Kabar baiknya lagi, kamu bisa membuat seluruh ringtones sesuai hasrat sendiri secara perdeo. Artikel ini akan memandu kamu melalui langkah demi langkah yang dibutuhkan buat membuat ringtone sendiri.

1. Download Aplikasi untuk Membuat Ringtone

Untuk membuat ringtones atau nada dering kamu sendiri, kamu harus:

  • Sebuah aplikasi pembuat ringtone
  • Lagu yang ingin kamu ubah menjadi nada dering ada di perpustakaan musik iPhone kamu
  • Komputer/Laptop untuk menyelaraskan ringtone yang sudah kamu buat di iPhone kamu.

Apple telah menghapus fitur pada iTunes yg memungkinkan engkau buat menciptakan ringtone menurut hampir seluruh lagu yg ada dalam perpustakaan musik kamu, jadi kini jika kamu ingin menciptakan ringtone buat iPhone engkau , kamu memerlukan sebuah pelaksanaan pihak ketiga.(Atau, kamu bisa membeli ringtone yg telah dibentuk menurut iTunes.) Berikut saran pelaksanaan pihak ketiga yang mampu kamu pakai, periksa:

  • 8 Aplikasi Pembuat Ringtones Gratis untuk iPhone
  • 9 Aplikasi Pembuat Ringtone Berbayar untuk iPhone

Setelah engkau menemukan aplikasi yg engkau inginkan & diinstal dalam iPhone engkau , lanjutkan ke langkah berikutnya.

Dua. Memilih Lagu Favorit Kamu buat Diubah Menjadi Ringtone dan Mengeditnya

Setelah kamu menginstal aplikasi pembuat ringtones atau nada dering, Langkah-langkah yang tepat sangat diperlukan untuk membuat nada dering yang berbeda untuk setiap aplikasi, namun langkah-langkah dasar untuk semua aplikasi kira-kira sama sehingga kamu bisa belajar beradaptasi langkah-langkahnya di sini.

  1. Ketuk aplikasi ringtone untuk memulai
  2. Gunakan aplikasi untuk memilih lagu yang ingin di ubah menjadi nada dering. kamu hanya dapat menggunakan lagu-lagu yang sudah ada di perpustakaan musik kamu. Akan ada tombol yang memungkinkan kamu untuk menelusuri perpustakaan musik kamu dan memilih lagu. Catatan: Kamu hampir pasti tidak akan dapat menggunakan lagu-lagu dari Apple Music. Kamu harus menggunakan lagu yang kamu peroleh dengan cara lain.
  3. Kamu mungkin bertanya apa saja jenis nada yang bisa kamu buat : nada dering, nada teks, atau nada peringatan (perbedaan adalah bahwa nada dering lebih panjang). Pilih ringtone
  4. Lagu ini akan muncul di aplikasi sebagai gelombang suara. Gunakan alat aplikasi untuk memilih bagian dari lagu yang ingin kamu jadikan sebagai nada dering. Kamu tidak dapat menggunakan seluruh lagu; ringtones panjangnya terbatas hanya 30-40 detik (tergantung pada aplikasi)
  5. Ketika kamu memilih bagian dari lagu tersebut, Kamu dapat melihat pratinjau (preview) yang akan terdengar.
  6. Beberapa aplikasi ringtone memungkinkan kamu untuk menerapkan efek ke nada kamu, seperti mengubah pitch, menambahkan reverb, dan banyak lagi. Jika aplikasi yang kamu pilih mendukung fitur ini.
  7. Setelah kamu memiliki ringtone yang kamu inginkan, jangan lupa untuk menyimpannya. Tekan tombol apapun yang ditawarkan aplikasi kamu untuk menyimpan nada.

Tiga. Menyelaraskan Ringtones iPhone yang Sudah Kamu Buat

Teknik untuk menginstal ringtones yang dibuat di aplikasi pihak ketiga sangat tanggung. Semua aplikasi ringtone harus menggunakan pendekatan ini karena Apple mengharuskan mereka untuk ditambahkan ke iPhone.

  1. Setelah membuat dan menyimpan nada dering, aplikasi kamu akan menawarkan beberapa cara untuk menambahkan nada baru ke iTunes library di komputer kamu. Dua cara yang paling umum untuk melakukan hal ini adalah:
    • E-mail. Gunakan aplikasi, untuk kirim ringtone buatan kamu sebagai lampiran email. Ketika ringtone sampai di komputer kamu, simpan lampiran tersebut dan kemudian seret ke iTunes.
    • Syncing. Menyelaraskan iPhone dan komputer seperti cara yang biasa di lakukan. Kemudian pada tab Apps, gulir ke bawah ke bagian File Sharing, pilih aplikasi yang digunakan untuk membuat nada, pilih nada, dan menambahkannya ke iTunes library kamu.
  2. Setelah ringtone ditambahkan ke iTunes library kamu, klik pada tab Tones.
  3. Pada bagian layar ini, kamu akan melihat daftar semua nada dering kamu. Centang kotak di sebelah orang yang baru saja dibuat
  4. Sinkronisasi ponsel kamu lagi untuk menambahkan ringtone baru tersebut.
  5. Dengan itu dilakukan, ringtone sudah ada pada iPhone kamu dan kamu perlu memutuskan apakah kamu ingin menggunakannya.

4. Mengatur Ringtone Default dan Menetapkan Nada Dering untuk Kontak Tertentu

Dengan ringtone yang sudah kamu buat sendiri dan juga sudah ditambahkan ke iPhone kamu, kamu hanya perlu memutuskan bagaimana kamu ingin menggunakan nada nya. Ada dua opsi utama.

Menggunakan ringtones buat semua panggilan

  1. Ketuk aplikasiSettings
  2. Tap Sounds (menu Sounds & Haptics pada beberapa model)
  3. Tap Ringtone
  4. Ketuk ringtone yang baru saja dibuat. Untuk dijadikan sebagai nada default kamu.
Menggunakan ringtone hanya untuk kontak tertentu

  1. Ketuk aplikasiPhone
  2. ketuk Contacts
  3. Cari atau telusuri kontak, kemudian ketuk nama untuk menetapkan pilihan kamu.
  4. Ketuk Edit
  5. KetukRingtone
  6. Ketuk ringtone yang baru kamu buat untuk memilihnya
  7. Tekan Done
  8. Sekarang, kamu akan mendengar ringtones atau nada dering kapan pun orang ini memanggil kamu dari salah satu nomor telepon yang telah kamu simpan untuk mereka di iPhone kamu.

Apakah artikel ini membantu kamu? Jangan ragu untuk memberi tahu kami dengan memberikan komentar di bawah.

Post a Comment

Previous Post Next Post