Mengaktifkan Emoji pada iPhone

Opsi untuk mengaktifkan emoji pada iPhone kamu memang sedikit tersembunyi. Itu karena kita tidak menggunakan cara dengan hanya menggerakan slider untuk mengaktifkannya. Sebaliknya, kamu harus menambahkan pilihan seluruh keyboard baru (iOS memperlakukan emoji sebagai set karakter, seperti huruf-huruf alfabet). Secara default, iPhone atau iPod touch menggunakan layout keyboard untuk bahasa yang kamu pilih untuk perangkat kamu ketika kamu memasangnya, tapi dapat menggunakan tata letak lebih dari satu keyboard pada suatu waktu. Karena itu, kamu dapat menambahkan keyboard emoji dan memilikinya tersedia setiap saat.

Untuk mengaktifkan keyboard khusus ini pada iPhone atau iPod touch (& iPad) yang menjalankan iOS 7 & lebih tinggi:

  1. Buka aplikasi Settings
  2. Tap General
  3. Tap Keyboard
  4. Tap Keyboards
  5. Ketuk Add New Keyboard
  6. Telusuri daftar keyboard sampai kamu menemukan Emoji. Sentuh itu jika kamu telah menemukannya.

Pada layar keyboard, sekarang kamu akan melihat bahasa default dan juga Emoji. Ini berarti emoji  kamu sudah diaktifkan dan siap untuk digunakan kemudian.

Menggunakan Emoji

Setelah kamu mengaktifkan pengaturan ini, kamu dapat menggunakan emoji di hampir setiap aplikasi yang memungkinkan kamu mengetik menggunakan layar  keyboard (kamu tidak dapat menggunakannya dalam aplikasi yang tidak menggunakan keyboard atau yang menggunakan keyboard kustom mereka sendiri). Beberapa aplikasi umum yang dapat menggunakannya meliputi Messages, Note, Mail, Twitter, Facebook, BBM, Instagram, dam masih banyak lagi aplikasi pihak ketiga yang mendukung penggunaan keyboard emoji.

Saat keyboard muncul sekarang, di sebelah kiri bilah spasi (atau di kiri bawah, di bawah keyboard, pada iPhone X), kamu akan melihat kunci kecil yang terlihat seperti wajah smiley atau globe. Sentuh ikon tersebut maka akan muncul banyak pilihan emoji.

Kamu dapat menggesek panel ke kiri dan kanan untuk melihat pilihan lain. Di bagian bawah layar ada sejumlah ikon. Tekan ini untuk bergerak melalui berbagai kategori emoji di iOS, termasuk wajah tersenyum, hal-hal dari alam (bunga, bug, dll), benda sehari-hari seperti kamera, ponsel, rumah, mobil dan kendaraan lainnya, dan masih banyak simbol-simbol dan ikon-ikon menarik lainnya,

Untuk menambahkan emoji untuk pesan, tekan pada mana kamu ingin ikon itu timbul & lalu tekan emoji yg ingin engkau gunakan. Untuk menghapusnya, tekan tombol back/panah di bagian bawah keyboard.

Untuk menyembunyikan keyboard emoji dan kembali ke layout keyboard normal, cukup tekan tombol globe lagi.

Cara AksesMulticultural Emoji Baru di iOS 8.3 dan di Atasnya

Selama bertahun-tahun, set standar emoji tersedia di iPhone (dan pada hampir semua ponsel lainnya) hanya menampilkan wajah putih untuk emoji orang. Apple bekerja dengan Unicode Consortium, kelompok yang mengendalikan emoji (di antara standar komunikasi internasional lainnya), untuk baru-baru ini mengubah set emoji untuk mencerminkan jenis wajah yang terlihat di seluruh dunia.

Di iOS 8.3, Apple meng-update emoji iPhone buat menyertakan paras baru ini.

Apabila engkau hanya melihat keyboard emoji standar, kamu nir akan melihat pilihan multikultural ini (kamu akan melihat beberapa emoji yang benar-sahih baru, tapi ini bukan variasi baru). Untuk mengaksesnya:

  1. Buka keyboard emoji di aplikasi yang mendukungnya
  2. Temukan emoji yang merupakan wajah manusia tunggal (variasi multikultural tidak ada untuk hewan, kendaraan, makanan, dan lain-lain)
  3. Ketuk dan tahan emoji yang ingin kamu lihat variasinya
  4. Sebuah menu akan muncul menunjukkan semua pilihan multikultural. Kamu bisa melepaskan jari kamu dari layar sekarang dan menu akan tetap ada
  5. Ketuk variasi yang ingin kamu tambahkan ke pesan kamu.

Menghapus Keyboard Emoji

Jika kamu memutuskan untuk tidak menggunakan emoji dan ingin menyembunyikan keyboard :

  1. Buka aplikasi Settings
  2. Ketuk General
  3. Ketuk Keyboard
  4. Ketuk Keyboards
  5. Ketuk Edit
  6. Ketuk ikon merah di sebelah Emoji
  7. Ketuk Delete.

Ini hanya menyembunyikan keyboard khusus saja, tidak menghapusnya secara tetap, sehingga kamu dapat selalu mengaktifkannya kembali.

Post a Comment

Previous Post Next Post