlu melihat layar perangkat. Pemindaian akan dilakukan secara instan dan jika korespondensi seseorang dikonfirmasi, kartu matematis orang itu yang sebelumnya disimpan akan dibuka kuncinya.

Pada jarak berapa yang terbaik untuk menjaga iPhone X terbuka?

Selama presentasi iPhone X, eksekutif Apple menyombongkan diri bahwa Face ID akan dapat mengenali pemilik smartphone meskipun smartphone tidak langsung mengenali saat acara persentasi. Dan itu memang benar. Pemindaian wajah juga akan dilakukan dalam kasus di mana kamu memegang iPhone X di tangan kamu, tetapi pada kemiringan, dan jika smartphone ada di atas meja. Hal utama adalah bahwa orang itu dalam peninjauan kamera TrueDepth. Gambaran umum pemindaian identik dengan tinjauan survei kamera FaceTime.

Apple tidak membicarakannya selama presentasi iPhone X, tetapi keakuratan membuka kunci perangkat menggunakan Face ID akan lebih tinggi jika smartphone berada pada jarak selengan (atau kurang) dari wajah. Dengan demikian, jarak ideal untuk operasi Face ID kurang dari 50 cm.

Apakah pemindaian terjadi juga pada saat layar berada dalam mode "tidur"?

Ya, secara khusus tekan tombol Power dan tidak perlu buka kunci. Saat kamu mengangkat atau menyentuh layar iPhone X, smartphone secara otomatis keluar dari mode tidur dan mengaktifkan kamera TrueDepth. Berkat ini, pemindaian dapat dilakukan secepat mungkin tanpa menunda penekanan tombol apa pun.

Apakah Radiasi inframerah Face ID Berbahaya?

Daya yang dipancarkan sistem kamera TrueDepth sangat kecil dan aman digunakan dalam kondisi normal. Apple benar-benar menguji TrueDepth untuk mematuhi semua kemungkinan standar keamanan. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Apakah radiasi benar-benar tidak terlihat?

Cahaya inframerah dari kamera TrueDepth dapat dilihat dengan mata telanjang, tetapi hanya dalam kegelapan total. Dalam kondisi pencahayaan lainnya, adalah mungkin untuk mengamati cahaya hanya melalui viewfinders kamera dengan kemungkinan mendaftarkan radiasi inframerah.

Apakah peta wajah saya disimpan di server Apple?

Data yang digunakan oleh Face ID, khususnya, representasi matematis wajah kamu, disimpan dalam bentuk terenkripsi dalam modul Secure Enclave. Dengan kata lain, peta wajah hanya disimpan di perangkat kamu dan tidak dikirim ke mana pun. Dengan prinsip kerja yang persis sama dengan pemindai sidik jari Touch ID.

Berapa probabilitas bahwa orang lain dapat membuka iPhone X dengan wajah mereka?

Probabilitas bahwa iPhone X kamu akan dibuka kuncinya melalui Face ID ke orang lain adalah 1 hingga 1.000.000. Selain itu, orang ini hanya akan memiliki lima upaya untuk mengotorisasi. Jika semuanya gagal, iPhone X akan meminta passcode.

Apakah saya dapat membuka kunci melalui Face ID saat pemiliknya sedang tidur?

Tidak, pengenalan wajah dengan fungsi Face ID hanya terjadi ketika seseorang melihat perangkat. Kamu tidak dapat mengotentikasi dengan mata tertutup.

Jadi, saya bisa melupakan entri passcode?

Terlepas dari kenyataan bahwa Face ID bekerja dengan sangat akurat, ia terus-menerus belajar dan mengingat penampilan kamu, bereaksi terhadap perubahannya, selamanya melupakan kebutuhan untuk memasukkan passcode tidak akan berfungsi. Selain itu, untuk mendapatkan kesempatan mengaktifkan Face ID di iPhone yang kompatibel, passcode harus diatur. Kamu harus memasukkannya jika:

  • Sejak penghapusan kunci terakhir, lebih dari 48 jam telah berlalu.
  • IPhone X baru saja dinyalakan atau di-boot ulang.
  • Lima kali percobaan gagal dilakukan untuk membuka kunci menggunakan Face ID.
  • Face ID diblokir melalui layanan "Find My iPhone".

Mari kita perhatikan, bahwa dalam rencana ini tidak ada yang baru. Semua momen penggunaannya sama dengan Touch ID.

Berapa biaya untuk memperbaiki kamera TrueDepth?

Apple telah bahkan tidak mengatakan perkiraan biaya perbaikan sistem kamera TrueDepth, tetapi menekankan bahwa radiator inframerah dapat rusak selama perbaikan atau pembongkaran iPhone X. Pada saat yang sama pihak perusahaan sangat menyarankan bagi para pemilik iPhone X jika terjadi kasus kerusakan untuk menghubungi Apple Store terdekat atau pusat layanan resmi nya.

Seperti halnya dengan pemindai sidik jari Touch ID, dalam sistem kamera TrueDepth dibangun komponen khusus untuk mendeteksi modifikasi yang tidak sah. Ini berarti bahwa jika TrueDepth bisa mendeteksi komponen original, dan sistem kamera akan dinonaktifkan, dan fungsi Face ID akan berhenti berfungsi.

Bagaimana cara menonaktifkan face ID dan menghapus kunci dengan memasukan passcode?

Jika kamu tidak ingin membuka kunci iPhone X menggunakan Face ID, kamu dapat menonaktifkan opsi ini. Buka aplikasi "Pengaturan""Face ID & Kode Sandi""Gunakan Face ID" dan nonaktifkan opsi "Buka Kunci iPhone".

Bagaimana cara menonaktifkan Face ID sepenuhnya?

Fitur Face ID pada iPhone X dapat dimatikan sepenuhnya, bersama dengan menghapus data pada peta wajah kamu. Untuk melakukan ini, buka aplikasi "Pengaturan""Face ID & Kode Sandi" dan klik "Setel Ulang Face ID". Perhatikan bahwa semua data Face ID yang digunakan dihapus dan saat itu juga iPhone X akan direset sepenuhnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post