Metadata berguna untuk hal-hal yang jelas seperti mengetahui nama lagu yang sedang diputar, namun iTunes juga menggunakannya untuk mengkategorikan musik, mengetahui ada dua lagu dari album yang sama, dan untuk pengaturan tertentu untuk menyelaraskan iPhone dan iPod. Tak perlu dikatakan lagi, meski kebanyakan orang tidak terlalu memikirkannya, namun itu sangat penting.

Sementara itu lagu biasanya memiliki semua metadata yang kamu butuhkan, dalam beberapa kasus, informasi ini mungkin hilang atau salah dan kamu ingin mengubahnya. Untuk melakukan itu, kamu harus mengedit metadata lagunya (juga dikenal sebagai tag ID3) menggunakan iTunes. Begini caranya.

Cara Mengubah Tag ID3 di iTunes

  1. Buka iTunes dan sorot lagu yang ingin kamu edit dengan mengkliknya sekali. Untuk menyorot sekelompok lagu, klik lagu di bagian atas daftar yang ingin kamu ubah, lalu tahan tombol Shift dan klik lagu di bagian bawah daftar. Ini akan menyoroti semua kamu di antaranya.
  2. Setelah kamu memilih lagu atau lagu yang ingin kamu edit, lakukan hal berikut:
  • Buka menu File
  • Gunakan keyboard. Pada Mac klik Command + I; di PC, klik Control + I.
  • Klik kanan, atau tahan Control saat mengklik

Apapun metode yang kamu pilih, ini akan menampilkan jendela Get Info yang mencantumkan semua metadata lagu. Di jendela ini, kamu dapat mengedit hampir semua informasi tentang lagu atau lagu (bidang sebenarnya yang kamu edit adalah tag ID3).

  1. Tab Details (disebut Info di beberapa versi lama) merupakan tempat paling umum untuk mengedit informasi lagu iTunes. Di sini kamu dapat mengedit nama lagu, artis, album, tahun, genre, peringkat bintang, dan banyak lagi. Cukup klik pada konten yang ingin kamu tambahkan atau edit dan mulai mengetik untuk membuat perubahan kamu. Tergantung pada apa lagi yang ada di pustaka iTunes kamu, saran pelengkapan otomatis dapat muncul.
  2. Tab Artwork menunjukkan seni album untuk lagu tersebut. Kamu dapat menambahkan seni baru dengan mengklik tombol Add Artwork (atau hanya Add, tergantung pada versi iTunes kamu) dan pilih file gambar pada hard drive kamu. Atau, kamu dapat menggunakan alat art album bawaan iTunes untuk secara otomatis menambahkan seni ke semua lagu dan album di perpustakaan kamu.
  3. Tab Lyrics berisi lirik untuk lagu tersebut, ketika mereka tersedia. Lirik termasuk fitur dari versi terbaru iTunes. Dalam versi yang lebih lama, kamu harus menyalin dan menempel lirik ke dalam bidang ini. Kamu juga dapat mengganti lirik bawaan dengan mengeklik Custom Lyrics dan menambahkan lirik kamu sendiri.
  4. Tab Options memungkinkan kamu mengontrol volume lagu, secara otomatis menerapkan pengaturan equalizer, dan menentukan waktu mulai dan berhenti dari lagu tersebut. Klik kotak Skip when shuffling untuk mencegah lagu muncul di Up Next atau pemutaran acak.
  5. Tab Sorting menentukan bagaimana lagu, artis, dan album muncul di perpustakaan iTunes kamu ketika disortir. Misalnya, sebuah lagu mungkin menyertakan bintang tamu dalam tag Artist ID3-nya. Ini akan membuatnya muncul di iTunes sebagai terpisah dari album. Ini adalah bagian dari (misalnya, Willie Nelson dan Merle Haggard akan muncul sebagai artis terpisah dengan album terpisah, meskipun lagunya berasal dari album Willie Nelson). Jika kamu menambahkan nama artis dan album ke bidang Sort Artist dan Sort Album, semua lagu dari album akan muncul di tampilan album yang sama tanpa mengubah tag ID3 asli secara permanen.
  6. Tab File, yang merupakan tambahan baru di iTunes 12, memberikan informasi tentang waktu lagu, jenis file, bit rate, status iCloud/Apple Music, dan banyak lagi.
  7. Tombol panah di bagian kiri bawah jendela di iTunes 12 bergerak dari satu lagu ke lagu berikutnya, baik maju atau mundur, sehingga kamu dapat mengedit lebih banyak data lagu.
  8. Tab Video hanya digunakan untuk mengedit tag video di perpustakaan iTunes kamu. Gunakan bidang di sini untuk mengelompokkan season yang sama dari acara TV.
  9. Setelah selesai melakukan pengeditan, klik OK di bagian bawah jendela untuk menyimpannya.

CATATAN: Jika kamu mengedit grup lagu, kamu hanya dapat membuat perubahan yang berlaku untuk semua lagu. Misalnya, kamu dapat mengubah nama album atau artis atau genre grup lagu. Karena kamu mengedit grup, kamu tidak dapat memilih grup lagu dan kemudian mencoba mengubah hanya satu nama lagu.

Post a Comment

Previous Post Next Post