Banyak aplikasi memiliki opsi penyimpanan awan atau cloud storageyang terpasang di dalam aplikasi, dan di luar layanan berbasis awan built-in, ada sejumlah opsi untuk transfer file antara iPad dan laptop kamu.

Transfer File Ke & Dari Mac Menggunakan AirDrop

Jika kamu memiliki Mac, kamu memiliki akses ke cara paling mudah untuk transfer file antara iPad dan PC kamu tanpa memerlukan kabel atau penyimpanan awan. AirDrop dirancang khusus untuk berbagi file, dan ketika berfungsi, ia melakukan hal ini dengan sangat baik. Sayangnya, terkadang bisa menjadi sedikit rewel.

Di Mac, buka jendela Finder baru dan arahkan ke folder AirDrop. Ini akan mengaktifkan AirDrop dan memungkinkan Mac untuk transfer file ke iPad atau iPhone terdekat atau dapat ditemukan oleh perangkat lain.

Untuk transfer file ke iPad, cukup drag-and-drop ke ikon iPad di folder AirDrop.

Untuk transfer file dari iPad ke Mac, arahkan ke file, ketuk tombol Share dan pilih ikon Mac di bagian AirDrop.

Biasanya kamu harus berada dalam jeda beberapa meter buat transfer arsip menggunakan cara ini. Kamu juga memerlukan Mac & AirDrop iPad yg diatur ke "Contacts Only" atau "Everyone" buat dapat ditemukan.

Copy File Secara Langsung Ke atau Dari Laptop Menggunakan Konektor Lightning

Jika kamu memiliki laptop/PC berbasis Windows atau kamu memiliki masalah menggunakan fitur AirDrop Mac, kamu dapat transfer file dengan cara lama yaitu dengan kabel. Atau, dalam hal ini, dengan konektor Lightning yang disertakan dengan iPad kamu.

Untuk transfer file dengan cara ini, engkau memerlukan program iTunes modern pada laptop engkau . (Jika engkau belum menginstal versi modern, engkau akan diminta buat mengupgrade ke versi modern saat peluncuran iTunes.)

Saat kamu menyalakan iTunes dengan iPad engkau terhubung, engkau akan ditanya oleh pengaturan iTunes apakah kamu ingin mempercayainya dalam komputer ini? Apabila ya, tekan "Trustdanquot;. Kamu harus mempercayai laptop engkau agar bisa transfer file.

Di dalam iTunes, klik tombol iPad. Ikon ini akan berada pada ujung kumpulan tombol tepat pada bawah menu File-Edit di bagian atas iTunes. Ketika engkau mengklik ikon iPad, berita ringkasan mengenai iPad Kamu akan muncul pada layar.

Klik pengaturan Aplikasi tepat di bawah Ringkasan (Summary) di menu sebelah kiri. Ini akan memunculkan layar aplikasi. Kamu perlu menggulir halaman ini untuk melihat opsi berbagi file. Kamu hanya dapat membagikan file ke dan dari aplikasi yang terdaftar, jadi jika aplikasi kamu tidak muncul, itu tidak mendukung berbagi dokumen melalui iTunes. Banyak aplikasi kantor seperti iWork, Microsoft Office, dan lain-lain., Yang mendukung file sharing.

Klik aplikasi untuk melihat file yang tersedia untuk dibagikan. Kamu dapat menggunakan drag-and-drop untuk menyeret file ke folder pilihan kamu atau menyeret file dari PC kamu dan menjatuhkannya di ruang yang didedikasikan untuk aplikasi itu.

Untuk sebagian besar pelaksanaan, arsip hanya akan muncul dalam daftar dokumen aplikasi. Untuk aplikasi yang mendukung layanan awan seperti Word, kamu harus memilih iPad engkau sebagai lokasi.

Pages, Numbers, dan Keynote agak aneh karena dirancang khusus untuk bekerja bersama-sama dengan iCloud Drive, yang berarti dokumen-dokumen itu sebenarnya tidak disimpan di iPad. Untuk menggunakan metode ini untuk menyalin file dari iPad kamu ke PC kamu, kamu harus terlebih dahulu menekan tombol Share di Pages, Numbers atau Keynote, pilih "Send a Copy", pilih format file dan kemudian ketuk "iTunes" dari daftar. Ini menghemat salinan dokumen ke iPad daripada iCloud Drive.

Untuk copy dari laptop ke iPad, pertama-tama kamu wajib mengikuti metode pada atas, & kemudian membuka dokumen yang baru pada copy, ketuk tombol tanda tambah di sudut kiri atas aplikasi & pilih "Copy from iTunesdanquot;.

