Aplikasi Photos bukanlah alat editing video tingkat profesional. Kamu tidak bisa menambahkan fitur canggih seperti efek visual atau editing suara. Jika kamu menginginkan fitur semacam itu, aplikasi lain yang dibahas di akhir artikel patut dicoba.

Persyaratan buat Edit Video di iPhone

Setiap model iPhone bisa mengedit video, dengan syarat iPhone kamu menjalankan iOS 6 dan versi yang lebih tinggi. Kami yakin setiap pengguna iPhone memenuhi standar tersebut akhir-akhir ini, jadi mari kita mulai.

Cara Memotong atau Memangkas Video pada iPhone

Untuk mengedit video di iPhone, pertama-tama kamu harus memiliki beberapa video. Jika belum ada, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi Camera yang disertakan dengan iPhone (atau aplikasi video pihak ketiga). Baca artikel ini untuk petunjuk cara menggunakan aplikasi Camera untuk merekam video.

Setelah kamu menerima beberapa video, ikuti langkah berikut:

  1. Jika kamubaru saja merekam video menggunakan Camera, ketuk kotak di sudut kiri bawah dan lompat ke langkah 4.
    • Jika kamu ingin mengedit video yang diambil sebelumnya, ketuk aplikasi Photos.
  2. Di Photos, ketuk album Videos.
  3. Ketuk video yang ingin kamu edit.
  4. Ketuk Edit di pojok kanan atas.
  5. Baris waktu di bagian bawah layar menunjukkan setiap bingkai video kamu. Tarik bar putih kecil di ujung paling kiri untuk bergerak maju dan mundur sepanjang video. Ini memungkinkan kamu dengan cepat membuka bagian video yang ingin kamu edit.
  6. Untuk mengedit video, ketuk dan tahan kedua akhir baris waktu (cari tanda panah di setiap ujung bilah).
  7. Seret kedua ujung bilah, yang seharusnya berwarna kuning, untuk memotong bagian video yang tidak ingin kamu simpan. Bagian video yang ditampilkan di dalam bilah kuning ialah yang akan kamu simpan. Kamu hanya dapat menyimpan segmen video yang terus berlanjut. Kamu tidak dapat memotong bagian tengah dan menjahit dua bagian video yang terpisah. Bila kamu senang dengan pilihan kamu, ketuk Done. Jika kamu berubah pikiran, ketuk Cancel.
  8. Akan ada sebuah menu pop-up yang menawarkan dua pilihan: Trim Original atau Save as New Clip. Jika kamu memilih Trim Original, kamu memotong dari video asli dan menghapus bagian yang tidak dipilih secara permanen. Jika kamu memilih ini, pastikan kamu membuat keputusan yang tepat: agar tidak menyesal. Karena video akan hilang.
    • Untuk lebih fleksibel, pilih Save as New Clip. Ini menghemat versi video yang dipotong sebagai file baru di iPhone kamu dan membuat dokumen asli tidak tersentuh. Dengan begitu, kamu bisa kembali ke sana untuk melakukan pengeditan lainnya nanti.
    • Apapun yang kamu pilih, video akan disimpan ke aplikasi Photos  kamu di mana kamu dapat melihat dan membaginya.

Cara Berbagi Video yg Sudah Diedit menurut iPhone

Setelah memotong dan menyimpan klip video, kamu dapat menyinkronkannya ke komputer kamu.

Tapi, jika kamu menekan tombol kotak dengan panah di bagian kiri bawah layar, kamu akan memiliki opsi berikut:

  • AirDrop: Berbagi video langsung ke pengguna iPhone lain di sekitar melalui AirDrop, fitur berbagi file wireless. Cukup ketuk nama dan foto orang yang ingin kamu kirimkan.
  • Message: Memilih Message akan mengimpor video ke dalam aplikasiMessage dan membiarkan kamu mengirim video sebagai pesan teks.
  • Mail: Memilih Mail akan mengimpor video di aplikasi Mail bawaan.
  • YouTube: Bagikan video baru kamu di YouTube dengan mengetuk tombol itu. Ketika kamu melakukannya, iPhone secara otomatis memformat video untuk situs tersebut dan mengirimkannya ke akun kamu.

Aplikasi Editing Video iPhone lainnya

Aplikasi Photos bukan satu-satunya pilihan kalian untuk edit video di iPhone. Beberapa aplikasi lain yang dapat membantu kamu mengedit video di iPhone kamu meliputi:

  • iMovie: Versi iOS Apple dari program iMovie desktop serbaguna dan tangguh. Pilih efek visual, tambahkan teks di layar, dan menyertakan musik.Gratis
  • Magisto: Aplikasi ini menggunakan kecerdasan untuk secara otomatis membuat video yang diedit untuk kamu. Ini juga menambahkan tema visual dan musik. Gratis, dengan pembelian dalam aplikasi
  • Splice: Editor ini, yang sekarang dimiliki oleh GoPro, membiarkan kamu untuk menambahkan lagu terpisah untuk video dan audio untuk membuat video yang lebih kompleks. Tambahkan teks pada layar, narasi suara, dan animasi. Gratis
  • Videoshop: Tambahkan audio, voiceovers, onescreen text (termasuk teks animasi), dan efek khusus seperti slow motion, fast motion, dan reverse video di aplikasi ini. Rp 29.000

Cara Edit Video Dengan Aplikasi iPhone Pihak Ketiga

Dimulai pada iOS 8, Apple mengizinkan aplikasi untuk saling meminjam fitur satu sama lain. Dalam kasus ini, itu berarti bahwa jika kamu memiliki aplikasi editing video di iPhone yang mendukung hal ini, kamu dapat menggunakan fitur dari aplikasi tersebut di antarmuka editing video di Photos. Begini caranya:

  1. Ketuk Photos.
  2. Ketuk video yang ingin kamu edit.
  3. Ketuk Edit.
  4. Di bagian bawah layar, ketuk ikon tiga titik yang ada di dalam lingkaran.
  5. Menu yang muncul memungkinkan kamu memilih aplikasi lain, seperti iMovie, yang dapat berbagi fitur dengan kamu. Ketuk aplikasi itu.
  6. Fitur aplikasi itu akan muncul di layar. Dalam contoh saya, layar sekarang mengatakan iMovie dan memberi kamu fitur editing aplikasi itu. Gunakan mereka di sini dan simpan video kamu tanpa harus meninggalkan Photos.

Apakah artikel cara mengedit video pada iPhone ini membantu engkau ? Jangan ragu buat memberi memahami kami di kolom komentar!

Post a Comment

Previous Post Next Post