File Custom iTunes Ringtone dalam format M4R sebenarnya adalah file .M4A yang telah diganti namanya menjadi .M4R. Ekstensi file berbeda hanya untuk membedakan tujuan mereka.

Cara Membuka File M4R

File M4R bisa dibuka dengan program Apple iTunes. File M4R yang tidak dilindungi oleh salinan bisa dibuka menggunakan perangkat lunak VLC gratis dan mungkin beberapa pemutar media lainnya.

Jika engkau ingin mendengarkan ringtone M4R menggunakan acara yang berbeda, cobalah mengganti nama perluasan .M4R menjadi .MP3 sebelum kamu membukanya. Sebagian besar pemutar media mengenali format MP3 namun mereka mungkin tidak mendukung memuat file yang memiliki perluasan .M4R.

Catatan: Beberapa file memiliki ekstensi file yang mirip dengan .M4R tetapi itu bukan berarti bahwa format tersebut terkait. Misalnya, M4E adalah file video, M4Us adalah file playlist, dan M4s adalah file teks Macro Processor Library. Jika kamu tidak bisa membuka file kamu sebagai file audio, periksa kembali apakah kamu membaca ekstensi file dengan benar.

Cara Convert File M4R

Kamu mungkin tidak ingin convert file M4R ke format lain, melainkan untuk convert file seperti MP3 ke format M4R sehingga kamu dapat menggunakan file tersebut sebagai ringtone. Kamu bisa melakukannya dengan bantuan iTunes dengan mengikuti langkah-langkah di Switching to Mac.

Di panduan tersebut, kamu akan belajar convert file M4A atau MP3 dari iTunes library kamu ke M4R, dan kemudian kembali mengimpor file hasil convertke iTunes dan menyalin lagi file hasil convert itu dari iTunes ke iPhone kamu dengan cara sinkronisasi.

Catatan: Tidak setiap lagu yang diunduh melalui iTunes bisa digunakan sebagai ringtone; hanya yang ditandai secara khusus sebagai pendukung format.

Ada beberapa program perangkat lunak audio converter gratis yang dapat melakukan convert ke dan dari format M4R. FileZigZag dan Zamzar adalah dua contoh dari pengonversi M4R online yang dapat menyimpan file ke format seperti MP3, M4A, WAV, AAC, OGG, dan WMA.

Post a Comment

Previous Post Next Post