Penyediaan sensor khusus dan kemampuannya relatif bervariasi tergantung jenis & generasi perangkat.

Sensornya adalah:

  • Proximity sensor—  Sensor ini bisa menentukan seberapa dekat iPhone ke wajah kamu. Sensor inilah yang membantu iPhone mematikan layarnya secara otomatis setiap kali kamu memegang telepon ke telinga untuk menerima panggilan telepon. Hal ini diperlukan untuk mencegah klik tombol tidak disengaja di sisi kepala kamu saat berbicara.
  • Motion sensor/accelerometer —Sensor ini memungkinkan layar iPod touch, iPad, atau iPhone beralih secara otomatis dari mode lansekap ke mode potret dan kembali lagi berdasarkan apakah kamu menahan ponsel ke atas dan ke bawah atau ke samping. Sensor ini juga hadir di iPad.
  • Ambient Light sensor—  Sensor ini dapat menentukan seberapa banyak cahaya yang tersedia di area sekitar iPhone, iPod touch, dan iPad dan secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar untuk menghemat masa pakai baterai.
  • Moisture sensor—  Perangkat juga mengandung empat sensor, meski yang satu ini tidak berhubungan dengan antarmuka. Water sensor adalah tab merah kecil yang muncul di konektor dok saat telepon terendam air. Bisa juga muncul sebagai titik merah di headphone jack. Jika kamu membeli iPhone bekas, sebaiknya periksa indikator ini untuk memastikan perangkat tidak rusak oleh air.
  • Gyroscope—  Dimulai dengan iPhone 4, iPod touch generasi ke-4, dan iPad 2 ada sensor lain: gyroscope tiga sumbu. Saat menggabungkan gyroscope dengan accelerometer, alat ini memberi enam sumbu di mana ia dapat beroperasi. Ini dirancang untuk membuat mereka lebih sensitif, responsif, dan kuat untuk bermain game.
  • Compass —Semua model iPhone yang dimulai dengan iPhone 3GS juga memiliki compass yang ada di dalamnya. Sensor ini digunakan dengan perangkat GPS dan fitur kesadaran lokasi lainnya untuk membantu menentukan lokasi iPhone kamu.
  • Barometer — Barometer menilai tekanan udara untuk membantu, sebagian, untuk menentukan ketinggian.
  • Touch ID — Sensor sidik jari yang disematkan dengan tombol Home memungkinkan akses biometrik ke perangkat dan keamanan tingkat aplikasi.
  • Face ID — Baru di iPhone X, Face ID menggunakan kamera 3D untuk mengidentifikasi wajah seseorang untuk memberikan otentikasi keamanan ke perangkat dan layanan termasuk Apple Pay.

Post a Comment

Previous Post Next Post