Dengan iCloud, menjaga data sinkronisasi sama mudahnya dengan mengatur setiap perangkat kamu buat menggunakan akun iCloud engkau .

Apa yang Kamu Perlukan buat Menggunakan ICloud

  • Akun Apple ID/iTunes. (Tidak memilikinya? Pelajari cara mendapatkannya) Akun iCloud kamu akan menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang sama.
  • Mac yang menjalankan OS X 10.7.5 atau lebih tinggi, ATAU
  • PC yang menjalankan Windows Vista atau 7 atau lebih tinggi dan iCloud Control Panel, ATAU
  • IPhone, iPod touch, atau iPad yang menjalankan iOS 5 atau lebih tinggi, DAN
  • iTunes 10.5 atau lebih tinggi

Untuk memakai aplikasi iCloud berbasis web, kamu memerlukan Safari 5, Firefox 21, Internet Explorer 9, atau Chrome 27, atau lebih tinggi.

Dengan asumsi kamu memiliki software yang dibutuhkan, mari kita beralih ke pengaturan iCloud, dimulai dari komputer desktop dan laptop.

1. Mengatur ICloud di Mac & Windows

Kamu dapat menggunakan iCloud tanpa menghubungkan komputer desktop atau laptop kamu ke sana, cukup dengan menggunakan iPhone dan iPad untuk mengakses fitur-fitur hebat di dalamnya. Akan tetapi, kamu mungkin ingin menyinkronkan data ke komputer kamu.

Cara Mengatur iCloud di Mac OS X

Untuk mengatur iCloud di Mac, ada sedikit langkah yang perlu kamu lakukan. Selama kamu memiliki OS X 10.7.2 atau versi yang lebih tinggi, software iCloud dibangun langsung ke dalam sistem operasi. Jadi, kamu tidak perlu menginstal apa pun.

Inilah yang perlu kamu ketahui:

  • Untuk mengakses pengaturan iCloud kamu, klik pada menu Apple di pojok kiri atas dan pilih System Preferences.
  • Kamu mungkin sudah masuk ke akun iCloud kamu. Jika tidak, masuklah ke sini dengan akun Apple ID/iTunes kamu.
  • Centang kotak di samping setiap fitur iCloud yang ingin kamu aktifkan.

Cara Mengatur ICloud di Windows

Berbeda dengan Mac, Windows tidak dilengkapi dengan iCloud built in, jadi kamu perlu mengunduhsoftware iCloud.

Inilah yang perlu kamu lakukan:

  • Buka http://support.apple.com/kb/DL1455 dan download software iCloud dari Apple.
  • Instal software.
  • Setelah itu selesai, luncurkan iCloud.
  • Masuk dengan akun Apple ID/iTunes kamu.
  • Centang kotak di samping setiap fitur iCloud yang ingin kamu aktifkan.

Kiat: Untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur iCloud saat memutuskan untuk diaktifkan, lihat langkah 5 artikel ini.

2. Mengatur & Menggunakan ICloud pada Perangkat IOS

ICloud sudah terpasang di semua perangkat iOS--iPhone, iPad, dan iPod touch--yang menjalankan iOS 5 atau versi yang lebih tinggi. Jadi, kamu tidak perlu install aplikasi apa pun untuk menggunakan iCloud agar data tetap sinkron dengan komputer kamu dan perangkat.

Kamu hanya perlu mengkonfigurasi fitur yang ingin kamu gunakan. Dalam hitungan menit, kamu akan menikmati keajaiban update wireles dan otomatis untuk data, foto, dan konten lainnya.

Untuk Akses Pengaturan ICloud pada Perangkat IOS kamu:

  1. Ketuk aplikasi Settings
  2. Ketuk iCloud
  3. Bergantung pada pilihan yang kamu buat saat penyiapan perangkat, iCloud mungkin telah diaktifkan dan kamu mungkin sudah masuk. Jika kamu belum masuk, ketuk kolom Account dan masuk dengan akun Apple ID/iTunes kamu.
  4. Gerakkan slider ke On/hijau untuk setiap fitur yang ingin kamu aktifkan.
  5. Di bagian bawah layar, sentuh menu Storage & Backup. Jika kamu ingin membuat backup data di perangkat iOS kamu ke iCloud, pindahkan slideriCloud Backup ke On/hijau.

