Mungkin kekhawatiran yang paling mendesak ketika datang ke keamanan iPhone nir dalam hal elektro, tapi fisik: pencurian. Perangkat Apple adalah sasaran yang menarik bagi pencuri dan paling acapkali dicuri.

Meskipun pencurian merupakan perhatian utama, bukan berarti itu satu-satunya aspek keamanan iPhone yang harus kamu pedulikan. Berikut merupakan beberapa tips yg wajib diikuti setiap pengguna iPhone & iPod touch:

Mencegah Pencurian

Dengan pencurian sebagai ancaman keamanan terbesar bagi pengguna iPhone, kamu perlu mengambil langkah untuk menjaga agar iPhone tetap aman dan memastikannya tetap berada di tangan kamu. Coba kiat anti-pencurian ini:

  • Lakukan hal yang sudah jelas: Jaga iPhone kamu tetap dekat dengan kamu, jangan meninggalkannya tanpa pengawasan.
  • Waspadai Lingkungan kamu: Jangan terlalu fokus ke layar iPhone kamu saat berada di tempat umum, karena ini bisa menjadikan kamu mangsa yang empuk untuk pencuri. Waspada dan sadar akan lingkungan kamu, dan siapa yang ada di sekitar kamu, ketika kamu sedang menggunakan iPhone.

Mengatur Passcode

Jika iPhone kamu dicuri, sebaiknya kamu memastikan bahwa si pencuri tidak dapat mengakses data kamu. Salah satu cara terbaik dan termudah adalah fitur built-in Passcode iPhone kamu. Pelajari lebih lanjut tentang passcode , termasuk cara mengaturnya dan apa yang bisa dikontrolnya. Kamu dapat mengatur passcode setelah dicuri menggunakan Find My iPhone (lebih dari itu dalam satu menit), tapi lebih baik untuk menerapkan kebiasaan keamanan yang baik sebelumnya.

Gunakan Touch ID

Jika perangkat kamu menggunakan pemindai sidik jari Apple Touch ID (seperti pada tulisan ini, itu berarti seri iPhone 8, seri 7, seri 6 dan iPhone 6S, SE, dan 5S, serta kedua seri iPad Pro, iPad Air 2 dan iPad mini 3 dan 4 ), kamu harus menggunakannya. Hal yang sama juga berlaku untuk Face ID pada iPhone X. Setelah memindai sidik jari kamu dan wajah kamu untuk membuka kunci perangkat kamu keamanan jauh lebih kuat daripada passcode empat digit yang bisa saja kamu lupa atau yang bisa ditebak oleh komputer dengan cukup waktu.

Aktifkan Find My iPhone

Jika iPhone kamu tidak dicuri, Find My iPhone mungkin cara kamu mendapatkannya kembali. Fitur gratis iCloud ini menggunakan GPS built-in ponsel untuk menentukan lokasinya di peta sehingga kamu (atau, jauh lebih aman dan lebih baik, polisi) dapat melacaknya ke lokasi saat ini. Ini adalah alat yang hebat untuk menemukan perangkat yang hilang juga. Inilah yang perlu kamu ketahui saat menemukan Find My iPhone:

  • Cara Mengatur Find My iPhone
  • Menggunakan Find My iPhone untuk Menemukan iPhone yang Hilang atau Dicuri
  • Mengapa Find My iPhone Tidak Berfungsi?

Kontrol Pengaturan Privasi Kamu

Mengontrol keamanan data pribadi kamu sama pentingnya dengan keamanan fisik perangkat kamu. Hari-hari ini, ada banyak sekali ancaman ke data kamu daripada sebelumnya, termasuk dari aplikasi yang terpasang di ponsel kamu. Untungnya, iOS memiliki kontrol privasi yang kuat dan terintegrasi.

Apakah iPhone Perlu Software Antivirus?

Software antivirus merupakan bagian inti dari cara kita mengamankan PC desktop dan laptop, namun kita jarang sekali mendengar iPhone yang terkena virus. Tapi, apakah itu berarti aman untuk tidak menggunakan antivirus di iPhone? Jawabannya, saat ini, adalah kamu tidak membutuhkannya.

Jangan Jailbreak Ponsel Kamu

Banyak orang menganjurkan jailbreak ponsel kamu karena memungkinkan kamu untuk menyesuaikan smartphone kamu dengan cara yang tidak disetujui oleh Apple dan menginstal aplikasi yang telah ditolak untuk dimasukkan ke App Store resmi. Tapi jika kamu ingin iPhone kamu seaman mungkin, jauhi jailbreak.

Apple sudah merancang iOS ? Sistem operasi yg berjalan pada iPhone ? Menggunakan keamanan, jadi iPhone tidak terkena virus, malware, atau ancaman keamanan berbasis perangkat lunak lainnya yg generik terjadi dalam PC & ponsel Android.

Kecuali buat ponsel jailbreak. Satu-satunya virus yang menyerang iPhone telah menargetkan perangkat jailbreak, contohnya. Jadi, iming-iming jailbreak mungkin bertenaga, akan tetapi jika keamanannya menjadi terbuka, jangan lakukan itu.

Encrypt Backup

Jika kamu menyinkronkan iPhone dengan komputer kamu, data dari ponsel kamu juga tersimpan di desktop atau laptop kamu. Itu berarti data tersebut berpotensi diakses oleh orang yang bisa masuk ke komputer kamu. Amankan data itu dengan mengenkripsi backup tersebut. Ini mencegah seseorang yang tidak mengetahui password kamu untuk mendapatkan akses ke data kamu dengan menggunakan komputer kamu.

Lakukan ini di iTunes saat engkau menyinkronkan iPhone atau iPod touch engkau .

Pada halaman utama sync, di bagian Options di bawah gambar perangkat kamu, kamu akan melihat kotak untuk di centang yang disebut Encrypt iPhone backup atau Encrypt iPod backup.

Centang kotak itu & atur password buat backup. Sekarang, bila engkau ingin mengembalikan dari backup itu, kamu wajib mengetahui password-nya. Apabila tidak, tidak akan hingga pada data itu.

Opsional: Aplikasi Keamanan

Tidak banyak aplikasi yang akan meningkatkan keamanan iPod touch atau iPhone kamu sekarang — meski itu mungkin akan berubah di masa mendatang.

Seiring keamanan iPhone sebagai perkara yg lebih akbar, akhir-akhir ini kita seringkali melihat hal-hal misalnya klien VPN buat iPhone atau iPod touch. Jika kamu melihat mereka, bersikaplah skeptis. Desain Apple buat iOS sangat tidak selaras dari, katakanlah, Microsoft buat Windows dan ini jauh lebih kondusif. Keamanan tidak mungkin sebagai perkara akbar pada iOS seperti pada OS lainnya. Lantaran itu, kamu bisa selalu belajar lebih banyak mengenai melindungi privasi digital engkau & mencegah di mata-matai pemerintah ? Tidak ada salahnya mengetahui sebesar yg kamu sanggup.

Penting juga buat dicatat bahwa beberapa indera yg tersedia pada App Store yg tampaknya melakukan fungsi keamanan tugas berat ? Seperti sidik jari atau pemindaian mata ? Nir benar-sahih melakukan tes tersebut. Sebagai gantinya, mereka memakai protokol keamanan lain yg mereka sembunyikan menggunakan tampil melakukan pemindaian tersebut. Sebelum membeli pelaksanaan keamanan di App Store, pastikan kamu membaca dengan kentara deskripsi mengenai aplikasi tadi.

Post a Comment

Previous Post Next Post