Apa Itu Screen Time?

Screen Time adalah sebuah fitur iOS yang memberikan informasi terkait pemakaian perangkat di tangan pengguna masing-masing; berapa kali kita membuka perangkat kita dalam sehari, aplikasi mana yang sering digunakan, menetapkan batas pada penggunaan aplikasi atau kelompok aplikasi tertentu, dan juga bisa kita terapkan sebagai fitur parental control terhadap anak-anak.

Screen Time mirip menggunakan Do Not Disturb. Apabila fitur Do Not Disturb akan menyembunyikan seluruh notifikasi selama periode saat eksklusif (termasuk waktu mengemudi). Screen Time akan membuat kita tidak bisa memakai perangkat kita atau membatasi penggunaan pelaksanaan selama saat yang kita memutuskan.

Syarat utama untuk menggunakan Screen Time adalah perangkat kamu harus menjalankan iOS 12 dan akun iCloud.

Cara Mengatur Screen Time pada iOS 12

Atur atau aktifkan Screen Time di perangkat kamu dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Ketuk Settings.
  2. Ketuk Screen Time.
  3. Untuk membuat schedule Downtime—waktu di mana kamu tidak dapat menggunakan perangkat selain aplikasi Phone atau untuk aplikasi yang kamu izinkan secara khusus, ketuk Waktu Downtime > gerakkan slider Downtime ke on/hijau. gunakan "roda" untuk mengatur waktu kapan Downtime dimulai dan berakhir.
  4. Kamu juga dapat membatasi beberapa jenis aplikasi tertentu dengan mengetuk App Limits. Ini memungkinkan kamu mengatur jumlah waktu setiap hari yang dapat kamu habiskan menggunakan kategori aplikasi tersebut. Ketuk App Limits > Add Limit > pilih kategori aplikasi > ketuk Tambah > lalu tetapkan jumlah waktu (secara opsional, kamu dapat mengetuk Customize Days sehingga batas aplikasi tidak berlaku pada akhir pekan, misalnya).
  5. Jika ingin dapat mengakses beberapa aplikasi semisal untuk keadaan darurat. Ketuk Always Allow dan kemudian ketuk + warna hijau di samping aplikasi yang ingin kamu izinkan (atau ketuk - warna merah untuk menghapus aplikasi).
  6. Untuk mengakses alat bawaan iOS untuk memblokir jenis konten tertentu, ketuk Content & Privacy Restrictions. Kamu akan diminta memasukkan passcode. Restrictions settings yang ada di menu General pada aplikasi Settings di iOS 11 dan sebelumnya telah dipindahkan ke sini. Pengaturan Privasi juga dapat diakses di sini.
  7. Untuk mengamankan pengaturan kamu dengan passcode, ketuk Use Screen Time Passcode (jika kamu belum mengaturnya untuk Content & Privacy Restrictions).

Cara Mengatur Screen Time di Perangkat Anak-Anak

Kamu juga dapat mengatur atau mengaktifkan Screen Time di perangkat iOS anak-anak dari layar ini. Kamu hanya perlu menyiapkan Family Sharing, dan ikuti langkah ini jika sudah menyiapkannya:

  1. Ketuk nama anak yang ingin memakai Screen Time.
  2. Ketuk Turn On Screen Time.
  3. Pilih kategori aplikasi yang ingin Anda batasi dan ketuk Set untuk memilih jumlah waktu yang akan Anda batasi untuk setiap hari.
  4. Ketuk Set App Limit.
  5. Buat Parent Passcode untuk melindungi pengaturan (pilih sesuatu yang Anda akan ingat, tetapi anak-anak tidak bisa menebak).
  6. Atur Screen time menggunakan langkah dan opsi yang dijelaskan di bagian terakhir. Satu-satunya perbedaan di sini adalah slider Include Website Data. Memindahkan pengaturan ini ke on/hijau akan memungkinkan kamu untuk melihat situs web apa saja yang dikunjungi anak.

Menggunakan dan Overriding Screen Time

Setelah kamu selesai mengatur atau mengaktifkan Screen Time, Screen Time akan berjalan sesuai jadwal dan memblokir (atau memungkinkan) kategori aplikasi berdasarkan pengaturan kamu. Ini juga akan memberi peringatan lima menit sebelum Downtime tiba atau kamu mencapai batas aplikasi harian kamu.

Jika kamu ingin menggunakan perangkat kamu setelah limit waktu habis, kamu bisa mengganti pengaturan Screen Time. Screen Time bukan mencegah kamu membuka kunci perangkat atau menjalankan aplikasi. Sebaliknya, ini akan mendorong kamu untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu dan kemauan kamu untuk tetap produktif.

Ketika kamu mencoba menjalankan aplikasi yang diblokir, sebuah layar akan muncul dan memberi tahu kamu bahwa itu diblokir. Ketuk Ignore Limit untuk override atau mengesampingkannya. Screen Time masih memberi kamu kesempatan lain untuk membuat pilihan yang tepat. Dalam menawarkan opsi untuk Remind Me in 15 Minutes (untuk menunda menggunakan aplikasi lebih lama), Ignore Limit for Today (untuk menggunakannya sekarang), atau Cancel (untuk melanjutkan tidak menggunakan perangkat kamu).

Cara Memantau Penggunaan Perangkat Dengan Screen Time

Screen Time benar-benar bisa membantu kamu dalam memahami berapa banyak waktu yang kamu habiskan di iPhone atau iPad, dan apa saja yang kamu lakukan.

Tempat pertama untuk melakukan ini adalah di bagian atas pengaturan Screen Time. Ini menunjukkan waktu total yang kamu habiskan di perangkat saat ini, serta berapa banyak waktu yang kamu habiskan di setiap jenis aplikasi. Untuk informasi lebih lanjut, ketuk area itu.

Layar selanjutnya menunjukkan rincian penggunaan kamu, baik untuk Hari Ini atau 7 Hari Terakhir. Data yang bisa kamu dapatkan di sini termasuk:

  • Total waktu yang dihabiskan untuk perangkat.
  • Kategori aplikasi apa yang telah kamu gunakan, untuk berapa lama, dan berapa hari.
  • Aplikasi yang paling sering kamu gunakan berdasarkan waktu dan berdasarkan kategori (ketuk setiap aplikasi untuk informasi spesifik tentang penggunaan kamu).
  • Berapa kali kamu membuka perangkat dalam sejam, jam tersibuk, dan detail lainnya.
  • Berapa banyak notifikasi yang kamu dapatkan, berapa banyak per jam, kapan kamu mendapat notipikasi paling banyak, dan dari aplikasi apa.

Post a Comment

Previous Post Next Post