Lebih lanjut tentang backup ke iCloud di langkah berikutnya.

3. Menggunakan iCloud Backup

Menggunakan iCloud untuk menyinkronkan data antara komputer dan perangkat kamu maka semua data kamu akan diunggah ke akun iCloud dan itu berarti kamu memiliki backup data di sana. Dengan mengaktifkan fitur iCloud backup, kamu tidak hanya bisa backup data di sana, tapi juga membuat banyak backup dan restore data backup via Internet.

Semua pengguna iCloud mendapatkan penyimpanan 5 GB secara gratis. kamu dapat meng-upgrade ke penyimpanan tambahan dengan biaya tahunan. Pelajari tentang harga upgrade di negara kamu.

Program yang Dapat di Backup ke iCloud

Program-program berikut di dalamnya memiliki fitur backup iCloud. Bagi sebagian besar dari mereka, kamu hanya perlu mengaktifkan fitur backup agar isinya diunggah ke iCloud.

  • Aplikasi Mac OS: Safari (untuk bookmark), Mail, Address Book, Calendar, Notes, Reminders,
  • Aplikasi Windows: Safari (untuk bookmark), Outlook 2007 atau versi yang lebih baru
  • Pages, Keynote, dan Numbers 1.5 atau lebih tinggi
  • iPhoto '11 atau yang lebih baru
  • Aperture 3.2.3 atau lebih tinggi
  • Aplikasi iOS: Mail, Contacts, Calendars, Reminders, Safari (untuk bookmark), Notes, Passbook, iCloud Keychain, Photos, Messages, Pages, Keynote, and Numbers

Memeriksa Penyimpanan iCloud Kamu

Untuk mengetahui berapa banyak ruang iCloud backup 5 GB yang kamu gunakan dan berapa banyak yang tersisa:

  • Di Mac dan Windows: Buka iCloud Preferences (Mac) atau Control Panel (Windows). Bar di bagian bawah menunjukkan berapa banyak yang digunakan dan berapa banyak yang tersedia.
  • Di iOS: Ketuk aplikasi Settings lalu ketuk iCloud. Ketuk Storage & Backup. Cari menu Storage.

Mengelola iCloud Backup

Kamu dapat melihat masing-masing backup di akun iCloud kamu, dan menghapus yang ingin kamu hilangkan.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang kamu gunakan untuk memeriksa penyimpanan iCloud kamu. Pada layar itu, klik Manage atau Manage Storage.

Kamu akan melihat backup sistem penuh dan daftar aplikasi yang kamu gunakan untuk mencadangkannya ke iCloud.

  • Untuk backup sistem penuh, kamu dapat memilih backup lalu klik Delete (di the desktop) atau ketuk backup dan kemudian Delete Backup (di iOS). Lakukan ini saja jika kamu yakin ingin menyingkirkannya; ini hanya disarankan jika kamu memiliki backup yang lebih baru dan ingin menghemat ruang.
  • Untuk melihat setiap aplikasi yang dicadangkan, klik atau ketuk aplikasi untuk melihat dokumen apa yang dicadangkan ke akun iCloud kamu. Untuk menghapus file, gesek file dan tekan tombol Delete (IOS), atau klik dan klik tombol Delete (Mac/Windows).

Memulihkan Perangkat iOS dari iCloud Backup

Proses untuk memulihkan data salinan backup yang kamu punya di iCloud pada dasarnya sama untuk iPad, iPhone, dan iPod Touch. Kamu dapat menemukan petunjuk terperinci dalam artikel ini.

Upgrade Penyimpanan ICloud

Jika kamu ingin atau perlu menambahkan lebih banyak penyimpanan ke akun iCloud kamu, cukup akses software iCloud kamu dan pilih upgrade.

  • Pada Mac dan Windows: Buka iCloud System Preference (Mac) atau Control Panel (Windows). Klik Manage dan kemudian Buy More Storage. Klik upgrade yang kamu inginkan lalu klik Next. Masukkan kata sandi Apple ID kamu dan klik Buy to upgrade.
  • Di iOS: Ketuk Settings, lalu iCloud, lalu Storage & Backup. Ketuk Buy More Storage, ketuk salah satu opsi, dan sentuh Buy.

Upgrade ke penyimpanan iCloud kamu dibebankan setiap tahun melalui akun iTunes kamu.

