Ada banyak masalah yang bisa menyebabkan iPhone kamu tidak bisa download email, mungkin puluhan. Untungnya, ada delapan langkah utama yang bisa kamu ambil untuk mengatasi sebagian besar masalah email.

Periksa Koneksi Jaringan

IPhone kamu tidak bisa mendapatkan email jika tidak terhubung ke internet. Kamu harus memiliki akses ke jaringan selular melalui perusahaan telepon atau jaringan Wi-Fi untuk mengakses email.

Jika sobat memerlukan bantuan untuk terhubung ke Wi-Fi, baca Cara Menghubungkan iPod touch atau iPhone ke Wi-Fi.

Sobat juga harus memastikan Airplane Mode tidak diaktifkan pada iPhone kamu karena hal itu dapat memblokir sementara koneksi ke jaringan seluler dan Wi-Fi. Pelajari lebih lanjut tentang Airplane Mode di sini.

Keluar dan Restart Aplikasi Mail

Salah satu cara cepat untuk memperbaiki aplikasi apa pun yang tidak berjalan seperti yang diharapkan adalah menghentikannya dan meluncurkannya kembali. Hal ini bisa mengatasi beberapa masalah yang menyebabkan Mail tidak berfungsi. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:

  1. Klik dua kali tombol Home iPhone.
  2. Saat tampilan multitasking muncul, cari Mail .
  3. Gesek Mail ke atas dan ke luar layar. Ini akan menghentikan Mail.
  4. Klik satu kali tombol Home.
  5. Ketuk aplikasi Mail lagi untuk menjalankannya kembali.

Restart iPhone

Jika koneksi internet sobat bagus dan sobat telah me-restart aplikasi Mail, langkah selanjutnya adalah salah satu hal yang paling umum dilakukan di semua tutorial pemecahan masalah iPhone: restart ponsel kamu.

Percaya atau tidak, restart iPhone bisa memecahkan banyak masalah. Terkadang ponsel kamu hanya membutuhkan awal yang baru.

Update iOS

Langkah pemecahan masalah utama lainnya adalah memastikan kamu memiliki versi terbaru dari iOS, sistem operasi yang menjalankan iPhone. Versi yang diupdate dari iOS memberikan perbaikan bug dan perbaikan pada fitur. Ada kemungkinan bahwa masalah dengan email kamu ialah adanya perbaikan bug dengan update iOS terbaru atau penyedia email kamu telah mengubah beberapa pengaturan dan hanya versi iOS terbaru yang dapat membantu sobat mengatasi perubahan tersebut. Untuk mengupdate iPhone kamu, baca:

  • Cara Upgrade IOS di iPhone Tanpa Menghubungkan ke iTunes
  • Cara Update Sistem Operasi iPhone

Hapus dan Atur Akun Email Lagi

Jika tidak ada langkah-langkah ini yang memecahkan masalah, mungkin tidak ada yang salah dengan ponsek kamu. Sebagai gantinya, masalahnya mungkin terletak pada pengaturan yang digunakan untuk mencoba terhubung ke akun email kamu. Jika kamu memasukkan alamat server, nama pengguna, atau kata sandi yang salah saat membuat akun di ponsel kamu, kamu tidak akan bisa mendapatkan email.

Jika itu yang terjadi, mulailah dengan menghapus akun email yang bermasalah dengan mengetuk:

  1. Aplikasi Settings.
  2. Mail, Contacts, Calender.
  3. Akun dengan masalah
  4. Kemudian Delete Account.
  5. Di menu pop-up di bagian bawah layar, klik Delete from My iPhone.

Dengan akun email yang telah dihapus, periksa kembali semua pengaturan yang harus sobat gunakan untuk mengakses akun ini dan lanjutkan melalui proses penambahan akun email ke iPhone kamu lagi (sobat juga dapat menyinkronkan akun ke ponsel melalui iTunes).

CATATAN: Ada opsi tambahan untuk menghapus akun email dari iPhone kamu.

Hubungi Penyedia Email

Pada titik ini, saatnya untuk mendapatkan beberapa dukungan teknis langsung untuk masalah email kamu. Langkah pertama yang baik dilakukan adalah memeriksa penyedia email kamu (Google untuk Gmail, Yahoo, dll.).

Setiap penyedia email memiliki cara yang berbeda untuk memberikan dukungan, namun taruhan yang bagus adalah masuk ke akun email kamu di web dan kemudian mencari link seperti Bantuan atau Dukungan.

Jika ini Akun Kerja, Tanyakan Kepada Bagian TI Kamu

Jika sobat mencoba memeriksa akun email kantor, dan jika lima langkah pertama tidak berhasil, mungkin masalahnya sama saja dengan iPhone kamu. Masalahnya mungkin berada di server email yang coba kamu download dari email. Adanya masalah sementara dengan server atau perubahan konfigurasi yang tidak sobat sadari bisa menghalangi iPhone kamu. Jika akun yang tidak berfungsi disediakan oleh pekerjaan kamu, tanyakan kepada departemen TI perusahaan kamu dan lihat apakah mereka dapat membantu menyelesaikan masalah.

Post a Comment

Previous Post Next Post