menggunakan family sharing di iPhone

Dengan Family Sharing, anggota keluarga yang sama dapat saling berbagi pembelian dari iTunes Store dan App Store secara gratis diantaranya: musik, film, TV, aplikasi, buku. Ini sangat bermanfaat bagi keluarga dan alat yang mudah digunakan, meski ada beberapa nuansa yang patut disimak.

Persyaratan untuk menggunakan Family Sharing:

  • IPhone, iPod touch, atau iPad
  • iOS 8 atau lebih tinggi
  • Apple ID
  • Menyiapkan Family Sharing

Dengan persyaratan tadi, inilah cara Anda menggunakannya:

Men-download Pembelian Orang Lain

Fitur utama Family Sharing memungkinkan setiap anggota keluarga untuk mendownload pembelian satu sama lain. Untuk melakukannya:

  1. Buka aplikasi iTunes Store, App Store, atau iBooks di perangkat iOS Anda
  2. Di aplikasi iTunes Store, ketuk tombol More di kanan bawah; di aplikasi App Store, ketuk tombol Updates di kanan bawah; di aplikasi iBooks, ketuk Purchased dan lompat ke langkah 4
  3. Ketuk Purchased
  4. Di bagian Family Purchases, ketuk nama anggota keluarga yang kontennya ingin Anda tambahkan ke perangkat Anda
  5. Di aplikasi iTunes Store, ketuk Music, Movies, atau TV Show, tergantung pada apa yang Anda cari; di aplikasi App Store dan iBooks, Anda akan segera melihat barang yang tersedia
  6. Di samping setiap item yang dibeli adalah ikon unduhan iCloud—awan dengan panah yang menghadap ke bawah di dalamnya. Ketuk ikon di samping item yang Anda inginkan dan akan men-download ke perangkat Anda.

Menggunakan Family Sharing di iTunes

menggunakan family sharing di iTunes

Family Sharing juga memungkinkan Anda mendownload pembelian orang lain melalui program iTunes desktop. Untuk melakukan ini:

  1. Luncurkan iTunes di desktop atau laptop Anda
  2. Klik menu iTunes Store di dekat bagian atas jendela
  3. Pada layar utama iTunes Store, klik link Purchased di kolom sebelah kanan
  4. Di layar bagian Purchased, cari nama Anda di sebelah menu Purchased di pojok kiri atas. Klik nama Anda untuk melihat nama orang-orang di grup Family Sharing Anda. Pilih salah satu dari mereka untuk melihat pembelian mereka
  5. Anda dapat memilih Music, Movies, TV Shows, atau Apps dari tautan di kanan atas
  6. Saat menemukan item yang ingin Anda download, klik awan dengan ikon yang menghadap ke bawah untuk mengunduh item tersebut ke iTunes Library Anda.
  7. Untuk menambahkan pembelian ke perangkat iOS, sinkronkan perangkat Anda dan iTunes.

Menggunakan Family Sharing dengan Anak

menggunakan family sharing dengan anak

Mengaktifkan Ask to Buy

Jika orang tua ingin melacak pembelian anak-anak mereka—entah karena kartu kredit Penyelenggara akan dikenai biaya atau karena mereka ingin mengendalikan unduhan anak-anak mereka—mereka dapat mengaktifkan fitur Ask to Buy. Untuk melakukan ini, Penyelenggara harus:

  1. Ketuk aplikasi Settings di perangkat iOS mereka
  2. Gulir ke bawah ke iCloud dan ketuk
  3. Ketuk menu Family
  4. Ketuk nama anak yang mereka inginkan untuk mengaktifkan fitur ini
  5. Pindahkan slider Ask to Buy ke On/hijau.

Meminta Izin Pembelian

Jika Anda meminta Ask to Buy diaktifkan, saat anak-anak di bawah 18 tahun yang merupakan bagian dari grup Family Sharing mencoba untuk membeli barang-barang berbayar di toko iTunes Store, App Store, atau iBooks Store, mereka harus meminta izin dari Orgnaizer atau Penyelenggara grup.

Dalam hal ini, jendela pop-up akan meminta anak tersebut jika mereka ingin meminta izin untuk melakukan pembelian. Mereka menekan Cancel atau Ask.

Menyetujui Pembelian Anak

Sebuah jendela kemudian muncul di perangkat IOS Penyelenggara, di mana mereka dapat menyentuh Review (untuk melihat apa yang anak mereka ingin beli dan setujui atau tolak) atau Not Now (untuk menunda keputusannya nanti).

Post a Comment

Previous Post Next Post