√ Penipisan Lapisan Ozon (Ozon Deplation) - Biaya Pendidikan

Penipisan Lapisan Ozon (Ozon Deplation)

Lapisan ozon adalah suatu lapisan tipis yg banyak mengan dung gas ozon (O3) yang terdapat pada bagian stratosfer yg berfungsi antara lain menyerap (absorption) & memantulkan (reflection) radiasi sinar ultraviolet (UV) menurut surya sehingga sinar yg sampai ke bagian atas bumi tidak berlebihan.

Akibat dari meningkatnya kegiatan manusia di berbagai negara di dunia, eksistensi lapisan ozon tersebut sebagai semakin menipis bahkan di beberapa lokasi terutama kutub utara & selatan bumi dalam keadaan berlubang. Aktivitas insan yg berperan pada penipisan lapisan ozon, diantaranya kegiatan insan pada bidang industri. Industri banyak mengemisikan CFC dari limbah pabrik berupa gas berdasarkan pabrik, refrigrator, AC (Air Conditioner), dan aerosol. Akibat dari menipisnya lapisan ozon pada atmosfer bumi, membawa konsekuensi, sebagai berikut.

  1. Perubahan iklim global, hal ini disebabkan sinar matahari yang mengarah ke bumi biasanya sebagian besar dipantulkan kembali ke jagat raya dan sebagian diserap oleh atmosfer bumi serta sebagian  kecil lainnya sampai ke permukaan bumi. Akibat dari menipisnya lapisan ozon yang merupakan bagian dari atmosfer bumi, sinar matahari dapat secara langsung sampai ke permukaan bumi tanpa melalui adanya proses pemantulan (refleksi) dan penyerapan (absorpsi). Akibatnya, suhu udara di bumi akan lebih cepat panas dan pada akhirnya akan mengakibatkan terjadinya perubahan iklim di bumi secara global.
  2. Bahaya terhadap kelangsungan makhluk hidup di bumi, hal ini disebabkan radiasi sinar matahari terutama ultraviolet yang sampai ke permukaan bumi dapat mencapai jumlah yang sangat berlebihan. Hal ini dapat menimbulkan berbagai akibat, seperti timbulnya penyakit kanker kulit, katarak, proses penuaan kulit menjadi lebih cepat, dan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Selain itu radiasi ultraviolet yang berlebihan dapat pula mengakibatkan terganggunya fotosintesis pada tumbuhan di darat maupun di laut sehingga rantai makanan menjadi terganggu dan mengalami ketidakseimbangan.

Subscribe to receive free email updates:

Get notifications from this blog