Safari versi iOS diadaptasi dari versi desktop yang telah lama hadir di Mac. Akan tetapi, Safari versi mobile sangat jauh berbeda dengan versi Desktop. Perbedaan yang paling mencolok, kamu mengendalikannya bukan dengan mouse tapi dengan sentuhan.

1. Dasar-dasar Safari

Ketuk Dua Kali untuk Memperbesar/Memperkecil

Jika kamu ingin memperbesar bagian tertentu dari halaman web (ini sangat berguna untuk memperbesar teks yang sedang kamu baca), cukup ketuk dua kali secara beruntun di bagian layar yang sama. Maka halaman itu akan diperbesar. Ketuk dua kali lagi untuk memperkecil (kembali ke ukuran semula).

"Mencubitdanquot; Layar buat Memperbesar/Memperkecil

apabila kamu ingin menerima poly kontrol atas apa yang engkau perbesar atau berapa poly zoom yang engkau lakukan, gunakan fitur multitouch iPhone.

Letakkan jari telunjuk dengan ibu jari kamu di bagian layar iPhone yang ingin kamu perbesar. Kemudian, tarik masing-masing jari kamu ke arah yang berlawanan dari layar. Ini akan memperbesar halaman. Teks dan gambar tampak buram sesaat dan kemudian iPhone membuatnya lebih tajam dan jernih lagi.

Untuk memperkecil halaman dan membuat semuanya lebih kecil, letakkan jari kamu di ujung layar yang berlawanan dan seret satu sama lain, sampai jari kamu bertemu di tengah layar.

Kembali Keatas Halaman

Kamu menggulir laman ke bawah menggunakan menyeret jari ke bawah layar. Tapi, tahukah engkau bahwa kamu dapat melompat kembali ke atas halaman web tanpa wajib menggulir?

Untuk kembali ke bagian atas halaman (untuk kembali ke bilah peramban, bilah pencarian, atau navigasi situs), cukup sentuh jam di bagian tengah atas layar iPhone atau iPod touch dua kali. Ketukan pertama akan mengungkapkan bilah alamat di Safari, yang kedua akan menarik kamu kembali ke bagian atas halaman web. Sayangnya, sepertinya tidak ada jalan pintas yang sama untuk melompat ke bagian bawah halaman.

Bergerak Kembali dan Maju Melalui Riwayat Kamu

Seperti browser dalam umumnya, Safari terus melacak situs-situs yg telah kamu kunjungi & memungkinkan kamu menggunakan tombol kembali (& terkadang tombol maju) untuk berkecimpung melalui situs dan laman yang kamu kunjungi baru-baru ini. Ada 2 cara buat mengakses fitur ini:

  • Tombol Panah — Di sudut kiri bawah layar, ada tombol panah. Ketuk mereka untuk mundur atau maju
  • Swiping — Kamu juga dapat menggesek untuk mundur atau maju. Geser tepi kiri layar untuk mundur dan tepi kanan untuk maju.

Dua. Buka Halaman di Jendela Baru

Ada dua cara untuk membuka jendela baru di Safari. Yang pertama adalah dengan mengetuk ikon di sudut kanan bawah jendela Safari yang terlihat seperti dua kotak di atas satu sama lain. Ini akan membuat halaman web kamu saat ini menjadi kecil dan menampilkan tombol (iOS 7 dan lebih tinggi) atau New Page (iOS 6 dan versi sebelumnya) di bagian bawah.

Ketuk itu untuk membuka jendela baru. Ketuk dua persegi panjang lagi dan geser ke atas dan ke bawah (iOS 7 dan ke atas) atau bolak-balik (iOS 6 dan sebelumnya) untuk berpindah antar jendela, atau ketuk X untuk menutup jendela.

Selain membuka jendela kosong baru, engkau jua bisa membuka tautan di ventilasi baru seperti yang kamu lakukan di personal komputer desktop. Begini caranya:

  1. Temukan tautan yang ingin kamu buka di jendela baru.
  2. Ketuk tautan dan jangan lepaskan jari kamu dari layar.
  3. Jangan lepaskan sampai menu muncul dari bagian bawah layar yang menawarkan lima opsi:
    • Open
    • Open in New Page
    • Add to Reading List (iOS 5 dan hanya atas)
    • Copy
    • Cancel
  4. Pilih Open in New Page dan kamu sekarang memiliki dua jendela peramban, satu dengan situs pertama yang kamu kunjungi, yang kedua dengan halaman baru kamu.
  5. Jika kamu memiliki perangkat dengan layar 3D Touch (hanya seri iPhone X, 8, 6S dan 7, pada saat penulisan ini), mengetuk dan menahan tautan juga dapat memunculkan pratinjau dari laman yang ditautkan. Tekan layar dengan keras dan pratinjau akan keluar dan menjadi jendela yang kamu telusuri.

3. Menu Tindakan di Safari

Menu di bagian bawah pusat Safari yang terlihat seperti kotak dengan panah yang keluar disebut menu Tindakan. Mengetuk ini akan menampilkan sejumlah fitur. Di sana kamu akan menemukan opsi untuk mem-bookmark situs, menambahkannya ke daftar favorit atau reading list, membuat shortcut di home screen perangkat kamu, print, dan banyak lagi.

 4. Penjelajahan Pribadi di Safari

Jika kamu ingin menjelajahi web tanpa situs yang kamu kunjungi ditambahkan ke riwayat browser kamu, gunakan fitur ini. Untuk mengaktifkannya di iOS 7 dan lebih tinggi, ketuk dua persegi panjang untuk membuka jendela browser baru. Ketuk Private lalu pilih apakah kamu ingin menyimpan semua jendela browser yang terbuka atau tutup. Untuk mematikan Penjelajahan Pribadi, ikuti langkah yang sama. (Di iOS 6, Penjelajahan Pribadi diaktifkan melalui pengaturan Safari di aplikasi Pengaturan.)

Post a Comment

Previous Post Next Post