Untuk berlangganan iTunes Match kamu harus membayar Rp 199,000 per tahun. Setelah berlangganan, layanan secara otomatis diperbarui setiap tahun kecuali kamu membatalkannya.

Menambahkan Musik ke iTunes Match

Ada tiga cara untuk menambahkan musik ke iTunes Match. Pertama, musik yang kamu beli dari iTunes Store secara otomatis menjadi bagian dariiCloud Music Library; jadi, kamu tidak perlu lagi melakukan apapun untuk lagu-lagu ini.

Kedua, iTunes Match memindai perpustakaan iTunes kamu untuk membuat katalog semua lagu di dalamnya. Software Apple kemudian menambahkan musik yang kamu miliki dihard drive kamu yang juga tersedia di iTunes ke akun kamu. Tidak masalah dari mana musik itu berasal — jika kamu membelinya dari Amazon, ripping dari CD, atau mendapatkannya dari sumber lain. Selama berada di perpustakaan kamu dan tersedia di iTunes Store, itu akan ditambahkan keiCloud Music Library kamu. Ini sangat membantu karena kamu tidak perlu mengunggah ribuan lagu, yang bisa memakan waktu lama dan menggunakan banyak kuota internet.

Terakhir, jika ada musik di perpustakaan iTunes kamu yang tidak tersedia di iTunes Store, musik itu akan diunggah dari komputer kamu keiCloud Music Library kamu juga. Ini hanya berlaku untuk file AAC dan MP3 saja.

Kamu dapat menambahkan hingga 100,000 lagu keiCloud Music Library kamu melalui iTunes Match.

Hanya iTunes (di macOS dan Windows) dan aplikasi Music iOS yang kompatibel dengan iTunes Match. Tidak ada program pengelola musik lainnya yang memungkinkan kamu menambahkan musik ke iCloud atau mengunduhnya ke perangkat kamu.

Format arsip musik yg digunakan pada iTunes Match

iTunes Match mendukung semua format file yang dilakukan iTunes: AAC, MP3, WAV, AIFF, dan Apple Lossless. Lagu-lagu yang di-matched dari iTunes Store belum tentu dalam format tersebut. Seperti yang sudah disebutkan, lagu yang kamu miliki tetapi tidak tersedia di iTunes Store hanya akan diunggah jika mereka adalah format AAC atau MP3.

Musik yang kamu beli melalui iTunes Store atau yang di-matched oleh iTunes Store secara otomatis ditingkatkan ke file AAC 256 Kbps yang bebas DRM. Lagu yang dikodekan menggunakan AIFF, Apple Lossless, atau WAV dikonversi ke file AAC 256 Kbps dan kemudian diunggah ke iCloud Music Library kamu.

File musik dan cadangan berkualitas tinggi

Ketika iTunes Match membuat versi AAC 256 Kbps dari sebuah lagu, itu hanya mengunggah versi itu ke iCloud Music Library kamu. Itu tidak menghapus lagu asli, jadi lagu-lagu itu tetap dalam format aslinya di hard drive kamu. Jika kamu mengunduh salah satu lagu ini dari iTunes Match ke perangkat lain, itu akan menjadi versi AAC 256 Kbps.

Kamu wajib selalu mencadangkan file musik orisinil engkau , meskipun iTunes Match menyimpan salinan musik kamu di iCloud. Ini sangat penting buat arsip musik berkualitas tinggi yang engkau miliki, karena bila engkau menghapus versi lagu yg berkualitas lebih tinggi berdasarkan komputer, kamu hanya akan mempunyai versi 256 Kbps menurut iTunes Match.

Apakah engkau perlu iTunes Match & Apple Music?

Apple Support menyatakan bahwa:

If you have an Apple Music membership, you get all of the benefits of iTunes Match, plus access to the entire Apple Music catalog. You can also get a Family Membership to share the catalog with your family members.

Ketika kamu berlangganan Apple Music, semua musik kamu akan ditambahkan ke iCloud Music library kamu dan itu akan tersedia di semua perangkat kamu yang masuk ke Apple ID yang sama, sama seperti dengan iTunes Match.

Streaming musik menurut iTunes Match

Di komputer, kamu dapat melakukan streaming atau mengunduh lagu dari iCloud Music Library kamu. Cukup klik tombol iCloud di sebelah lagu yang kamu inginkan untuk mengunduh lagu itu ke komputer kamu. Jika mengklik ganda pada lagu kamu hanya akan memainkan lagu, bukan mengunduhnya.

