√ Pasal Pencemaran Nama Baik Di Media Sosial - Biaya Pendidikan

Pasal Pencemaran Nama Baik Di Media Sosial

Selanjutnya regulasi yang mengatur penghinaan danatau pencemaran nama baik adalah pasal 27 ayat 3 UU No. Berdasarkan Pasal 43 ayat 1 UU 192016 delik-delik tersebut dapat dilaporkan atau diadukan kepada Penyidik POLRI atau kepada Penyidik Pegawai Negeri Sipil Informasi dan Transaksi Elektronik PPNS ITE.


Pasal Karet Uu Ite Sejoli Pembungkam Kritik Tempo Co

11 Tahun 2008 menyatakan bahwa.

Pasal pencemaran nama baik di media sosial. Pasal pencemaran nama baik di media sosial. Ad Find Latest B2c Lead Generation Companies Job Vacancies In Uk On Receptix. Pencemaran nama baik yang secara langsung maupun melalui sosial media adalah sama merupakan delik aduan yaitu delik yang hanya dapat diproses oleh pihak kepolisian jika ada pengaduan dari korban.

Penghinaan dalam KUHP Kitab Undang undang Hukum Pidana diatur dalam Bab XVI yang di dalamnya terdapat rumpun pencemaran nama baik. Subjektif yaitu penilaian terhadap pencemaran nama baik tergantung pada pihak yang diserang nama baiknyaPencemaran nama baik hanya dapat diproses oleh polisi apabila ada pengaduandari pihak yang merasa dicemarkan nama baiknya3 Pencemaran nama baik melalui media elektronik. B2C Leads Generations Jobs in London and Other Cities Of UK.

Pasal 27 ayat 3 UU ITE mengatur bahwa. LBH CITA KEADILAN WATANSOPPENG Konsultan Hukum Keluarga ANDA HpWA. Kasus pencemaran nama baik melalui media sosial.

Pengaturan pembatasan tersebut terdapat pada Kitab. PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI SOSIAL MEDIA Saat ini Negara kita Negara Indonesia telah merdeka sejak diproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. 1 Barangsiapa sengaja merusak kehormatan atau nama baik seseorang dengan jalan menuduh dia melakukan sesuatu perbuatan dengan maksud yang nyata akan tersiarnya tuduhan itu dihukum.

Baru-baru ini publik figur bernama Lyra Virna ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pencemaran nama baik di media sosial pada tanggal 16 Maret 2018. Pidana pencemaran nama baik tetapi dikalangan artis pun seperti itu. Pencemaran nama baik atau penghinaan menggunakan media siber diatur tersendiri dalam UU ITE karena dampak yang diakibatkan lebih mengglobal dibandingkan pencemaran nama baik konvensional.

Ad Find Latest B2c Lead Generation Companies Job Vacancies In Uk On Receptix. Di era globalisasi seperti sekarang ini terdapat pertumbuhan dan perkembangan di berbagai sektor. 19 Tahun 2016 Jo UU No.

Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan danatau mentransmisikan danatau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik danatau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan danatau pencemaran nama baik. Seorang advokat yang menjelekkan dan mencemari nama baik orang lain melontarkan kalimat yang bersifat menyinggung SARA serta memprovokasi pengguna media sosial dapat dipidana bersarkan Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik UU ITE sebagaimana yang telah diubah oleh Undang-Undang. Agresifitas dalam penyerangan kehormatan dibandingkan pencemaran nama baik.

Dari peraturan-peraturan di atas sudah jelas bahwa berbagai bentuk penghinaan yang mana khususnya penghinaan melalui media sosial itu telah. Namun terdapat pula pembatasan agar tidak menjadi pencemaran nama baik. Pengertian Tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik melalui media sosial adalah menyerang kehormatan atau nama baik seseorang melalui sarana atau media Informasi dan Transaksi Elektronik yakni media email yang kirimkan.

