FaceTime Video

Fungsi inti FaceTime adalah membiarkan kamu melakukan panggilan video ke pengguna FaceTime lainnya. FaceTime menggunakan kamera digital yang menghadap pengguna pada perangkat yang kompatibel untuk menampilkan pemanggil ke penerima panggilan, dan sebaliknya.

Panggilan dapat dilakukan antara perangkat yang kompatibel dengan FaceTime, yaitu dari iPhone 8 keiPhone X, dari Mac ke iPhone, atau dari iPad ke iPod touch.

Selama bertahun-tahun, FaceTime hanya mendukung panggilan video langsung, orang-ke-orang, tetapi pada iOS 12.1, sekarang mendukung panggilan video grup. Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat Cara FaceTime Group.

FaceTime Audio

Pada tahun 2013, iOS 7 menambahkan dukungan untuk FaceTime Audio. Ini memungkinkan kamu membuat audio-only call atau panggilan audio saja menggunakan platform FaceTime. Dengan panggilan ini, kamu juga tidak akan dikenakan tarif nelpon normal per menit yang diberikan berdasarkan operator telepon kamu. Namun, panggilan ini tetap menggunakan data sehingga dihitung berdasarkan batas data bulanan kamu.

Persyaratan FaceTime

  • Di iOS: iOS 4 atau lebih tinggi, perangkat yang didukung
  • Di Mac: Mac OS X 10.6.6 atau lebih tinggi, kamera yang kompatibel, aplikasi FaceTime (sudah ada di kebanyakan Mac, dan tersedia seharga US $ 0,99 di Mac App Store untuk aplikasi yang tidak dimuatkan sebelumnya).

Kompatibilitas FaceTime

FaceTime bekerja pada perangkat berikut:

  • IPhone 4 dan lebih tinggi
  • IPod touch generasi ke 4 dan yang lebih tinggi
  • iPad 2 dan lebih tinggi
  • Mac dengan kamera

FaceTime tidak berfungsi pada perangkat Apple yang lebih lama. Pelajari lebih lanjut di Bisakah iPhone 3GS & iPhone 3G Menjalankan FaceTime?

Sejarah FaceTime

Saat diperkenalkan pada bulan Juni 2010, FaceTime hanya mengerjakan iOS 4 yang berjalan di iPhone 4. Dukungan untuk iPod touch ditambahkan pada musim gugur tahun 2010.

Dukungan untuk Mac ditambahkan pada bulan Februari 2010. Dukungan untuk iPad ditambahkan pada bulan Maret 2011, dimulai dengan iPad 2.

Awalnya, FaceTime hanya bekerja pada Wi-Fi, bukan di jaringan seluler. Keterbatasan layanan ini diberlakukan oleh operator telepon karena kekhawatiran mereka bahwa panggilan video memerlukan terlalu banyak bandwidth dan akan menghasilkan kinerja yang lambat dan tagihan data yang tinggi.

Dengan diperkenalkannya iOS 6 pada tahun 2012, pembatasan tersebut telah dihapus. Panggilan FaceTime sekarang bisa ditempatkan di jaringan 3G dan 4G.

FaceTime di Perangkat Non-Apple

FaceTime bisa dibilang aplikasi eksklusif Apple dan karenanya hanya berjalan pada perangkat Apple. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang ini, dan tentang opsi obrolan video yang tersedia di platform lain, lihat Bisakah Kamu Menggunakan FaceTime di Windows? dan Bisakah Kamu Download FaceTime Untuk Android?

Cara Melakukan Panggilan FaceTime

Kamu dapat melakukan panggilan video atau audio-only dengan FaceTime.

Panggilan Video: Untuk melakukan panggilan FaceTime, pastikan bahwa aplikasi sudah diaktifkan di perangkat kamu dengan masuk ke Settings> FaceTime. Jika slider berwarna abu-abu, ketuk untuk mengaktifkannya (ini akan berubah menjadi hijau).

Kamu dapat melakukan panggilan video FaceTime dengan membuka aplikasi FaceTime dan mencari kontak menggunakan nama, alamat email, atau nomor telepon. Ketuk kontak untuk memulai panggilan video dengan mereka.

Panggilan Audio-Only: Buka aplikasi FaceTime. Di bagian atas layar aplikasi, ketuk Audio sehingga disorot dengan warna biru. Cari kontak, lalu ketuk namanya untuk memulai panggilan audio saja melalui FaceTime.

Untuk petunjuk langkah demi langkah tentang cara menggunakan FaceTime, lihat Cara Menggunakan FaceTime di Perangkat iOS Apa Saja.

Mengalami kesulitan membuat FaceTime berfungsi dengan benar? Dapatkan tips untuk memperbaikinya di Mengapa FaceTime Tidak Bisa Digunakan Saat Saya Melakukan Panggilan?

Post a Comment

Previous Post Next Post