Perlu diingat bahwa sebagian besar pengguna iPhone berkomunikasi dengan pengguna iPhone lainnya dengan protokol iMessage, yang ditandai oleh gelembung pesan berwarna biru (berlawanan dengan gelembung hijau yang menandakan pesan teks/SMS). Tentu saja, terkadang iPhone tidak akan menggunakan protokol iMessages meskipun pengirimnya sesama iPhone, terutama jika penerima berada di luar area layanan atau telah menonaktifkan layanan iMessages karena alasan lain. Teknolah kali ini tidak benar-benar berfokus pada iMessage, Teknolah fokus pada protokol pesan teks standar/SMS. Meskipun demikian, tips pemecahan masalah ini juga dapat mengatasi masalah iMessages.

Mengapa iPhone aku tidak mampu mengirim pesan teks? Inilah alasannya adalah, dan masalahnya

Ada beberapa alasan mengapa iPhone mungkin tidak mengirim pesan teks SMS, seringkali itu berhubungan dengan layanan. Mari tinjau kemungkinan alasan tersebut dan kemudian mencakup beberapa langkah pemecahan masalah.

Masalah Layanan Seluler Dapat Mencegah Mengirim Pesan Teks berdasarkan iPhone.

Sebelum melanjutkan menggunakan pemecahan perkara, yuk kita bahas layanan yang paling kentara terkait alasan mengapa iPhone nir akan mengirim pesan teks:

  • IPhone tidak memiliki sinyal seluler - tidak akan ada pesan teks SMS yang dapat dikirim tanpa sinyal seluler
  • IPhone tidak memiliki layanan - jika iPhone tidak memiliki rencana layanan seluler yang aktif, maka iPhone tidak akan dapat mengirim pesan teks
  • Penerimaan seluler sangat buruk sehingga iPhone tidak dapat mengirim pesan teks - jika layanan buruk (dan melihat tanda 1 bar atau 1 titik atau "Searching ..." dan titik), telepon kemungkinan tidak akan dapat mengirim atau menerima pesan teks
  • Nomor seluler yang kamu pakai terputus - ini sering menjadi masalah jika penerima baru-baru ini mengubah nomor telepon atau kami memiliki beberapa nomor kontak untuk orang yang sama, jadi pastikan kamu menangani nomor telepon yang tepat.
  • AirPlane Mode diaktifkan, sehingga melumpuhkan kemampuan untuk mengirim pesan dan pesan teks - Matikan AirPlane Mode ke off akan memperbaiki masalah spesifik ini dengan cepat, kamu bisa mengakses Airplane Mode melalui control center.

Ini sangat jelas ketika pesan teks tidak terkirim (atau pula iMessage), engkau akan melihat indikasi seru berwarna merah mini ! Di sebelah pesan, umumnya dengan pesan 'nir terkirim'.

Apabila terdapat masalah yg terkait dengan layanan ini, engkau perlu mendapatkan kembali frekuwensi seluler yang lebih kuat dengan iPhone, atau mengaktifkan pulang paket layanan seluler apabila terdapat, atau memastikan bahwa hubungan yang sedang dikirim benar. Jika sambungan seluler atau layanan nir sebagai kasus, lanjutkan menggunakan teknik pemecahan perkara untuk memperbaiki transmisi SMS dari iPhone.

Restart atau Reboot iPhone

Sering kali reboot iPhone cukup untuk memperbaiki masalah seperti ini. Cukup tahan tombol Power dan tombol Home sampai logo Apple muncul di layar. Saat iPhone kembali menyala, coba kirim kembali pesan teksnya.

Pastikan Pengiriman SMS tertentu Diaktifkan dalam iPhone

Sebagian besar pengguna iPhone mengaktifkan iMessage, namun beberapa mungkin secara tidak sengaja (atau sengaja) mematikan dukungan SMS.

  1. Buka aplikasi Settings dan buka "Messages"
  2. Cari slider untuk "Send as SMS" dan balikkan ini ke posisi ON/hijau (jika dikirim sebagai SMS sudah aktif, coba matikan selama sekitar 10 detik dan kemudian hidupkan kembali)
  3. Kembali ke aplikasi Messages dan coba kirim kembali pesan teks

apabila pengiriman SMS dinonaktifkan, hanya iMessages yang akan dikirim, yg berarti tidak terdapat pengguna telepon Android atau Windows yg dapat dihubungi, & siapa pun tanpa iMessage diaktifkan jua nir bisa dijangkau melalui teks.

Reset Pengaturan Jaringan

Reset pengaturan jaringan bisa menjadi perbaikan jika kamu kehilangan kata kunci dan DNS khusus wi-fi, namun ini juga bisa menjadi solusi penyembuhan semua masalah umum network dengan iPhone, termasuk ketidakmampuan untuk mengirim pesan. Inilah yang harus dilakukan:

  1. Buka aplikasi Settings dan buka "General"
  2. Pilih "Reset" dan kemudian pilih "Reset Network Settings"
  3. Konfirmasikan untuk me-reset pengaturan network, ini akan reboot iPhone

Ketika iPhone pulang booting lagi, seluruh data & pengaturan jaringan dibuang & engkau wajib bergabung pulang menggunakan jaringan, tetapi pada sisi positifnya, biasanya akan memperbaiki kasus jaringan yg aneh. Kembali ke pelaksanaan Pesan dalam saat ini dan coba kirim pesan teks, itu harus bekerja menggunakan baik.

Hapus & Buat Ulang Pesan Baru

Terkadang hanya menghapus thread pesan dan membuat ulang pesan baru sudah cukup untuk mengatasi kegagalan pengiriman pesan. Mengapa ini bekerja? Ayo tebak.. silahkan dicoba!

  1. Buka aplikasi Messages di iPhone dan gesek ke kiri pada pesan yang akan dihapus
  2. Pilih "Delete", lalu tekan tombol pesan baru dan buat thread pesan baru ke penerima, kirim seperti biasa

Solusi Lain untuk Masalah Mengirim Pesan Teks & Pengiriman iMessage

  • Jika masalah pengiriman sedang terjadi dan kamu melihat bahwa iMessage terjebak pada 'Waiting for activation', kamu dapat memperbaikinya dengan petunjuk ini, dan dengan cara yang sama, kamu dapat mengatasi kesalahan aktivasi pesan dengan petunjuk ini.
  • Jika kamu menduga kesalahan tersebut tidak berakhir atau penerima berakhir, kamu dapat memeriksa apakah server Apple seperti iMessage dan iCloud berada di halaman status yang ditentukan di Apple.com.
  • Terkadang memaksa berhenti dari aplikasi Messages dapat mengatasi ketidakmampuan untuk mengirim pesan dari semua jenis
  • Jika penerimanya baru saja meninggalkan iPhone dan pergi ke Android, mereka mungkin perlu melepaskan nomor telepon dari iMessage

Apakah kamu mempunyai trik lain untuk mengatasi ketidakmampuan mengirim pesan teks? Beri tahu kami di komentarnya!

Post a Comment

Previous Post Next Post