Jadi, Apa itu Smartphone?

Singkatnya, smartphone merupakan perangkat yang memungkinkan kamu melakukan panggilan telepon, namun juga menambahkan fitur yang, di masa lalu, hanya bisa ditemukan di Personal digital assistant alias komputer -- seperti kemampuan untuk mengirim dan menerima email dan edit dokumen kantor, misalnya. Ya, pada dasarnya sebuah smartphone dapat terhubung ke internet dan menawarkan layanan pribadi sebagai hasilnya.

Tetapi untuk benar-benar mengetahui apa itu smartphone (atau bukan), kita akan mulai dengan sejarahnya. Pada awalnya, hanya ada handphone dan Personal digital assistant (atau PDA). Ponsel digunakan untuk melakukan panggilan -- dan tidak banyak lagi -- sementara PDA, seperti Palm Pilot, digunakan sebagai personal, portabel organizers. PDA dapat menyimpan info kontak dan daftar yang harus dilakukan dan bisa sinkron dengan komputer kamu.

Akhirnya, PDA mendapatkan konektivitas wireless dan dapat mengirim dan menerima email. Ponsel, sementara itu, mendapatkan kemampuan olahpesan juga. PDA kemudian menambahkan fitur ponsel, sementara ponsel menambahkan fitur seperti PDA (dan bahkan mirip komputer). Hasilnya adalah smartphone.

Fitur Utama Smartphone

Meskipun tidak ada definisi standar mengenai istilah "smartphone", berikut adalah fitur yang kami lihat untuk membedakan antara smartphone dan ponsel biasa:

Sistem Operasi

Secara umum, smartphone akan berbasis pada sistem operasi yang memungkinkannya menjalankan aplikasi. Apple iPhone menjalankan iOS, dan smartphone BlackBerry menjalankan BlackBerry OS. Perangkat lain menjalankan OS Android Google, HP webOS, dan Windows Phone Microsoft.

Aplikasi

Meskipun hampir semua ponsel menyertakan beberapa jenis perangkat lunak (buku alamat atau semacam manajer kontak, misalnya), smartphone akan memiliki kemampuan untuk berbuat lebih banyak. Smartphone memungkinkan kamu membuat dan mengedit dokumen Microsoft Office, download aplikasi, seperti manajer keuangan pribadi dan bisnis, asisten pribadi yang berguna, atau, hampir semuanya. Selain itu, memungkinkan kamu mengedit foto, mendapatkan petunjuk arah mengemudi melalui GPS, dan membuat playlist digital.

Akses Web

Banyak smartphone bisa mengakses Web dengan kecepatan lebih tinggi, berkat pertumbuhan jaringan data 4G dan 3G, serta penambahan dukungan Wi-Fi ke banyak handset. Namun, meski tidak semua smartphone menawarkan akses Web berkecepatan tinggi, mereka semua menawarkan semacam akses. Kamu dapat menggunakan smartphone kamu untuk menjelajahi situs favorit kamu.

QWERTY Keyboard

Menurut definisi kami, smartphone menyertakan keyboard QWERTY. Ini berarti bahwa kunci diletakkan dengan cara yang sama seperti pada keyboard komputer -- tidak dalam urutan abjad keypad numerik, di mana pengguna harus menyentuh nomor 1 untuk memasukkan huruf A, B, atau C. Keyboardnya bisa berupa hardware (tombol fisik yang kamu ketik) atau perangkat lunak (pada layar sentuh, seperti yang akan kamu temukan di iPhone).

Pesan

Semua ponsel dapat mengirim dan menerima pesan teks, tapi yang membedakan smartphone adalah penanganan emailnya. Smartphone bisa sinkron dengan akun email profesional ataupun email pribadi. Beberapa smartphone bahkan dapat mendukung beberapa akun email. Hal lainnya termasuk akses ke aplikasi pesan instant populer.

Ponsel Berubah Begitu Cepat

Di atas hanyalah beberapa fitur smartphone yang membuatnya pintar. Teknologi seputar smartphone dan ponsel terus berubah. Apa yang dimaksud dengan smartphone saat ini bisa berubah kapan saja, entah minggu depan, bulan depan, atau tahun depan. Stay tuned!

Sumber surat keterangan: Wikipedia.

Post a Comment

Previous Post Next Post