Dalam UU ITE ketentuan penghinaan dan pencemaran nama baik diatur dalam Pasal 27 ayat 3 UU ITE sedangkan ketentuan SARA diatur dalam Pasal 28 ayat 2 UU ITE. Dalam UU ITE Nomor 11 tahun 2008 penghinaan atau pencemaran nama baik merupakan delik biasa sehingga dapat diproses secara hukum sekalipun tidak adanya pengaduan laporan dari korban. Pada pasal tersebut ditegaskan bahwa ketentuan yang dimaksud di dalamnya berlaku untuk siapa saja yang dengan sengaja serta tanpa hak menyampaikan sesuatu di media digital atau elektronik yang bermuatan penghinaan alias pencemaran nama baik.

Sebelum adanya media sosial pengaturan tentang pencemaran nama baik diatur dalam ketentuan-ketentuan pasal-pasal KUHP sebagai berikut. Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan danatau mentransmisikan danatau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik danatau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan danatau pencemaran nama baik. Pasal yang dimaksud terkait pencemaran nama baik di media sosial maupun dalam ranah akses internet lainnya tepatnya adalah pasal 27 ayat 3 dari UU ITE.

Permasalahan tersebut bermula ketika Lyra dan suaminya Fadlan ingin. Pencemaran Nama Baik di Media Sosial Pasal yang mengatur mengenai penghinaan pencemaran nama baik diatur dalam Pasal 27 ayat 3 UU ITE. Tanpa adanya pengaduan kepolisian tidak bisa melakukan penyidikan atas kasus tersebut.

B2C Leads Generations Jobs in London and Other Cities Of UK. Terdapat peraturan yang mengatur perbuatan tersebut yaitu. Pasal 310 KUH Pidana yang berbunyi.

Surat elektronik dapat dikirim ke berbagai penjuru dunia hanya dalam hitungan detik status di media sosial dapat. Kemudian penghinaan atau pencemaran nama baik yang dilakukan melalui media sosial pada dasarnya telah diatur dalam Pasal 45 ayat 1 UU No11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi. Kebebasan berpendapat di Indonesia dapat dilihat dalam Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 pada Pasal 28 1.

Dengan bergulirnya waktu ke waktu dan kini kita semua ada pada era globalisasi.


Jangan Sembarangan Gunakan Media Sosial Revisi Uu Ite Mulai Berlaku Hari Ini Intisari


Bentuk Ujaran Kebencian Dan Jerat Pasal Pidana Polisi Tactica


Bisakah Hatters Dikenakan Pasal Ujaran Kebencian Ekobudiono Lawyer


Curhat Di Media Sosial Berujung Pidana Akutahu Com Sekejap Lebih Cerdas


Pelajaran Yang Diambil Dari Kasus Pidana Pencemaran Nama Baik Jerinx Sid Mentengpers


Bisakah Hatters Dikenakan Pasal Ujaran Kebencian Ekobudiono Lawyer


Pencemaran Nama Baik Di Sosmed Dan Ancaman Hukumannya Sugali Rekan Sugali Rekan


Curkum 51 Sanksi Hukum Pencemaran Nama Baik Klik Hukum


Bisakah Hatters Dikenakan Pasal Ujaran Kebencian Ekobudiono Lawyer


Pencemaran Nama Baik Di Sosial Media Psbh Fh Unila


Ancaman Uu Ite Terhadap Pengguna Media Sosial


Etika Penggunaan Media Sosial Ipb University Infografis


Ppni Penghinaan Pencemaran Nama Baik Di Media Sosial Facebook


Menyikapi Kritik Publik Terhadap Perusahaan


Bentuk Pencemaran Nama Baik Menurut Kuhp


Pencemaran Nama Baik Lewat Media Sosial Internet Di Indonesia Kompasiana Com


Diskusi Bulanan Komako Berpendapat Di Media Sosial Bebas Atau Terbatas Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik


Undang Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik Ditjen Aptika


Pencemaran Nama Baik Lewat Media Sosial Internet Law Office Sukisari Partners Advokat Kuasa Hukum Pengacara Penasihat Hukum


Get notifications from this blog