Ada banyak diskusi panas seputar versi 16GB berdasarkan Galaxy S4 ketika ditemukan bahwa sebesar 8GB dari angka itu telah dipakai oleh OS dan aplikasi pra-instal lainnya (kadang-kadang diklaim Bloatware.) Jadi seharusnya ponsel tadi dijual sebagai perangkat 8GB, bukan? Atau apakah adil bagi pembuat buat menganggap bahwa pengguna percaya bahwa 16GB berarti jumlah sebelum aplikasi sistem diinstal?

Memori Internal Versus External

Ketika mempertimbangkan spesifikasi memori ponsel apa pun, penting untuk memahami perbedaan antara memori internal dan eksternal (atau dapat diperluas). Memori internal adalah ruang penyimpanan yang dipasang oleh produsen, biasanya 16, 32 atau 64GB, di mana sistem operasi, aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya, dan perangkat lunak sistem lainnya diinstal.

Jumlah total penyimpanan internal nir bisa ditingkatkan atau diturunkan oleh pengguna, jadi bila ponsel kamu hanya mempunyai penyimpanan internal 16GB dan tidak terdapat slot ekspansi, inilah semua ruang penyimpanan yang akan engkau dapatkan. Dan ingat, beberapa ini sudah akan digunakan oleh perangkat lunak sistem.

Eksternal, atau bisa diperluas, memori mengacu dalam kartu MicroSD yg bisa dilepas atau serupa. Banyak perangkat yang menampilkan slot kartu MicroSD yg dijual menggunakan kartu yang telah dimasukkan. Tetapi tidak seluruh ponsel akan memiliki ruang penyimpanan ekstra ini , & tidak seluruh ponsel bahkan mempunyai fasilitas buat menambahkan memori eksternal. IPhone, contohnya, nir pernah memberi pengguna kemampuan buat menambahkan lebih poly ruang penyimpanan dengan memakai kartu SD.

Cloud Storage

Untuk mengatasi masalah ruang penyimpanan internal yang berkurang, beberapa smartphone kelas atas dijual dengan akun penyimpanan cloud gratis. Ini bisa 10, 20, atau bahkan 50 GB. Meskipun Cloud storage merupakan tambahan yang bagus, tapi kamu harus ingat bahwa tidak semua data dan file dapat disimpan ke penyimpanan cloud (aplikasi misalnya). Kamu juga tidak akan dapat mengakses file yang tersimpan di cloud jika kalian tidak memiliki koneksi Wi-Fi atau data seluler.

Cek Sebelum Kamu Membeli

Jika kamu membeli ponsel baru secara online, biasanya lebih sulit untuk memeriksa berapa banyak penyimpanan internal yang sebenarnya tersedia untuk digunakan, daripada saat membeli dari toko. Toko ponsel khusus harus memiliki handset sampel yang tersedia, dan perlu beberapa detik untuk masuk ke menu pengaturan dan melihat bagian Storage.

Jika kamu membeli secara online, dan tidak dapat melihat lebih jelasnya penyimpanan yang dapat digunakan pada spesifikasi, jangan takut buat menghubungi penjual & tanyakan. Penjual yg memiliki reputasi tidak akan memiliki masalah buat memberitahukan lebih jelasnya ini kepada engkau .

Menghapus Penyimpanan Internal

Ada beberapa cara untuk membuat extra space di penyimpanan internal kamu, tergantung pada ponsel yang kamu miliki.

  • Nonaktifkan Bloatware. Tidak semua smartphone akan membiarkan kamu melakukan ini, tetapi jika kamu memiliki ponsel Android yang menjalankan versi 4.2 atau lebih baru, prosesnya cukup mudah. Meskipun menonaktifkan aplikasi pra-instal 100MB tidak akan mengosongkan jumlah memori yang sesuai, tapi itu akan membuat beberapa ruang ekstra.
  • Cadangkan dan Hapus Foto Kamu. Ini adalah praktik yang baik untuk masuk ke bahkan jika ruang penyimpanan di ponsel kamu tidak menjadi masalah. Gunakan perangkat lunak sinkronisasi yang relevan dengan ponsel kamu untuk mem-backup foto kamu ke komputer kamu secara teratur. Kamu kemudian dapat memindahkan foto-foto itu ke kartu SD atau menghapusnya dari telepon kamu (atau setidaknya beberapa dari mereka) untuk mengosongkan sebagian ruang.
  • Gunakan Aplikasi Cleaner. Aplikasi seperti Cleanmaster adalah cara mudah untuk menghapus file yang tidak dibutuhkan atau tidak diinginkan dari ponsel kamu, seringkali dengan satu sentuhan tombol. Sekali lagi, ukuran ini tidak akan membebaskan ruang dalam jumlah besar, tetapi bisa membuat beberapa perbedaan.
  • Hapus Beberapa Aplikasi. Periksa daftar aplikasi kamu dan hapus yang tidak lagi kamu gunakan. Ini mudah dilakukan melalui menu pengaturan semua jenis smartphone, atau dengan menggunakan aplikasi seperti Cleanmaster.

Post a Comment

Previous Post Next Post