Namun terkadang, waktu kamu memutar iPhone, iPad, atau iPod touch layar nir berputar buat mencocokkannya. Apabila ini terjadi tentunya mampu menciptakan perangkat engkau sulit digunakan. Bahkan mungkin membuat engkau berpikir ponsel engkau rusak. Ada beberapa alasan mengapa layar nir bisa berputar - dan sebagian besar bukan kasus yg relatif berfokus. Inilah yg umumnya terjadi dan cara memperbaikinya.

Rotasi Layar Dikunci

IPhone memiliki pengaturan yang disebut Screen Rotation Lock. Seperti yang mungkin kamu duga dari namanya, ini mencegah iPhone, iPad, atau iPod touch kamu memutar layar.

Untuk menilik apakah kunci rotasi layar dihidupkan, lihat di sudut kanan atas layar pada samping indikator baterai untuk melihat ikon panah melengkung pada kurang lebih kunci. Jika kamu melihat ikon itu, kunci rotasi layar dihidupkan.

Untuk mematikan kunci rotasi, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Di iOS 7 atau lebih tinggi, geser ke atas dari bagian bawah layar untuk membuka Control Center. Ikon di paling kiri - ikon kunci dan panah - disorot untuk menunjukkan bahwa itu dihidupkan. (Pada iPhone X, atau di iPad yang menjalankan iOS 12 dan lebih tinggi, geser ke bawah dari sudut kanan atas.)
  2. Ketuk ikon itu untuk mematikan kunci rotasi.
  3. Setelah selesai, tekan tombol home atau geser untuk menutup Control Center dan kamu akan kembali ke home screen.

Setelah terselesaikan, coba putar kembali iPhone engkau . Layar harus berputar kali ini. Jika nir, ada hal lain yang perlu dipertimbangkan.

Pada versi iOS yg lebih lama , kunci rotasi bisa ditemukan di Fast App Switcher, yg bisa kamu buka menggunakan mengklik 2 kali tombol Home dan lalu menggesek berdasarkan kiri ke kanan.

Beberapa Aplikasi Tidak Dapat Berputar

Sementara banyak aplikasi mendukung rotasi layar, namun tidak semuanya. Home screen pada kebanyakan model iPhone dan iPod touch tidak dapat diputar (meskipun itu memungkinkan di iPhone 6 Plus, 6S Plus, 7 Plus, dan 8 Plus) dan beberapa aplikasi dirancang untuk hanya berfungsi dalam satu orientasi.

apabila engkau menghidupkan perangkat & layar nir berubah arah, periksa buat melihat apakah kunci orientasi diaktifkan. Apabila nir diaktifkan, aplikasi mungkin dibuat buat tidak dirotasi.

Display Zoom Memblokir Rotasi Layar

Jika kamu memiliki iPhone 6 Plus, 6S Plus, 7 Plus, atau 8 Plus, kamu dapat memutar tata letak home screen bersama aplikasi. Jika home screen tidak rotasi, dan Screen Rotation Lock tidak aktif, Display Zoom bisa jadi penyebabnya.  Opsi ini berguna memperbesar ikon dan teks pada layar yang supaya lebih besar dari standar nya untuk membuatnya lebih mudah dilihat. Jika kamu tidak dapat memutar home screen pada perangkat ini, nonaktifkan Display Zoom dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Ketuk Settings.
  2. Ketuk Display & Brightness.
  3. Ketuk Viewdi bagian Display Zoom.
  4. Ketuk Standard.
  5. Ketuk Set.
  6. Ponsel akan restart dalam pengaturan zoom baru dan home screen akan dapat dirotasi.

Accelerometer Ponsel Kamu Rusak

Jika aplikasi yang kamu gunakan benar-benar mendukung rotasi layar, dan orientation lock dan Display Zoom pada perangkat kamu dimatikan tetapi layar masih tidak berputar, mungkin ada masalah dengan perangkat keras perangkat kamu.

Rotasi layar dikontrol oleh Accelerometer perangkat - sensor yang melacak pergerakan perangkat. Jika Accelerometer rusak, maka tidak akan bisa melacak gerakan dan tidak akan tahu kapan harus memutar layar. Jika kamu mencurigai adanya masalah perangkat keras dengan ponsel kamu, segera bawa ke service center Apple terdekat untuk memeriksanya.

Screen Rotation di iPad

Meskipun iPad menjalankan sistem operasi yang sama dengan iPhone dan iPod touch, rotasi layarnya berfungsi sedikit berbeda pada beberapa model. Pertama, home screen pada semua model dapat berputar. Untuk yang lain, pengaturan dikontrol sedikit berbeda pada beberapa model.

Jika kamu memiliki iPad lebih awal dari iPad Air atau iPad mini 3, kiat ini berlaku untuk kamu. Di aplikasi Settings, ketuk General dan kamu akan menemukan pengaturan yang disebut Use Side Switch to: yang memungkinkan kamu memilih apakah tombol kecil di sisi di atas tombol volume mengontrol fitur bisu atau kunci rotasi.

Pada model iPad yang lebih baru - iPad Air 2, iPad mini 4, dan semua model iPad Pro - gunakan Control Center seperti yang dijelaskan sebelumnya di bagian atas artikel.

Apakah artikel tentang cara memperbaiki layar iPhone tidak berputar ini membantu kamu? Jangan ragu untuk memberi tahu kami di kolom komentar di bawah.

Post a Comment

Previous Post Next Post