AirDrop tersedia pada perangkat mobile iOS yg menjalankan iOS 7 dan yang lebih tinggi & dalam komputer Mac yg menjalankan Yosemite dan yang lebih tinggi. Anda bahkan dapat menyebarkan arsip antara Mac dan perangkat seluler Apple, jadi bila Anda ingin mentransfer foto berdasarkan iPhone ke Mac Anda, contohnya, jalankan saja AirDrop & lakukanlah.

Gunakan teknologi AirDrop untuk mengirim foto, situs web, video, lokasi, dokumen, & poly lagi ke iPhone, iPod touch, iPad atau Mac terdekat.

Bagaimana Sih Cara Kerja AirDrop?

Alih-alih menggunakan koneksi internet untuk memindahkan file, pengguna lokal dan perangkat berbagi data menggunakan dua teknologi nirkabel—Bluetooth dan Wi-Fi. Salah satu keuntungan utama penggunaan AirDrop adalah meniadakan kebutuhan untuk menggunakan koneksi internet atau layanan penyimpanan awan jarak jauh untuk mentransfer file.

AirDrop memasang jaringan lokal nirkabel buat mendistribusikan arsip dengan aman di antara perangkat keras yang kompatibel. Ini fleksibel pada hal membuatkan file. Anda bisa mengatur jaringan AirDrop buat menyebarkan secara publik dengan semua orang pada sekitar atau hanya menggunakan hubungan Anda.

Perangkat Apple Dengan Kemampuan AirDrop

Semua perangkat mobile iOS dan Mac saat ini memiliki kemampuan AirDrop. Sedangkan untuk perangkat keras yang lebih tua, AirDrop tersedia di Mac 2012 yang menjalankan OS X Yosemite atau yang lebih baru dan perangkat seluler berikut yang menjalankan iOS 7 atau lebih tinggi:

  • iPhone 5 atau yang lebih baru
  • iPod touch 5
  • iPad 4 atau yang lebih baru
  • iPad Mini

Jika Anda tidak yakin apakah perangkat Anda mempunyai AirDrop:

  • Di Mac Anda, klik Go di bilah menu di Finder. Jika AirDrop ada di menu Go, Mac dapat menggunakan AirDrop.
  • Di perangkat seluler iOS—iPhone, iPad, atau iPod touch—buka Control Center. Jika AirDrop ada di Control Center, perangkat dapat menggunakan AirDrop. Pada perangkat yang menjalankan iOS 10 dan versi sebelumnya, akses Control Center dengan menggesek layar dari bagian bawah layar. Pada perangkat yang menjalankan iOS 11, gesek ke bawah dari sudut kanan atas untuk mengakses Control Center, kemudian tekan ikon Cellular untuk menampilkan menu yang berisi AirDrop. Klik AirDrop dan pilih satu dari tiga pilihan: Receiving Off, Contacts Only, dan Everyone.

Agar AirDrop bekerja dengan sahih, perangkat wajib berada pada jarak 9 meter satu sama lain, & Personal Hotspot harus dimatikan pada pengaturan Seluler perangkat iOS manapun.

Cara Mengatur dan Menggunakan AirDrop dalam Mac

Untuk mengatur AirDrop pada komputer Mac, klik Go > AirDrop dari bilah menu Finder untuk membuka jendela AirDrop. AirDrop menyala secara otomatis saat Wi-Fi dan Bluetooth diaktifkan. Jika dimatikan, klik tombol di jendela untuk menyalakannya.

Di bagian bawah jendela AirDrop, Anda dapat beralih di antara tiga opsi AirDrop. Pengaturannya harus berupa Contacts Only atau Everyone to receive files.

Jendela AirDrop menampilkan gambar buat pengguna AirDrop pada dekatnya. Seret arsip yang ingin Anda kirim ke jendela AirDrop dan letakkan pada gambar orang yang ingin Anda kirimi. Penerima diminta buat mendapat item sebelum disimpan kecuali perangkat penerima sudah masuk ke akun iCloud Anda.

File yg ditransfer berada pada folder Downloads pada Mac.

Cara Mengatur & Menggunakan AirDrop pada Perangkat iOS

Untuk mengatur AirDrop pada iPhone, iPad, atau iPod touch, buka Control Center. Tekan paksa ikon Seluler, tekan AirDrop dan pilih apakah akan menerima file hanya dari orang-orang di aplikasi Contacts Anda atau dari semua orang.

Buka dokumen, foto, video, atau jenis file lainnya di perangkat mobile iOS Anda. Gunakan ikon Share yang muncul di banyak aplikasi iOS untuk melakukan transfer. Ini adalah ikon yang sama dengan yang Anda gunakan untuk mencetak—persegi dengan panah yang mengarah ke atas. Setelah Anda menghidupkan AirDrop, ikon Share akan membuka layar yang mencakup bagian AirDrop. Ketuk gambar orang yang ingin Anda kirimi file tersebut. Aplikasi yang menyertakan ikon Share adalah Notes, Photos, Safari, Pages, Numbers, Keynote, dan lainnya, termasuk aplikasi pihak ketiga.

File yang ditransfer berada di aplikasi yang sesuai. Misalnya, situs web muncul di Safari, dan sebuah catatan muncul di aplikasi Notes.

Catatan: Jika perangkat penerima disiapkan untuk menggunakan Contacts Only, kedua perangkat harus masuk ke iCloud agar berfungsi dengan baik.

Post a Comment

Previous Post Next Post