Jadi, apa itu EPUB?

Sebuah File dengan ekstensi EPUD, kependekan dari electronic publication, merupakan standar eBook yang populer dan tersedia secara gratis, yang mendukung banyak sekali hardware eBook reader daripada format File sejenis lainnya.

EPUB tiga.1 adalah versi EPUB terbaru & mendukung interaktivitas, audio, & video tersemat.

EPUB terkadang penulisannya seperti ePub.

Cara Membuka File EPUB

File EPUB bisa dibuka oleh sebagian besar eBook reader, seperti B & N Nook dan Kobo eReader.

File EPUB harus di-convert sebelum digunakan di Kindle Amazon (lihat Cara Convert File EPUB di bawah).

File EPUB juga bisa dibuka di komputer dengan sejumlah program gratisan, seperti Calibre, Adobe Digital Editions, EPUB File Reader, Stanza Desktop, Okular, Sumatra PDF, dan masih banyak lagi.

Ada banyak aplikasi iPhone dan juga Android yang memungkinkan menampilankan File EPUB. Bahkan ada aplikasi Add-on (EPUBReader) dan aplikasi Chrome Simple EPUB Reader) yang memungkinkan kamu membaca File EPUB di browser seperti dokumen lainnya.

Google Play Books merupakan tempat lain untuk membuka File EPUB. Caranya dengan mengupload File EPUB ke akun Google kamu dan melihatnya melalui klien web mereka.

Karena File EPUB terstruktur seperti File ZIP, kamu sebenarnya bisa mengganti nama eBook EPUB, mengganti .epub dengan .zip, dan kemudian buka File tersebut dengan program kompresi File favorit kamu, seperti tools gratis 7-Zip.

Di dalamnya kamu harus mencari isi eBook EPUB dalam format HTML, serta gambar dan gaya yang digunakan untuk membuat File EPUB.

Catatan: Beberapa File EPUB dilindungi DRM, yang berarti hanya dapat dibuka di perangkat tertentu yang telah diizinkan untuk melihat buku. Jika kamu tidak dapat membuka eBook menggunakan beberapa program di atas, kamu harus melihat apakah buku itu dilindungi atau tidak sehingga kamu dapat lebih memahami cara membukanya.

Cara Convert File EPUB

Karena kebanyakan komputer tidak benar-benar memiliki program "default" untuk membuka File EPUB, kecuali jika sebelumnya kamu sudah pernah meng-install.

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk convert File EPUB ke format lain adalah dengan menggunakan program Caliber gratis. Alat ini bisa melakukan convertke dan dari banyak format eBook lainnya, termasuk yang kompatibel dengan Kindle Amazon. Beberapa convert yang didukung mencakup EPUB ke FB2, HTML, LIT, LRF, MOBI, PDF, PDB, RTF, TXT, dan SNB.

Online eBook Converter merupakan cara lain untuk membuat File EPUB dari format lain seperti AZW, TCR, dan lainnya, melalui layanan converter online. Mereka juga memiliki ePub Converter sehingga kamu bisa convert jenis File lainnya, seperti PDF, ke format EPUB. Ini merupakan cara super mudah untuk membuat eBook dari File dokumen asli kamu.

Converter EPUB online lainnya yang akan saya sebutkan adalah Zamzar. Kamu dapat menggunakan situs web tersebut untuk convert File EPUB menjadi PDF, TXT, FB2, dan format teks sejenis lainnya.

Meskipun tidak seefektif menggunakan Caliber atau online converter, kamu dapat mencoba convert File EPUB dengan membukanya di salah satu eBook reader lainnya dari daftar diatas dan memilih untuk menyimpan atau ekspor File yang terbuka sebagai format File lain.

Informasi Lebih Lanjut Mengenai File EPUB

EPUB adalah penerus dari Open eBook Publication Structure, dan menjadi spesifikasi resmi IDPF di tahun 2007. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang hal ini di halaman EPUB IDPF.

Format File EPUB mendukung File embedding seperti gambar GIF, PNG, JPG, dan SVG.

Apakah artikel ini membantu engkau ? Jangan ragu buat memberi memahami kami di kolom komentar dibawah.

Post a Comment

Previous Post Next Post