Apa itu SMS?

SMS adalah singkatan dari Short Message Service, yang merupakan nama resmi untuk pesan teks. Ini adalah cara untuk mengirim pesan pendek, berupa teks saja dari satu ponsel ke ponsel yang lain. Pesan-pesan ini biasanya dikirim melalui jaringan data seluler.

SMS baku dibatasi hingga 160 karakter per pesan, termasuk spasi. Standar SMS didefinisikan pada tahun 1980 sebagai bagian menurut standar GSM (Global System for Mobile Communications), yang menjadi dasar jaringan telepon seluler selama bertahun-tahun.

Setiap model iPhone dapat mengirim pesan teks SMS. Pada model awal iPhone, itu dilakukan menggunakan aplikasi bawaan yang disebut Text. Aplikasi itu kemudian digantikan oleh aplikasi serupa yang disebut Message, yang masih digunakan hingga sekarang.

Aplikasi Text Apple pertama hanya didukung mengirim SMS berbasis teks standar. Itu tidak bisa mengirim gambar, video, atau audio. Kurangnya pesan multimedia pada iPhone generasi pertama menimbulkan kontroversi, karena ponsel lain sudah memilikinya. Beberapa pengamat berpendapat bahwa perangkat harus memiliki fitur-fitur tersebut dari debutnya. Kemudian model dengan berbagai versi sistem operasi memperoleh kemampuan untuk mengirim pesan multimedia. Lebih lanjut tentang itu di bagian MMS nanti di artikel ini.

Apabila engkau ingin mengenal lebih jauh ke pada sejarah dan teknologi SMS, artikel SMS Wikipedia adalah sumber yg mengagumkan.

Aplikas Messages & iMessage

Setiap iPhone dan iPod touch sejak iOS 5 telah hadir dengan aplikasi yang disebut Messages, yang menggantikan aplikasi Text.

Sementara aplikasi Messages memungkinkan pengguna mengirim pesan teks dan multimedia, itu juga termasuk fitur yang disebut iMessage. Ini mirip dengan, tetapi tidak sama, seperti SMS:

  • Pesan SMS dikirim melalui jaringan operator telepon. iMessages dikirim antara perangkat iOS dan Mac melalui server Apple, melewati operator telepon.
  • Pesan SMS hanya dikirim melalui jaringan seluler. iMessages dapat dikirim melalui jaringan seluler atau Wi-Fi.
  • Pesan SMS tidak dienkripsi, sedangkan iMessages dilindungi dengan end-to-end encryption. Ini berarti bahwa mereka tidak dapat dicegat dan dibaca oleh pihak ketiga seperti perusahaan telepon, perusahaan, atau lembaga penegak hukum. Untuk informasi lebih lanjut tentang privasi dan keamanan digital, baca Hal yang Harus Dilakukan di iPhone kamu untuk Menghentikan Spionase Pemerintah.

IMessages hanya dapat dikirim dari dan ke perangkat iOS dan Mac. Mereka diwakili dalam aplikasi Messages dengan balon kata warna biru. SMS yang dikirim ke dan dari perangkat non-Apple, seperti ponsel Android, tidak menggunakan iMessage dan ditampilkan menggunakan balon kata berwarna hijau.

IMessage pada awalnya dirancang untuk memungkinkan pengguna iOS mengirim satu sama SMS lain tanpa menggunakan pulsa mereka. Operator telepon umumnya sekarang menawarkan pesan teks tanpa batas, tetapi iMessage menawarkan fitur lain, seperti enkripsi, read-receipts, dan stiker.

Ingin mengenal lebih jauh perbedaan keduanya? Baca artikel kami tentang perbedaan iMessage dan Text Message di iPhone.

Apa itu MMS?

MMS, alias multimedia messaging service, memungkinkan pengguna ponsel dan ponsel pintar mengirim pesan satu sama lain dengan gambar, video, dan banyak lagi. Layanan ini didasarkan pada SMS.

Pesan MMS standar dapat mendukung video hingga 40 detik, satu gambar atau tayangan slide, dan klip audio. Dengan menggunakan MMS, iPhone dapat mengirim file audio, nada dering, detail kontak, foto, video, dan data lainnya ke ponsel lain dengan pulsa atau paket pesan teks. Apakah ponsel penerima dapat memutar file-file itu tergantung pada perangkat lunak dan kemampuan ponsel itu.

File yang dikirim melalui nomor MMS dibebankan kepada pulsa pengirim dan penerima berdasarkan tarif masing-masing operator telepon mereka.

MMS untuk iPhone diumumkan pada Juni 2009 sebagai bagian dari iOS 3.0.

Menggunakan MMS

Ada dua cara untuk mengirim MMS di iPhone. Pertama, di aplikasi Messages, pengguna dapat mengetuk ikon kamera di sebelah area input teks dan mengambil foto atau video atau memilih yang sudah ada untuk dikirim.

Kedua, pengguna dapat memulai dengan memilih terlebih dahulu file yang ingin mereka kirim dan ketuk kotak berbagi. Di aplikasi yang mendukung berbagi menggunakan Messages, pengguna dapat mengetuk tombol Messages. Setelah itu file akan masuk ke aplikasi iPhone Messages di mana ia dapat dikirim melalui MMS.

Post a Comment

Previous Post Next Post