Jadi, apa itu AAC?

Sebuah Arsip dengan ekstensi AAC merupakan Arsip MPEG-2 Advanced Audio Coding. Ya, ini merupakan Arsip yang biasa kamu temukan dalam Arsip musik. File ini juga mirip dengan format audio MP3, namun ada beberapa peningkatan kinerja (lihat di sini).

Apple Music dan iTunes Store menggunakan Advanced Audio Coding sebagai metode pengkodean default untuk Arsip musik nya. Ini juga merupakan format audio standar untuk Nintendo DSi dan 3DS, PlayStation 3, DivX Plus Web Player, dan perangkat dan platform lainnya.

File AAC pasti menggunakan ekstensi Arsip .AAC akan tetapi lebih sering terlihat terbungkus wadah Arsip M4A, dan karena itu biasanya membawa ekstensi Arsip .M4A.

Lantas, bagaimana cara membuka Arsip AAC? Cara termudah adalah menggunakan program media player multi format yang ada di komputer atau smartphone kamu.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka dan memutar Arsip AAC secara gratis:

1. ITunes

Bagi pengguna iDevice, tentu sudah tidak asing lagi dengan software yang bernama iTunes. Software buatan Apple ini memiliki kemampuan untuk membuka dan mengedit Arsip AAC. Selain itu, kamu bisa import Arsip AAC ke iTunes melalui menu File. Di Mac, gunakan opsi Add to Library.... Untuk Windows, pilih Add File to Library... atau Add Folder to Library... untuk menambahkan Arsip AAC ke iTunes Library kamu. Layanan ini bisa digunakan secara gratis.

2. VLC

Aplikasi satu ini bisa kamu download secara gratis untuk Android dan iOS melalui Google Play atau App Store. Aplikasi ini benar-benar gratis, tanpa iklan, dan pembelian dalam aplikasi.

Kamu bisa menggunakan semua fitur-fitur utama yang tersedia, seperti memutar Arsip AAC.

Tiga. Windows Media Player

Windows Media Player adalah aplikasi multi media dengan fitur paling lengkap yang cocok untuk memutar format Arsip AAC. Windows Media Player juga bisa kamu gunakan secara gratis.

Windows Media Player ini adalah layanan kerja Arsip multimedia yang bisa kamu gunakan hanya di PC atau laptop berbasis Windows.

Cara convert Arsip AAC

Ada banyak sekali audio converter gratis untuk convert Arsip AAC. Sebagian besar program dari daftar tersebut memungkinkan kamu mengubah Arsip AAC menjadi MP3, WAV, WMA, dan format audio sejenis lainnya. Kamu juga bisa menggunakan layanan audio converter gratis untuk menyimpan Arsip AAC sebagai ringtone M4R untuk digunakan pada iPhone.

Ada cara mudah untuk convert Arsip AAC ke MP3 (atau beberapa format audio lainnya) di macOs, Linux, atau sistem operasi lainnya karena bekerja melalui browser web. Salah satunya adalah dengan upload Arsip AAC ke FileZigZag dan kamu akan diberi opsi untuk mengubah AAC menjadi MP3, WMA, FLAC, WAV, RA, M4A, AIF/AIFF/AIFC, OPUS, dan banyak format lainnya.

Catatan: Beberapa lagu yang dibeli melalui iTunes dapat dikodekan dalam jenis format AAC yang dilindungi, dan oleh karena itu Arsiptidak dapat kamu convert dengan alat converter. Lihat laman iTunes Plus ini di situs web Apple untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana kamu dapat menghapus perlindungan itu sehingga kamu dapat mengonversi Arsip secara normal.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa itu Arsip AAC?

Post a Comment

Previous Post Next Post