Agar semua perangkat tetap sinkron, kamu harus menggunakan salah satu fitur iCloud yang paling berguna: Automatic Download. Seperti namanya, secara otomatis mendownload lagu, aplikasi, atau buku yang kamu beli di iTunes ke semua perangkat yang kompatibel yang mengaktifkan fitur ini.

Dengan Automatic Download, engkau tidak akan pernah lagi penasaran apakah kamu sudah memasukkan lagu yang sempurna pada iPhone untuk didengarkan waktu engkau sedang mengemudikan kendaraan beroda empat.

CATATAN: Kamu harus menerapkan pengaturan ini ke setiap perangkat yang ingin kamu download kontennya secara otomatis. Ini bukan pengaturan universal yang otomatis berubah dengan melakukannya sekali.

Mengaktifkan Automatic Download di iOS

Mengkonfigurasi Automatic Download pada iPhone atau iPod touch sangat simpel. Ikuti saja langkah-langkah ini:

  1. Mulailah dengan mengetuk aplikasi Settings
  2. Gulir ke menu iTunes & App Store dan ketuk
  3. Di sinilah kamu bisa mengelola pengaturan Automatic Downloads kamu. Kamu dapat mengontrol Music, Apps, Books & Audiobooks (jika kamu menginstal iBooks, yang sekarang sudah terpasang dengan iOS 8 dan yang lebih tinggi).

Kamu juga dapat menentukan apakah update aplikasi baru akan otomatis didownload juga, yang akan menghemat kamu untuk memperbaruinya secara manual melalui aplikasi App Store.

Untuk jenis media apa pun, kamu ingin iCloud mendownload secara otomatis ke perangkat kamu, gerakkan slider yang sesuai ke On/hijau.

4. Pada iPhone, kamu juga akan memiliki slider Use Cellular Data (hanya di Celluler pada iOS 6 dan sebelumnya). Geser ini ke On/hijau jika kamu ingin agar Automatic Downloads kamu dikirim melalui jaringan telepon seluler 3G / 4G LTE, bukan hanya Wi-Fi.

Ini berarti kamu akan mendownloadnya lebih cepat, tapi juga akan menggunakan masa pakai baterai atau bisa dikenakan biaya roaming data. Download seluler hanya bekerja dengan file berukuran 100 MB atau kurang.

Untuk mematikan Automatic Download, cukup pindahkan salah satu slider ke posisi off/putih.

Mengaktifkan Automatic Download di iTunes

Fitur Automatic Download iCoud tidak terbatas pada iOS. Kamu juga dapat menggunakannya untuk memastikan semua pembelian iTunes dan App Store kamu didownload ke pustaka iTunes komputer kamu juga. Untuk mengaktifkan Automatic Download di iTunes, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Jalankan iTunes
  2. Buka jendela Preferences (Pada Windows, masuk ke menu Edit dan klik Preferences; Pada Mac, masuk ke menu iTunes dan klik Preferences)
  3. Klik tab Store
  4. Bagian pertama tab ini adalah Automatic Downloads. Centang kotak di samping jenis media-musik, acara TV, film atau aplikasi-yang ingin kamu download secara otomatis ke pustaka iTunes kamu.
  5. Bila kamu telah membuat pilihan kamu, klik tombol OK untuk menyimpan pengaturan kamu.

Dengan pengaturan ini sesuai dengan spesifikasi kamu, pembelian baru di iTunes Store dan App Store akan didownload secara otomatis ke perangkat kamu setelah file baru selesai didownload ke perangkat yang kamu beli.

Untuk mematikan Automatic Download, hapus centang pada kotak di samping jenis media dan klik OK.

Mengaktifkan Automatic Download di iBooks

Seperti di iOS, aplikasi iBooks desktop milik Apple telah terinstal dengan macos. Untuk memastikan semua Mac kamu mendownload iBooks yang dibeli secara otomatis pada perangkat apa pun, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Luncurkan program iBooks di Mac kamu
  2. Klik menu iBooks
  3. Klik Preferences
  4. Klik Store
  5. Klik Download pembelian baru secara otomatis.

Mengaktifkan Automatic Download di Mac App Store

Sama seperti kamu dapat secara otomatis mendownload semua pembelian Toko IOS ke semua perangkat yang kompatibel, kamu dapat melakukan hal yang sama dengan pembelian dari Mac App Store dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik menu Apple di pojok kiri atas layar
  2. Klik System Preferences
  3. Klik App Store
  4. Centang kotak di sebelah Download aplikasi yang dibeli secara otomatis di Mac lain.

Automatic Downloads dan Family Sharing

Family Sharing adalah fitur yang memungkinkan semua orang dalam satu keluarga berbagi pembelian iTunes dan App Store mereka satu sama lain tanpa harus membayar keduanya untuk kedua kalinya. Ini adalah cara hebat bagi orang tua untuk membeli musik dan membiarkan anak-anak mereka mendengarkannya dengan satu harga, atau untuk anak-anak berbagi aplikasi favorit mereka dengan orang tua mereka.

Family Sharing bekerja dengan menghubungkan Apple ID bersama-sama. Jika kamu menggunakan Family Sharing, kamu mungkin bertanya-tanya apakah mengaktifkan Automatic Download berarti kamu akan mendapatkan semua pembelian dari semua orang di keluarga kamu secara otomatis di perangkat kami (yang mungkin merepotkan).

Jawabannya adalah tidak. Family Sharing memberi kamu akses ke pembelian mereka, Automatic Download hanya bekerja dengan pembelian yang dilakukan dari Apple ID kamu.

Post a Comment

Previous Post Next Post