4. Menggunakan ICloud

Setelah kamu mengaktifkan iCloud pada perangkat kamu, dan telah mengonfigurasi backup (jika kamu ingin menggunakannya), inilah yang perlu kamu ketahui tentang penggunaan setiap aplikasi yang kompatibel dengan iCloud.

Mail

Jika kamu memiliki alamat email iCloud.com (gratis dari Apple), aktifkan opsi ini untuk memastikan bahwa email iCloud.com kamu tersedia di semua perangkat iCloud kamu.

  • Kamu juga bisa menggunakan email iCloud.com via webmail.
  • iCloud tidak dapat menyinkronkan akun email iCloud.

Contacts

Aktifkan ini dan informasi yang tersimpan di aplikasi Contacts akan tetap sinkron di semua perangkat. Contacts juga dilengkapi dengan web.

Calendars

Bila ini diaktifkan, semua kalender kamu akan tetap sinkron. Calendars bersifat web-enabled.

Reminders

Setelan ini menyinkronkan semua pengingat yang harus dilakukan di aplikasi Reminders versi IOS dan Mac.Reminders bersifat web-enabled.

Safari

Setelan ini memastikan bahwa web browser Safari di perangkat desktop, laptop, dan iOS semuanya memiliki kumpulan bookmark yang sama.

Notes

Isi aplikasi Notes iOS kamu akan disinkronkan ke semua perangkat iOS kamu saat setelan ini diaktifkan. Ini juga bisa disinkronkan ke program Apple Mail di Mac.

Apple Pay

Aplikasi Apple Wallet (sebelumnya Passbook di iOS lama) dapat dikelola di iCloud pada perangkat yang terhubung. Kamu dapat menyinkronkan kartu kredit atau debit kamu saat ini dan menghapus semua opsi pembayaran untuk menonaktifkan Apple Pay pada perangkat itu.

Keychain

Fitur Safari menambahkan kemampuan untuk berbagi nama pengguna dan kata sandi secara otomatis untuk situs web ke semua perangkat iCloud kamu. Ini juga bisa menghemat informasi kartu kredit agar pembelian online menjadi lebih sederhana.

Photos

Fitur ini secara otomatis menyalin foto kamu ke aplikasi Photos di perangkat iOS, dan ke iPhoto atau Aperture di Mac untuk penyimpanan foto dan berbagi.

  • Pelajari lebih lanjut tentang menggunakan Photo Stream.

Documents & Data

Sinkronkan file dari Pages, Keynote, dan Numbers ke iCloud (ketiga aplikasi tersebut juga diaktifkan dengan web), dan perangkat iOS dan Mac kamu saat ini diaktifkan. Ini juga memungkinkan web untuk mengizinkan kamu mengunduh file dari iCloud.

Find My IPhone/IPad/IPod/Mac

Fitur ini menggunakan GPS dan internet untuk membantu kamu menemukan perangkat yang hilang atau dicuri. Versi web aplikasi ini digunakan untuk menemukan perangkat yang hilang/dicuri.

  • Pelajari lebih lanjut tentang cara menyiapkan dan menggunakan Find My iPhone

Back to My Mac

Back to Mac My Mac adalah fitur khusus Mac yang memungkinkan pengguna Mac mengakses Mac mereka dari komputer lain.

  • Pelajari lebih lanjut tentang Back to My Mac .

Automatic Downloads

iCloud memungkinkan kamu membeli pembelian iTunes Store, App Store, dan iBookstore yang secara otomatis diunduh ke semua perangkat kamu segera setelah pembelian awal selesai diunduh. Tidak ada lagi file yang bergerak dari satu perangkat ke perangkat lain agar tetap sinkron!

  • Pelajari cara mengaktifkan automatic downloads .

Web Apps

Jika kamu jarang menggunakan komputer atau perangkat dan masih ingin mengakses data iCloud kamu, kunjungi iCloud.com dan masuk. Di sana, kamu dapat menggunakan Mail, Contacts, Calendars, Notes, Reminders, Find My iPhone, Pages, Keynote, dan Numbers.

Untuk menggunakan iCloud.com, kamu memerlukan Mac yang menjalankan OS X 10.7.2 atau lebih tinggi, atau Windows Vista atau 7 dengan iCloud Control Panel terpasang, dan akun iCloud.

Post a Comment

Previous Post Next Post