Semua komputer & perangkat seperti komputer mempunyai sistem operasi, termasuk laptop, tablet, desktop, smartphone, smartwatch, router... Sebutkan saja yang engkau ketahui.

Contoh Sistem operasi

Laptop, tablet, dan komputer desktop semuanya menjalankan sistem operasi yang mungkin sering kamu dengar. Beberapa contoh termasuk versi Microsoft Windows (seperti Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP), macOS Apple (sebelumnya OS X), iOS, Chrome OS, BlackBerry Tablet OS, dan sistem operasi open source Linux.

Smartphone kamu menjalankan sistem operasi pula, mungkin iOS Apple atau Android Google. Keduanya merupakan nama brand yg sering engkau dengar, tetapi engkau mungkin nir menyadari bahwa mereka adalah sistem operasi yang digunakan pada perangkat tadi.

Server, misalnya yg menjadi host situs web yang kamu kunjungi atau melayani video yg engkau tonton, umumnya menjalankan sistem operasi khusus, yg dibuat dan dioptimalkan buat menjalankan aplikasi khusus yg dibutuhkan buat menciptakan mereka melakukan apa yg mereka lakukan. Beberapa contoh termasuk Windows Server, Linux, & FreeBSD.

Perangkat Lunak & Sistem Operasi

Kebanyakan program perangkat lunak dirancang untuk berfungsi hanya pada satu sistem operasi perusahaan, seperti hanya untuk Windows (Microsoft) atau hanya untukmacOS (Apple).

Setiap perangkat lunak akan mencantumkan sistem operasi mana yang didukung dan jika diperlukan akan menjadi sangat spesifik. Misalnya, program perangkat lunak untuk pembuat video mungkin ia mencantumkan dukungan untuk Windows 10, Windows 8, dan Windows 7, tetapi tidak mendukung versi Windows yang lebih lama seperti Windows Vista dan XP.

Pengembang perangkat lunak juga sering merilis versi tambahan dari perangkat lunak mereka yang berfungsi dengan sistem operasi lain. Kembali ke contoh program pembuat video, perusahaan itu mungkin juga merilis versi lain dari program dengan fitur yang sama persis tetapi hanya berfungsi dengan macOS.

Penting juga untuk mengetahui apakah sistem operasi kamu 32-bit atau 64-bit. Ini merupakan pertanyaan yang umumnya ditanyakan saat mengunduh perangkat lunak.

Jenis perangkat lunak khusus yang disebut mesin virtual benar-benar dapat meniru komputer "nyata" dan menjalankan sistem operasi yang berbeda dari dalamnya. Lihat Apa itu Mesin Virtual? untuk mempelajari lebih lanjut tentang ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post