Jadi, apa itu M4A?

Sebuah file dengan ekstensi M4A merupakan file MPEG-4 Audio. Ya, file ini paling sering ditemukan di Apple iTunes Store sebagai format download lagu.

Banyak file M4A dikodekan dengan codec Advanced Audio Coding (AAC) untuk mengurangi ukuran file. Beberapa file M4A mungkin menggunakan Apple Lossless Audio Codec (ALAC).

Meski begitu, jika kamu tak jarang mendownload lagu via iTunes Store yg dilindungi salinannya, itu malah disimpan dengan perluasan arsip M4P.

Catatan: File M4A mirip dengan file MPEG-4 video (MP4) karena keduanya menggunakan format wadah MPEG-4. Namun, file M4A hanya bisa menampung data audio.

Cara Membuka File M4A

Lantas, bagaimana cara membuka file M4A? Banyak program mendukung pemutaran file M4A, termasuk iTunes, QuickTime, Windows Media Player (v11 memerlukan K-Lite Codec Pack), VLC, Media Player Classic, Winamp, dan sangat mungkin beberapa aplikasi media player populer lainnya juga.

Tablet dan ponsel Android, plus Apple iPhone, iPad, & iPod touch, berfungsi menjadi M4A player, pula, dan bisa membuka arsip audio langsung menurut email atau situs web tanpa perlu pelaksanaan spesifik, terlepas menurut apakah file tersebut memakai AAC atau nir. ALAC. Perangkat mobile lain mungkin memiliki dukungan asli buat M4A player pula.

Rhythmbox adalah M4A player lainnya buat Linux, sementara pengguna Mac dapat membuka file M4A denganElmedia Player.

Catatan: Karena format MPEG-4 digunakan untuk file M4A dan MP4, pemutar video mana pun yang mendukung pemutaran satu file juga dapat memutar yang lainnnya karena keduanya adalah format file yang sama persis.

Cara Convert File M4A

Meskipun file M4A mungkin merupakan jenis file yang umum, mereka tentu tidak mengalahkan format MP3, itulah mengapa kamu mungkin ingin convert M4A ke MP3.

Kamu dapat membuat MP3 dari file M4A menggunakan iTunes, yang sangat membantu jika lagu tersebut sudah ada di perpustakaan iTunes kamu. Pilihan lainnya adalah convert file M4A dengan file converter gratis.

Beberapa konverter arsip M4A perdeo yang dapat membarui format sebagai nir hanya MP3 tapi yg lainnya seperti WAV, M4R, WMA, AIFF, dan AC3, termasuk Switch Sound File Converter, Freemake Audio Converter, & MediaHuman Audio Converter.

Untuk convert M4A ke MP3 dengan iTunes, kamu harus mengubah pengaturan impor iTunes dan kemudian menggunakan opsi menu Convert untuk membuat salinan MP3.

  1. Selanjutnya klik Edit > Preferences... > General.
  2. Klik Import Settings.
  3. Pilih MP3 Encoder dari menu drop-down.
  4. Klik OK dan kemudian OK lagi pada jendela General Preferences.
  5. Pilih file M4A dari pustaka kamu yang ingin kamu convert.
  6. Pergi ke File > Convert > Create MP3 Version
    • Catatan: iTunes tidak menghapus M4A saat kamu convert ke MP3. Keduanya akan tetap ada di perpustakaan iTunes kamu.

Beberapa file converter M4A gratis yang dapatconvert format menjadi tidak hanya MP3 tetapi yang lain seperti WAV, M4R, WMA, AIFF, dan AC3, termasuk Switch Sound File Converter, Freemake Audio Converter, dan MediaHuman Audio Converter.

Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah convert file M4A menjadi MP3 secara online menggunakan converter seperti FileZigZag atau Zamzar. Caranya, upload file M4A ke salah satu situs web tersebut dan kamu akan diberi banyak pilihan format output selain MP3, termasuk FLAC, M4R, WAV, OPUS, dan OGG, antara lain.

Kamu juga bisa "convert" file M4A menjadi teks dengan menggunakan perangkat lunak pengenalan suara seperti Dragon. Program seperti ini bisa mentranskripsikan kata-kata yang diucapkan langsung ke dalam teks, dan Dragon merupakan salah satu contoh yang bahkan bisa melakukannya dengan file audio. Namun, kamu harus terlebih dahulu mengubah file M4A menjadi MP3 menggunakan salah satu converter yang baru saja disebutkan di atas.

Informasi Lebih Lanjut tentang File M4A

Beberapa file audiobook dan podcast menggunakan ekstensi file M4A, akan tetapi karena format ini tidak mendukung bookmark untuk menyimpan tempat terakhir kamu yang diakses dalam file, umumnya disimpan dalam format M4B, yang dapat menyimpan informasi ini.

Format Audio MPEG-4 digunakan sang Apple iPhone dalam bentuk ringtone, tetapi mereka disimpan dengan perluasan arsip M4R bukan M4A.

Dibandingkan dengan MP3, file M4A biasanya lebih kecil dan memiliki kualitas yang lebih baik. Hal ini karena penyempurnaan dalam format M4A yang dimaksudkan untuk menggantikan MP3, seperti kompresi perception-based, ukuran blok yang lebih besar dalam sinyal stasioner, dan ukuran blok sampel yang lebih kecil.

Nah, setelah membaca artikel ini kamu jadi makin tau kan cara membuka, edit, dan convert file M4A?

Post a Comment

Previous Post Next Post