Pada perangkat iOS, memainkan lagu akan membuatnya dapat diputar dan diunduh, sementara pada Apple TV, engkau hanya bisa streaming musik ? Nir terdapat cara buat mengunduh lagu ke perangkat Apple TV.

Playlist atau Voice memos

iTunes Match mendukung playlist alias daftar putar, tetapi bukan voice memos (memo suara). Semua playlist dapat disinkronkan ke beberapa perangkat melalui iTunes Match, kecuali yang termasuk file yang tidak didukung, seperti voice memos, video, atau PDF.

Memperbarui perpustakaan iTunes Match engkau

Selama iTunes Match dihidupkan, secara otomatis akan mencoba untuk menambahkan lagu baru kamu ke iCloud Music Library — jadi kamu tidak perlu melakukan apa pun. Namun, kamu dapat memaksa pembaruan ke iTunes Match, klik pada File -> Library -> Update iCloud Music Library.

Limit atau Batasan untuk iTunes Match dan DRM

Ada beberapa batasan untuk menggunakan iTunes Match. Kamu dapat menambahkan hingga 100,000 lagu ke iCloud Music library kamu melalui iTunes Match. Kamu tidak dapat mengunggah lagu melebihi dari 200MB, atau lebih dari 2 jam, ke iCloud Music library kamu. Lagu-lagu dengan DRM (digital rights management) yang diaktifkan hanya akan diunggah jika komputer kamu sudah di-authorized untuk memutarnya.

Secara teknisnya, Apple mungkin mengetahui beberapa musik pada perpustakaan iTunes kamu bajakan, namun Apple sudah mengungkapkan secara tegas bahwa mereka nir akan memberikan berita apapun tentang pustaka pengguna dengan pihak ketiga, seperti perusahaan rekaman atau RIAA yg mungkin cenderung buat mengejar para pembajak. Pembatasan DRM yg disebutkan pada atas pula dibuat buat mengurangi pembajakan.

Ada batas aporisma total 10 perangkat yg dapat menyebarkan musik pada akun iTunes Match.

Membatalkan langganan iTunes Match

Jika kamu sudah mendaftar untuk iTunes Match tetapi ingin membatalkan langganan kamu, setelah kamu membatalkan langganan iTunes Match, semua musik di iCloud Music library kamu — entah itu pembelian iTunes Store, music matching, atau yang diunggah dari komputer kamu — akan disimpan. Namun, kamu tidak dapat menambahkan musik baru, atau mengunduh atau streaming lagu, tanpa berlangganan lagi.

Ikon iCloud Music

Setelah Anda mendaftar dan mengaktifkan iTunes Match, kamu dapat melihat kolom di iTunes yang menampilkan status lagu iTunes Match (ikon ini muncul secara default di aplikasi Music). Untuk mengaktifkannya, pilih Musik dari menu drop-down di kiri atas, lalu Lagu di bilah sisi iTunes. Klik kanan pada baris atas dan cari opsi untuk iCloud Download.

Ketika itu selesai, ikon ada di samping setiap lagu di perpustakaan kamu:

  • Awan dengan panah ke bawah berarti lagu ini ada di iCloud Music Library kamu tetapi tidak ada di perangkat ini. Klik ikon untuk mengunduhnya.
  • Awan dengan garis putus-putus menunjukkan lagu yang belum diunggah atau sedang menunggu untuk diunggah.
  • Awan dengan X di dalamnya berarti lagu telah dihapus dariiCloud Music Library kamu baik itu via komputer atau perangkat iOS yang memiliki akses ke sana.
  • Awan dengan garis melaluinya menandakan lagu yang tidak memenuhi syarat untuk iTunes Match karena sejumlah alasan, seperti yang dibahas sebelumnya.
  • Awan dengan tanda seru didalmnya menunjukkan itu tidak ditambahkan ke iCloud Music Library kamu karena ada kesalahan. Perbarui perpustakaan kamu untuk mencoba menambahkannya lagi.

Apakah artikel ini telah menjawab seluruh pertanyaan engkau mengenai iTunes Match? Jangan ragu buat memberi memahami kami di kolom komentar pada bawah, ya!

Post a Comment

Previous Post Next Post