Karena iTunes sudah diinstal sebelumnya, kamu biasanya tidak perlu memikirkan proses untuk menginstalnya. Tetapi, jika kamu telah menghapus iTunes, atau perlu update ke versi baru, kamu mungkin ingin mengunduh dan menginstalnya kembali. Jika kamu berada dalam situasi itu, artikel ini akan menunjukkan cara menemukan dan install iTunes di Mac, serta langkah awal apa yang harus kamu ambil setelah instalasi selesai.

Cara Install iTunes di Mac

  1. Mulailah dengan mengunjungi ke https://www.apple.com/itunes/download/. Setelah berada di situs Apple, halaman tersebut akan secara otomatis mendeteksi bahwa kamu menggunakan Mac dan menawarkan versi terbaru iTunes untuk Mac.
  2. Klik tombol Download Now untuk mulai mengunduh iTunes.
  3. Program penginstal iTunes akan diunduh ke lokasi unduhan default kamu.
  4. Ketika unduhan selesai, penginstal biasanya akan muncul secara otomatis di jendela baru. Jika ini tidak terjadi, cari file penginstal (disebut iTunes.dmg, dengan nomor versi yang disertakan; yaitu iTunes12.7.5.dmg) dan klik dua kali untuk memulai proses instalasi.
  5. Setujui persyaratan dan ketentuan. Kemudian klik tombol Install.
  6. Kamu akan diminta memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Ini adalah nama pengguna dan kata sandi yang kamu buat ketika kamu mengatur komputer kamu, bukan akun iTunes kamu (jika kamu memilikinya). Masukkan mereka dan klik OK. Komputer kamu sekarang mulai menginstal iTunes.
  7. Bilah kemajuan muncul di layar menunjukkan kepada kamu berapa banyak instalasi yang tersisa. Dalam satu menit atau lebih, suara akan berbunyi dan jendela akan melaporkan bahwa instalasi berhasil. Klik Close untuk menutup penginstal.
  8. MacOS akan menanyakan apakah kamu ingin memindahkan penginstal iTunes ke tempat sampah. Klik Move to Trash.
  9. Dengan instalasi selesai, kamu siap untuk meluncurkan iTunes dengan mengklik dua kali ikon di dock kamu atau di folder Aplikasi.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Menginstal iTunes di Mac

Setelah menginstal iTunes di Mac kamu, ada beberapa hal yang mungkin ingin kamu lakukan:

  • Masuk ke Apple ID Kamu. Jika kamu sudah memiliki Apple ID, masuklah menggunakan menu Account di iTunes. Dengan melakukan hal ini akan membuka kunci fitur yang melekat pada Apple ID kamu, seperti Apple Music, iTunes Match, dan lainnya. Jika kamu tidak memiliki Apple ID, kamu harus membuatnya! Sebab, akun ini sangat penting untuk menggunakan sebagian besar layanan Apple. Pelajari cara membuat Apple ID di sini.
  • Sync atau sinkronkan perangkat iOS kamu. Kamu mungkin ingin mengunduh musik, video, atau data lain dari komputer yang kamu instal iTunes ke iPhone, iPad, atau iPod touch. Pelajari cara sync iPhone ke iTunes di sini.

Post a Comment

Previous Post Next Post