Windows Update pula bisa digunakan buat mengupdate driver untuk hardware terkenal.

Patch dan update keamanan lainnya secara rutin dilepaskan melalui Windows Update pada hari Selasa kedua setiap bulan—ini disebut Patch Tuesday. Namun, Microsoft juga merilis update pada hari-hari lain, seperti untuk perbaikan mendesak.

Digunakan buat Apa Windows Update?

Windows Updatedigunakan untuk menjaga agar Microsoft Windows dan beberapa program Microsoft lainnya diperbarui.

Update seringkali menyertakan peningkatan fitur & update keamanan buat melindungi Windows berdasarkan malware dan serangan berbahaya.

Kamu juga dapat menggunakan Windows Update untuk mengakses update history yang menunjukkan semua update yang telah diinstal ke komputer melalui layanan Windows Update.

Cara Mengakses Windows Update

Cara untuk mengakses Windows Update bergantung pada sistem operasi Windows yang kamu gunakan:

  • Windows 10: Windows Update adalah fiturbuilt-in dan bagian dari System Settings, tersedia dari Start Menu.
  • Windows 8, Windows 7, dan Windows Vista: Windows Update terintegrasi sebagai applet Control Panel dan dapat diakses dari dalam Control Panel. Windows Update juga dapat diakses di versi Windows tersebut dengan menjalankan perintah control /name Microsoft.WindowsUpdate dari kotak dialog Run (Windows Key + R).
  • Windows XP, 2000, ME, 98: Windows Update dapat diakses melalui situs Windows Update melalui Internet Explorer.

Lihat Cara Cek & Install Update Windows jika kamu memerlukan petunjuk yang lebih spesifik.

Cara Menggunakan Windows Update

Buka Control Panel applet Windows Update (atau arahkan ke situs web Windows Update di versi Windows yang lebih tua).

List update yang tersedia, yang disesuaikan dengan komputer spesifik kamu, akan ditampilkan.

Pilih pembaruan yang ingin kamu install dan ikuti instruksi yang diberikan untuk mendownload dan menginstal pembaruan. Sebagian besar seluruh proses otomatis dan mungkin memerlukan beberapa tindakan dari kamu, atau kamu akan diminta untuk restart komputer setelah pembaruan selesai diinstal.

Lihat Cara Mengubah Pengaturan Windows Update untuk membantu menyesuaikan bagaimana Windows Update mendownload dan menginstal pembaruan di komputer kamu.

Catatan: Pilihan untuk menginstal pembaruan yang paling penting secara otomatis tersedia di Windows Update yang dimulai pada Windows ME.

Ketersediaan Windows Update

Semua sistem operasi Windows sejak Windows 98 mampu menggunakan Windows Update. Ini termasuk Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP yang populer.

Catatan: Windows Update tidak memperbarui sebagian besar software non-Microsoft Anda yang lain. Kamu harus memperbarui program itu sendiri atau menggunakan program software updater gratis untuk melakukannya.

Versi Lama Windows Update

Critical Update Notification tool (yang kemudian diganti namanya menjadi Critical Update Notification Utility) adalah alat yang diluncurkan Microsoft sekitar waktu Windows 98. Ini berjalan di latar belakang dan memberi tahu pengguna saat pembaruan penting tersedia melalui Windows Update.

Alat itu diganti dengan Automatic Updates, yang tersedia di Windows Me dan Windows 2003 SP3.Automatic Updates memungkinkan pembaruan diinstal tanpa harus melalui browser web, dan akan memeriksa pembaruan lebih jarang daripada Critical Update Notification tool.

Informasi lebih lanjut tentang Windows Update

Sejak Windows Vista, pembaruan memiliki ekstensi file .MANIFEST, .MUM, atau .CAT untuk menunjukkan file manifest, file Microsoft Update Manifest, atau file katalog keamanan.

Lihat panduan kami tentang Cara Memperbaiki Masalah yang Disebabkan oleh Windows Update jika kamu menduga bahwa patch adalah sumber pesan kesalahan atau masalah lainnya.

Ada program pihak ketiga yang dapat mendownload dan menginstal pembaruan Windows jika kamu tidak ingin menggunakan Windows Update. Beberapa contoh termasuk Windows Update Downloader (WUD), Autopatcher, dan Portable Update.

Windows Update bukan utilitas yang sama seperti Windows Store, yang digunakan untuk mendownload musik dan aplikasi.

Meski Windows Update bisa mengupdate beberapa driver perangkat, ada banyak sekali yang tidak disediakan oleh Microsoft. Diantaranyavideo card driver, driver untuk keyboard tingkat lanjut, sehingga kamu harus memperbaruinya sendiri. Salah satu cara mudah untuk mendownload dan menginstal driver tanpa menggunakan Windows Update adalah melalui alat driver updater gratis.

Post a Comment

Previous Post Next Post