Mengetahui cara menutup aplikasi (dikenal dengan killing aplikasi) juga dapat berguna untuk menghentikan beberapa aplikasi yang memiliki fungsi untuk berjalan di latar belakang. Misalnya, aplikasi yang mendownload data di latar belakang dapat menghabiskan batas data bulanan kamu. Menutup aplikasi tersebut sepenuhnya akan menyebabkan fungsi tersebut berhenti bekerja.

Teknik buat menutup aplikasi yg dijelaskan pada artikel ini berlaku buat seluruh perangkat yg menjalankan iOS: iPhone, iPod touch, & iPad.

Cara Menutup Aplikasi pada iPhone

Menutup semua aplikasi di perangkat iOS kamu sangat sederhana saat kamu sedang berada di layarFast App Switcher bawaan. Inilah yang perlu kamu ketahui:

  1. Untuk mengakses Fast App Switcher, klik dua kali tombol home. Di iOS 7 dan ke atas, hal itu menyebabkan aplikasi sedikit jatuh kembali sehingga kamu dapat melihat ikon dan screenshots dari semua aplikasi yang sedang berjalan. Di iOS 6 atau sebelumnya, ini menunjukkan deretan aplikasi di bawah dock.
  2. Geser aplikasi dari sisi ke sisi untuk menemukan yang ingin kamu berhentikan.
  3. Bila kamu menemukannya, cara kamu untuk menutup aplikasi bergantung pada versi iOS yang kamu jalankan. Di iOS 7 dan ke atas, cukup gesek aplikasi dari bawah ke atas layar. Aplikasi akan menghilang dan telah berhenti. Di iOS 6 atau sebelumnya, ketuk dan tahan aplikasi sampai lencana merah dengan garis muncul. Aplikasi akan bergoyang seperti yang mereka lakukan saat kamu mengaturnya kembali. Saat lencana merah muncul, ketuk untuk killing aplikasi dan proses latar belakang yang mungkin dijalankan.
  4. Bila kamu telah menutup semua aplikasi yang kamu inginkan, klik tombol home untuk kembali menggunakan iPhone kamu.

Di iOS 7 dan ke atas, kamu bisa keluar dari beberapa aplikasi secara bersamaan. Cukup buka Fast App Switcher dan gesek hingga tiga aplikasi di layar secara bersamaan. Semua aplikasi yang kamu gesek akan hilang.

Cara Menutup Aplikasi pada iPhone X

Proses untuk menutup aplikasi di iPhone X sangat jauh berbeda. Itu karena perangkat tersebut tidak memiliki tombol Home dan cara kamu mengakses layar multitasking juga berbeda. Begini caranya:

  1. Gesek ke atas dari bagian bawah layar dan jeda sekitar separuh layar. Ini mengungkap tampilan multitasking.
  2. Temukan aplikasi yang ingin kamu hentikan atau tutup kemudian ketuk dan tahan.
  3. Saat ikon - merah muncul di sudut kiri atas aplikasi, lepaskan jari kamu dari layar.
  4. Ada dua cara untuk keluar dari aplikasi (versi awal iOS 11 hanya memiliki satu, tetapi selama kamu menjalankan versi terbaru, keduanya harus berfungsi): Ketuk ikon - merah atau geser aplikasi ke atas layar.
  5. Ketuk wallpaper atau geser ke atas dari bawah lagi untuk kembali ke Home screen.

Force Quit Aplikasi pada iOS versi Lama

Pada versi lama iOS yang tidak menyertakan multitasking, atau saat Fast App Switcher tidak berfungsi, tahan tombol home di bagian bawah iPhone selama sekitar 6 detik. Ini akan menutup paksa aplikasi yang sedang berjalan dan mengembalikan kamu ke home screen. Jika tidak, kamu mungkin perlu reset perangkat.

Ini tidak akan berjalan dalam versi OS yang lebih baru. Pada OS baru, menekan tombol home lama akan mengaktifkan Siri.

Menutup atau Menghentikan Aplikasi Tidak Akan Menghemat Daya Tahan Baterai

Ada sebuah kepercayaan yang populer dikalangan pengguna iDevice bahwa aplikasi yang berhenti berjalan di latar belakang dapat menghemat masa pakai baterai meskipun aplikasi tidak digunakan. Itu terbukti salah dan malah bisa melukai masa pakai baterai kamu.

Post a Comment

Previous Post Next Post