Untungnya, sebagian besar pelaksanaan jauh lebih mudah digunakan saat transfer file.

Copy File Menggunakan Penyimpanan Awan

Jika aplikasi tidak mendukung copy file melalui iTunes, kamu harus menggunakan layanan penyimpanan awan. Secara keseluruhan, ini adalah solusi yang jauh lebih baik daripada menggunakan kabel. Namun, kamu harus terlebih dahulu mengatur layanan pada laptop/PC kamu dan di iPad kamu sebelum kamu dapat menggunakannya untuk transfer file.

IPad hadir dengan iCloud Drive, yang bagus untuk mengembangkan file antar produk Apple, namun sayangnya, iCloud Drive adalah pilihan kedua bila dibandingkan dengan solusi penyimpanan awan lainnya.

Salah satu solusi paling gampang buat dipakai adalah Dropbox. Kamu juga akan menerima 2 GB ruang perdeo, meskipun jika engkau ingin menggunakannya untuk semua foto dan video engkau , engkau mungkin harus mengupgrade ke versi Pro. Saya memiliki petunjuk jelas mengenai cara mengatur & menggunakan Dropbox, namun jika kamu terbiasa menginstal perangkat lunak pada PC kamu dan mengatur akun, kamu dapat langsung masuk ke laman pendaftaran buat akun Dropbox. Link unduhan buat aplikasi PC terdapat di permukaan layar ini. Setelah menyiapkan akun engkau , kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Dropbox dan masuk ke akun.

Transfer File Ke dan Dari Awan (Cloud)

Setelah kamu menyelesaikan pengaturan dasar, sebenarnya cukup mudah untuk transfer file ke layanan awan atau cloud services. Akan tetapi, cara untuk melakukan ini tersembunyi sampai kamu mengaktifkannya. Kami akan menggunakan foto sebagai contoh yang baik untuk transfer file. Di aplikasi Photos, arahkan ke foto yang diinginkan dan ketuk tombol Share, yang merupakan ikon persegi panjang dengan panah yang menunjukkannya. Ini akan memunculkan menu berbagi.

Menu bagikan berisi dua baris tombol. Baris pertama memiliki opsi menyebarkan seperti mengirim foto sebagai pesan teks atau pada email. Baris ke 2 memiliki tindakan seperti mencetak foto atau menggunakannya menjadi wallpaper. Ketuk tombol "More" di baris kedua tombol. (kamu mungkin harus menggulir daftar buat menemukan tombol More.)

Di bagian bawah daftar ini, engkau akan melihat opsi untuk menyimpan ke layanan awan engkau . Kamu wajib membalik sakelar pada sampingnya apabila dimatikan. Kamu pula bisa memindahkan opsi ke awal daftar dengan mengetuk jari kamu pada tiga garis horizontal & menggerakkan jari engkau ke atas atau ke bawah daftar. Item daftar akan berkecimpung sinkron dengan gerakan jari engkau .

Ketuk "Done" & opsi buat menyimpan ke penyimpanan awan akan muncul pada daftar ini. Kamu cukup menekan tombol buat memilih lokasi & menyimpan file. Untuk layanan misalnya Dropbox, file akan ditransfer secara otomatis ke perangkat apa pun yang telah engkau tetapkan pada Dropbox.

Proses ini sebagian besar sama di aplikasi lain. Pilihan penyimpanan awan hampir selalu diakses melalui menu share.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan file dari Laptop/PC dan menggunakannya di iPad? Itu semua akan tergantung pada layanan penyimpanan awan yang kamu gunakan. Untuk Dropbox, kamu akan menyalin file ke salah satu folder Dropbox seperti halnya folder lain di laptop kamu. Dropbox hanya menyinkronkan satu set direktori di laptop kamu.

Setelah file berada di Dropbox, kamu dapat membuka aplikasi Dropbox di iPad kamu dan memilih "File" dari menu di bagian bawah layar. Arahkan melalui folder untuk memilih file kamu. Dropbox mampu melihat pratinjau file teks, gambar, file PDF, dan jenis file lainnya. Jika kamu ingin mengedit file, ketuk tombol share dan pilih "Open In ..." untuk menyalinnya ke suatu aplikasi. Ingat, kamu akan membutuhkan sebuah aplikasi yang mampu mengedit dokumen untuk benar-benar mengeditnya, jadi jika itu adalah Excel spreadsheet, maka kamu perlu menginstal Excel.

Post a Comment

Previous Post Next Post