Sebelum kamu mulai mengutak-atik router untuk meningkatkan kecepatan sinyal Wi-Fi ke iPad kamu, ada baiknya kamu pastikan terlebih dahulu bahwa masalahnya bukan dengan iPad. Cara terbaik untuk mencari tahu di mana sumber masalahnya ialah dengan menghubungkan ke jaringan wireless dari dua perangkat yang berbeda, seperti laptop dan iPad, dari tempat yang sama di rumah kamu.

Jika laptop kamu tidak memiliki masalah koneksi tetapi iPad kamu malahstuck, router tidak menjadi masalah. Jika kedua perangkat tidak dapat terhubung, router mungkin sumber masalahnya.

Apabila perkara Wi-Fi ada pada iPad

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah me-reboot iPad kamu dengan menekan tombol Sleep/Wake di bagian atas sampai layar menampilkan pesan slide to power down. Angkat jari kamu dari tombol Sleep/Wake dan ikuti petunjuk dengan menggeser tombol. Setelah iPad gelap selama satu menit, tekan kembali tombol Sleep/Wake untuk menyalakannya kembali.

Reboot iPad biasanya memecahkan masalah Wi-Fi, tetapi jika tidak, kamu mungkin perlu me-reset informasi jaringan yang disimpan iPad kamu. Buka aplikasi Settings iPad dan ketuk Wi-Fi di panel sebelah kiri untuk menemukan jaringan Wi-Fi kamu.

Jaringan yg kamu pakai akan tercantum di permukaan layar dengan indikasi centang di sebelahnya. Apabila nir terdapat jaringan yg terdaftar, itu merupakan engkau nir terhubung ke jaringan Wi-Fi. Apabila iPad milikmu terhubung ke jaringan Wi-Fi tapi tidak terdapat koneksi, kamu bisa mencoba langkah-langkah untuk melupakan jaringan.

Cara Melupakan Jaringan di iPad

Untuk melupakan jaringan atau forget a network, ketuk tombol i yang ada didalam lingkaran tepat di sebelah kanan nama jaringan. Selanjutnya kamu akan dibawa ke layar yang menampilkan informasi Wi-Fi. Untuk melupakan jaringan, kamu harus terlebih dahulu bergabung. Jadi ketuk tombol Join dan masukan kata sandi Wi-Fi nya. Setelah terhubung, tekan ikon i lagi. Kali ini, sentuh tombol Forget This Network di bagian atas.

Setelah melupakan jaringan jangan buru-buru untuk menghubungkan lagi, reboot dulu iPad kamu. Ini untuk memastikan tidak ada yang tersimpan dalam memori sebelum kamu terhubung lagi. Saat iPad dinyalakan, kembali ke Settings, pilih jaringan Wi-Fi, dan masukkan kata sandinya.

Reset iPad

Jika masalah masih berlanjut, reset pengaturan jaringan atau lakukan reset penuh ke pengaturan pabrik untuk membersihkan masalah yang tersisa dengan iPad. Kedua opsi ini tersedia di Setting > General > Reset. Reset ke default pabrik tidak akan membuat kamu kehilangan data selama kamu mem-backup iPad milikmu terlebih dahulu.

Jika masalah Wi-Fi terdapat pada Router

Reboot router dengan mematikannya selama satu menit atau mencabutnya selama satu menit. Diperlukan waktu hingga lima menit agar router melakukan reboot dan terhubung lagi ke internet. Setelah selesai, coba hubungkan dengan iPad kamu.

Jika ini belum merampungkan kasus, gunakan pelaksanaan buat menguji kecepatan internet engkau guna mengetahui seberapa cepat itu berjalan. Jika engkau membandingkannya dengan laptop, unduh pelaksanaan Speedtest Ookla buat iPad & ujilah menggunakan versi website Speedtest di laptop.

Jika hasil tes kecepatan menerangkan koneksi cepat pada perangkat kamu, website yg kamu coba kunjungi mungkin mengalami kasus koneksi. Coba sambungkan ke website populer misalnya Google buat melihat apakah masalah kinerja permanen ada.

Pindahkan iPad lebih dekat ke router dan lihat apakah kekuatan sinyal membaik. Jika koneksi cepat dekat router tetapi lemot saat berada dikamar yang jaraknya lumayan jauh dari router, kamu mungkin perlu meningkatkan kekuatan sinyal.

Apabila kamu mempunyai kekuatan frekuwensi yg bertenaga namun kecepatan internet lambat, segera hubungi penyedia internet engkau . Masalahnya sanggup saat internet masuk ke tempat tinggal atau apartemen engkau dan bukan menggunakan router nya.

Post a Comment

Previous Post Next Post