Apabila engkau telah menghapus foto yg sebenarnya perlu engkau simpan, engkau mungkin khawatir hal itu hilang selamanya. Tapi jangan putus asa. Bergantung pada sejumlah faktor, kamu bisa mengembalikan foto yg terhapus di iPhone.

Berikut merupakan beberapa pilihan bagaimana kamu mampu melakukan ini.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone

Apple menyadari bahwa kita semua terkadang secara tidak sengaja menghapus foto, jadi ia membangun sebuah fitur ke dalam iOS untuk membantu kita. Aplikasi Photos memiliki album foto khusus bernama Recently Deleted. Album ini menyimpan foto yang kamu hapus selama 30 hari, memberi kamu waktu untuk mengembalikannya sebelum benar-benar hilang untuk selamanya.

Kamu harus menjalankan iOS 8 atau lebih tinggi buat menggunakan fitur ini. Jika iya, ikuti langkah-langkah ini buat mengembalikan foto yg sudah dihapus:

  1. Ketuk aplikasi untuk meluncurkannya Pada layar Album, gulir ke bawah. Ketuk Recently Deleted
  2. Album foto ini berisi semua foto yang sudah Anda hapus dalam 30 hari terakhir. Ini menunjukkan setiap foto dan mencantumkan jumlah hari yang tersisa sampai akan dihapus secara permanen
  3. Ketuk Select di pojok kanan atas
  4. Ketuk foto yang ingin Anda simpan. Tanda centang akan muncul pada setiap foto yang dipilih
  5. Ketuk Recover di pojok kanan bawah. (Atau, jika Anda ingin segera menghapus foto tersebut, daripada menunggu 30 hari, dan membebaskan ruang penyimpanan, sentuh Delete di bagian kiri bawah.)
  6. Di menu pop-up, tekan Recover Photo
  7. Foto yang anda pilih akan secara otomatis dihapus dari album foto Recently Deleted dan ditambahkan kembali ke Camera Roll.

Opsi Lain untuk Mengembalikan Foto yang Sudah Dihapus

Langkah-langkah yang diuraikan di atas sangat bagus jika kamu memiliki iOS 8 atau versi yang lebih tinggi dan menghapus foto yang ingin kamu simpan kurang dari 30 hari yang lalu.

Tapi bagaimana apabila situasi kamu nir memenuhi galat satu persyaratan itu? Kamu masih punya beberapa pilihan pada situasi itu.

Kelemahannya adalah bahwa opsi ini adalah hal yang kurang niscaya daripada pendekatan pertama, akan tetapi jika engkau tidak putus harapan, mungkin saja akan berhasil. Saya sarankan mencobanya dalam urutan yang tercantum di sini.

  1. Program Foto Desktop—Jika kamu menyinkronkan foto dari iPhone ke program pengelolaan foto desktop seperti Photos pada Mac, kamu mungkin memiliki salinan foto yang ingin kamu simpan di sana. Dalam kasus ini, cari program untuk foto. Jika kamu menemukannya, kamu dapat menambahkannya kembali ke iPhone dengan menyinkronkannya melalui iTunes, atau mengirimnya via email atau SMS ke pada kamu sendiri dan kemudian menyimpannya ke aplikasi Photos.
  2. Alat Foto Berbasis Layanan Awan—Demikian pula, jika kamu pengguna alat foto berbasis awan, kamu mungkin memiliki versi cadangan foto di sana. Ada banyak pilihan dalam kategori ini, dari iCloud sampai Dropbox, Instagram, Flickr, dan seterusnya. Jika foto yang kamu butuhkan ada di sana, cukup unduh ke iPhone kamu untuk mendapatkannya kembali.
  3. Alat Recovery Pihak Ketiga—Ada banyak sekali program pihak ketiga yang memungkinkan kamu menggali file sistem iPhone untuk menemukan file tersembunyi, menjelajahi file "yang terhapus" yang masih berkeliaran, atau sisir melalui backup lama kamu. Karena ada puluhan program ini, kualitasnya bisa sulit untuk dianalisis. Taruhan terbaik kamu adalah meluangkan waktu dengan mesin pencari favorit kamu, untuk menemukan program dan membaca ulasan. Sebagian besar program ini berbayar, namun beberapa mungkin gratis.
  4. Aplikasi lain—Apakah kamu pernah mengirim SMS atau mengirim email ke seseorang atau berbagi di Twitter? Jika demikian, kamu dapat menemukan foto di aplikasi itu (atau di situs web itu). Dalam hal ini, cari foto saja dan simpan ke aplikasi Photos kamu lagi.

Post a Comment

Previous Post Next Post